Kakak dan Misteri Cradle of Filth

cradle of filth
Mendengar lantunan Jonathan Davis, vokalis Korn dan kerja samanya bareng Cradle of Filth dalam lagu Anger membuat saya ingat kakak dan sobatnya yang mengenalkan saya pada musik ‘aneh’ dari Cradle of Filth.

Ada banyak misteri di balik band Cradle of Filth, kata kakak bersama sahabatnya yang dengan serius mengangguk-angguk. Saya yang baru duduk di bangku SMA kala itu merasa penasaran dengan informasi yang sepotong-potong. Mengapa dan ada apa sih dengan lagu-lagu Cradle of Filth?

Di Malang dulu ada radio yang rajin memutar black metal dan musik underground. Seingat saya dulu salah satunya adalah radio Senaputra. Cradle of Filth adalah salah satu band pengusung genre tersebut dan termasuk sering diputar. Dan kata kakak, mereka mengaku antikristus, atau aliran pemuja setan. Wah wah wah masak sih?

Duh jadi penasaran. Lagi-lagi kedua karib itu menduga-duga jika ada rahasia di sampul kaset Cradle of Filth. Hemmm mereka serius banget hingga mendapat kaset itu, ujar saya dalam hati.

Entah benar atau tidak grup tersebut pemuja setan, saya memilih untuk memutar kasetnya. Paling asyik mendengarkan musik-musik seperti ini dengan walkman, karena jika diputar di compo, bisa-bisa efeknya seperti ketika saya memutar lagu-lagu Slipknot di kosan, banyak yang heran dan protes. Memang sih Ibu sudah paham dengan selera musik anak-anaknya yang agak susah ditebak, tapi gawat juga jika lagu Cradle benar-benar musik pemuja setan.

Saya lupa judul album kaset yang saya putar. Lagunya memiliki sentuhan musik gothic dengan iringan senandung wanita bersuara sopran. Gitar yang menderu dan vokalis pria yang kadang berteriak, menggerutu dengan suaranya yang melengking. Okelah satu dua buah lagu, lumayan seru. Tapi kalau satu album, wah bisa-bisa saya merasa berada di masa abad kegelapan dengan ritual yang mengerikan.

Sejak kenal Cradle of Filth dan kemudian dilanjut Doom Kingdom, saya merasa black metal dan musik underground adalah salah satu genre rock yang rumit dan sampai sekarang saya tidak tahu apakah kedua genre tersebut sama atau berbeda. Di luar genre tersebut masih ada grass rock, speed metal, dark metal, death metal, dan genre lainnya dimana saya juga sampai sekarang kebingungan membedakannya.

Musik underground memang memiliki stigma negatif masa itu. Pertunjukan musik yang diwarnai ritual seperti potong ayam, dan biasanya kemudian rusuh. Saya penasaran untuk menontonnya, sayang tidak ada teman yang memiliki minat.

Tapi di suatu festival musik yang genrenya warna-warni, malah saya mendapat kejutan dengan tampilnya salah satu pengusung genre black metal.Ada seorang remaja wanita yang membacakan puisi dan melantunkannya khas musik tersebut. Vokalisnya memiliki suara yang melengking, ia bisa berteriak, growl, grunt, dengan musik yang nadanya agak monoton dan kelompok mereka yang melakukan head banging dengan membentuk lingkaran di depan panggung. Waktu itu saya duduk paling depan dan menonton pertunjukan seperti ini rasanya misterius sekaligus menarik.

Kalau Dead Squad bagaimana? Hemm entahlah apakah mereka masuk musik underground. Pasukan Mati, lagu mereka, memiliki energi dalam musiknya. Tapi ketika menonton pertunjukan mereka live di Java Rockin’ Land setelah beberapa lagu malah saya merasa energi saya terkuras habis.

Kembali ke Cradle of Filth, menurut wikipedia, band asal Inggris ini menganut extreme metal dan dibentuk pada tahun 1991. Extreme metal di antaranya memiliki genre dari black metal, gothic, dan simponi. Sedangkan tema-tema lagunya banyak terpengaruh oleh cerita gothic, mitos, dan film horor.

Apakah mereka benar band pemuja setan? Hemmm sepertinya itu citra yang ingin mereka tampilkan di publik sebagai sensasi dan pendokrak popularitas. Toh lagu yang memiliki lirik-lirik tersebut tidak banyak dan diambil dari film horor dan cerita gothic. Wah jadi dugaan kakak dan sobatnya itu salah. Ya kalau benar mereka sesuai dugaan kakak sih masa bisa eksis hingga lebih dari dua dekade. Tapi mereka memang cocok sih jadi salah satu tokoh horor ala Hollywood.

Gambar dari: http://www.walldesk.net

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 25, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: