Kisah Cinta Pengrajin Topi dan Penyihir

Howl's moving castle

Apakah mungkin gadis pengrajin topi dapat meluluhkan hati seorang penyihir tampan? Adalah Sophie yang langsung jatuh hati pada Howl ketika penyihir tersebut menolongnya. Akan tetapi mantra jahat dari penyihir yang cemburu membuat fisiknya berubah. Tapi Sophie tak putus asa dan berupaya mencari lokasi Howl’s Moving Castle untuk meminta bantuan.

Mantra jahat itu membuat fisik Sophie menjadi nenek-nenek berusia 90 tahun. Ia tahu ia harus mematahkan mantra penyihir jahat si Witch of The Waste. Tapi hanya satu penyihir yang ia tahu dan ia tidak yakin bisa menemukannya. Si Howl yang tinggal di kastil ajaib.

Penyihir Howl memang memiliki kastil yang bergerak. Bisa terbang juga bisa melompat-lompat. Sophie akhirnya bisa mencapai dan masuk dalam kastil tersebut berkat bantuan orang-orangan sawah yang juga dikutuk oleh mantra.

Ia hampir diusir Howl dan Markl, murid Howl, seandainya ia tak cerdik dan berkata ia seorang tukang bersih-bersih yang disewa Calcifer, demon dalam wujud api yang menggerakkan kastil. Dan ia pun mulai membersihkan dalam kastil yang kotor dan berantakan dibantu Turnip, si orang-orangan sawah dan Markl. Rupanya pintu dalam kastil itu ajaib dan berganti-ganti lokasi.

Kastil ajaib

Suatu ketika Howl diundang ke istana untuk membantu kerajaan berperang. Sophie pun menggantikannya berpura-pura menjadi ibunya. Ternyata itu adalah jebakan penyihir istana yang lebih kuat.Howl yang ingin bebas dan tidak ingin memihak pun diburu. Kastil pun terancam hancur.

Saya menyukai film-film produksi studio Ghibli. Fantasinya unik dan dipadukan dengan alam nyata seolah tidak ada sekat.

Di sini terlihat Sophie benar-benar menyukai Howl dan berniat membantunya. Ia lupa jika ia sendiri terjebak sihir dan sulit menghapus mantranya. Sophie memang benar-benar gadis yang baik dan pemaaf. Ia juga menyelamatkan penyihir yang telah mengubah fisiknya jadi tua.

Saya suka konsep kastilnya yang bergerak. Dalam kastilnya berantakan tapi menarik.

Howl sendiri memang emosinya kurang terlihat di sini. Perasaannya kepada Sophie seperti ia menghormati rekan kerja bukan seperti ia menyayangi lawan jenis.

Sophie dan howl

Sudah beberapa kali saya menonton film ini dan tidak kunjung bosan. Nuansa romantisnya berjalan dengan halus agak mirip dengan kisah Noriko-Izaku dalam Dunia Mimpi, dimana si tokoh wanita yang lebih memperjuangkan cintanya.

Detail:
Judul : Howl’s Moving Castle
Sutradara : Hayao Miyazaki
Genre : Anime, fantasi, romansa
Rating : 8,5/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 21, 2016.

Satu Tanggapan to “Kisah Cinta Pengrajin Topi dan Penyihir”

  1. […] ulasan film anime Ghibli di blog ini: 1. Princess Mononoke 2. Ponyo 3. When Marnie was There 4. Howl’s Moving Castle 5. Spirited Away 6. Iblard Jikan 7. The Ocean Waves 8. Only Yesterday 9. Wolf […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: