Annabelle Creation: Asal Mula Horor Boneka Annabelle

“It’s the doll. A devil.”
Sebuah boneka bisa menjadi medium sebuah entitas jahat. Setelah boneka Chucky dan boneka di film Friday The 13th maka boneka yang gemar menakut-nakuti penonton adalah Annabelle. Pada Annabelle Creation penonton disuguhi kisah bagaimana Annabelle menjadi boneka yang sungguh menakutkan.

Annabelle ini disorot pada film Conjuring karya James Wan. Ia boneka yang disegel oleh suami istri Ed dan Lorraine Warren karena boneka ini sering meneror dimana hingga mengakibatkan korban jiwa. Di dalam film tersebut Annabelle mengganggu para remaja perempuan hingga mereka sangat ketakutan. Di dalam film Conjuring boneka itu disegel di museum Warren.

Selaniutnya beberapa tahun silam Annabelle juga dibuat prekuelnya tentang suami istri yang baru memiliki bayi. Sang istri dan bayi mendapat gangguan setelah tetangganya melakukan ritual aneh dan bunuh diri. Diduga arwah si perempuan bunuh diri tersebut masuk ke tubuh boneka. Boneka tersebut sudah dibuang eh muncul lagi muncul lagi dimana kemudian seolah-olah menginginkan tubuh si bayi untuk medium barunya.

Film prekuelnya sebenarnya idenya bagus, sayangnya kurang creepy dari segi nuansa dan jalan ceritanya. Oleh karenanya ketika ada lagi prekuelnya, Annabelle Creation, dimana timeline-nya mundur lagi, sebelum film Annabelle maka saya agak ragu menontonnya. Akan tetapi karena teman-teman banyak yang bilang bagus maka saya pun tertarik. Berikut ulasannya.

Ada sepasang suami istri, Samuel Mullins (Anthony LaPaglia) dan Esther Mullins (Miranda Otto) yang memiliki seorang putri di sebuah kota yang sepi. Suami bekerja sebagai pembuat boneka. Di antaranya membuat boneka dari porselen dalam jumlah terbatas. Naas, saat mobil mereka mogok putrinya, Annabelle atau Bee melintas dan tertabrak kendaraan. Ia pun meninggal.

Beberapa tahun kemudian, suami istri itu membuka rumahnya bagi tempat kediaman para anak panti asuhan yang tempat tinggalnya tergusur. Mereka adalah suster Charlotte (Stephanie Sigman) dan beberapa anak perempuan seperti Linda (Lulu Wilson) dan Janice (Talitha Bateman) yang cacat dan harus menggunakan tongkat.

Rumah itu besar dan nyaman. Samuel mengingatkan untuk tak membuka kamar tertentu. Tapi Janice melihat kamar itu terbuka dengan sendirinya dan ada anak perempuan di dalamnya yang kemudian lenyap. Lalu ia melihat sebuah kunci dimana sebuah boneka tersimpan. Ia bercerita tentang hal itu ke suster yang kemudian memintanya berjanji tak mengulanginya lagi. Rupanya Janice membuka jalan bagi si boneka untuk meneror penghuni rumah. Sejak saat itu mereka tak lagi tentram.

Dibanding film sebelumnya, Annabelle Creation jauh lebih baik. Nuansa seramnya terasa sejak para anak yatim piatu hadir. Penonton kemudian makin tergiring ke nuansa creepy sejak boneka itu ditemukan. Yang bikin seru hantu dan bonekanya sekonyong-konyong hadir seperti natural tanpa pemberitahuan.

Tidak ada pemain beken di sini, tapi itu tak jadi soal karena tokoh utama di sini sebenarnya adalah si boneka. Para pemain terutama pemeran Linda dan Janice, Lulu Wilson dan Taletha Bateman, bermain cukup luwes dan apik.

Kalau dipikir-pikir sebenarnya rumus horor Hollywood itu mirip-mirip. Rumah besar dan nampak angker, boneka seram dan kerasukan. Tapi penonton tetap tak bosan. Sebenarnya lebih beragam film horor ala Indonesia, atau horor Jepang dan Thailand yang lebih kreatif. Enak juga ya bikin film horor, bujetnya rendah tapi laris dan keuntungannya berkali-kali lipat.

Oh ya di akhir kisah bakal ada benang merah dari film ini ke film Annabelle sebelumnya. Tentang misteri sebuah foto yang dilihat oleh Samuel juga rupanya clue film James Wan sebelumnya. Wah rupanya Conjuring dan Annabelle itu satu universe, apakah Insidious bakal masuk ke universe yang sama ya?

Detail Film:
Judul : Annabelle Creation
Sutradara : David F. Sandberg
Pemeran: Anthony LaPaglia, Miranda Otto, Taylor Buck, Stephanie Sigman, Talitha Bateman, Lulu Wilson, Philippa Coulthard, Grace Fulton, Lou Lou Safran, dan Samara Lee
Genre : Horor
Skor : 7/10

Gambar dari IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 28, 2017.

3 Tanggapan to “Annabelle Creation: Asal Mula Horor Boneka Annabelle”

  1. Film2 bergenre horor masih diminati sebagian besar masyarakat. Apa annabale jelmaan dari putri Esther dan Samuel, yg tertabrak itu ?

    • Awalnya suami istri pembuat boneka itu mengira Annabelle yang kemudian ruhnya masuh boneka itu arwah anaknya, tapi ternyata bukan. Dia ternyata entitas jahat, bukan ruh anaknya.

  2. wah bagus banget filmnya daripada yang sebelumnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: