Aksara di Indonesia Bukan Hanya Huruf Latin

images (1)

Harus saya akui ada banyak hari peringatan yang baru saya ketahui akhir-akhir ini. Setelah hari pelanggan, tanggal 8 disebut hari aksara internasional. Wah apa lagi itu?

Saat ini adalah peringatan ke-50 hari aksara internasional. Jadi sudah sejak tahun 1965, hari aksara dicanangkan.

Hari aksara terkait dengan tingkat buta huruf. Saya jadi ingat, nenek saya dulu buta huruf, tapi bisa mengetahui angka dan tulisan Arab.

Saat ia dites mata untuk mengenakan kaca mata, saya diam-diam geli. Ia menyebut huruf dengan asal tebak. Dokternya tidak tahu nenek buta huruf, jadinya ia langsung mencatat kacamata untuk orang berusia lanjut.

Apakah Indonesia bebas buta huruf?

Hei huruf di Indonesia bukan cuma huruf latin, ada hanacaraka atau aksara Jawa. Ada juga huruf palawa yang lebih kuno. Suku-suku lainnya di Indonesia saya yakin juga memiliki aksara tradisional sendiri. Jadi, sebenarnya masyarakat Indonesia bisa disebut mengenal aksara karena jika tidak, Indonesia tidak akan beranjak dari zaman pra sejarah.

Akan tetapi yang jadi patokan aksara dan tingkat kebebasan dari buta huruf adalah huruf latin dan angka Arab yang diakui secara internasional.

Ya Indonesia belum bisa dikatakan bebas nol persen dari buta huruf. Masih banyak saudara kita di pelosok yang masih kesulitan mengenal 26 abjad dan 10 angka. Tugas kita untuk membantu mereka agar bisa membaca dan menulis agar pengetahuan mereka bertambah.

Hemmm saya jadi ingin belajar aksara lainnya selain aksara Latin dan aksara Jawa. Aksara tradisional Indonesia dari berbagai suku seharusnya dilestarikan karena merupakan kekayaan bangsa dan sumber pengetahuan.

Gambar: wikipedia.org

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 8, 2015.

2 Tanggapan to “Aksara di Indonesia Bukan Hanya Huruf Latin”

  1. Jadi tahu nih saya? informasinya sangat informatif banget,, thanks atas informasinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: