Gara-gara Karimunjawa Jadi Gemar Menjelajah

Ke Karimun Jawa (53)

Karimunjawa, gugusan pulau di utara Jepara ini memang sungguh menawan. Sungguh pengalaman berkesan di Karimunjawa, membuat saya bersemangat jelajah alam indah nusantara.

Memang pengalaman di Karimunjawa ini sudah cukup lama. Sekitar delapan tahun silam. Namun kesan-kesan menginap di wisma terapung kemudian menikmati pemandangan indah ikan dan terumbu karang masih terekam kuat di benak.

Waktu itu saya membaca pengumuman ajakan untuk ke Karimunjawa beramai-ramai. Saat itu saya belum mengenal Karimunjawa, hanya kenal namanya saja. Ada apa saja di sana saya hanya menebak-nebak. Meskipun tidak ada yang kukenal, aku pun mendaftar dan mulailah petualangan ke Karimunjawa ini sebagai hadiah ulang tahun yang berkesan.

Perjalanan bermula dari Terminal Rawamangun. Kami naik bus malam hingga pagi harinya tiba di Jepara, siap naik kapal menuju Karimunjawa. Perjalanan naik kapal saat itu cukup menguras waktu dan tenaga. Tapi berhubung ada banyak teman baru, hal itu tak jadi soal.

Saya yang ikut sendirian tak merasa tersisih. Ada banyak kawan baru ada tambahan wawasan baru.

Setelah tiba di dermaga, kami masih naik perahu menuju wisma terapung. Saat tiba di wisma sudah hampir matahari terbenam. Hampir sehari semalam kalau dihitung-hitung perjalanan kami masa itu. Tapi sekarang sudah ada kapal cepat sehingga waktu perjalanan bisa diringkas.

Ke Karimun Jawa (52)

Malam harinya dimulailah sesi perkenalan dan kami menyantap ikan bakar yang ikannya segar. Enak dan gurih. Kami lalu beristirahat karena keesokan harinya kami akan beraktivitas seharian.

Mandi dan tidur di wisma terapung itu unik. Saya merasakan arus laut dan ketika mandi ada penghuni laut yang mengintip. Untuk menjaga perairan, kami sangat disarankan menggunakan sesedikit mungkin sabun.

Ke Karimun Jawa (87)

Pagi harinya, matahari menyambut begitu indah. Pesonanya membuat saya bersemangat untuk memulai pagi dan beraktivitas.

Eh di wisma juga ada beragam aktivitas, seperti melihat penangkaran hiu juga bisa berbanana boat. Baru setelah sarapan kami berkeliling pulau dan bersnorkeling.

Ke Karimun Jawa (268)

Inilah pengalaman saya bersnorkeling kali pertama. Sungguh mengasyikkan juga membuat dagdigdug takut kemasukan air. Waktu itu masih belum terbiasa menggunakan peralatannya. Tapi setelah beradaptasi, wow panorama ikan berwarna-warni dan terumbu karang sungguh memanjakan. Sejak itu saya semakin sering bersnorkeling. Ini semua gara-gara Karimunjawa.

Tanjung Gelam begitu mempesona dengan pasir putihnya. Seperti di kartu pos. Rasanya tak puas melihat pulau berpasir putih dengan laut berwarna biru turquoise. Sempurna!

Ke Karimun Jawa (200)

Saya mendapat kejutan. Dilempar ke laut dan kemudian dilempari pasir karena saat itu jelang ultah. Hahaha sungguh Mei yang berkesan.

Selanjutnya kami melihat penangkaran hiu dan kemudian jelajah desa untuk membeli suvenir. Baru keesokan harinya kami kembali ke Jakarta dengan hati puas.

Oh ya waktu pulang kami singgah ke Kudus. Icip-icip soto Kudus kemudian berbelanja oleh-oleh khas Kudus, apalagi kalau bukan jenangnya yang nikmat.

Saat ini Karimunjawa menjadi primadona wisata Jawa Tengah kawasan utara. Secara administrasi kepulauan ini masuk Jepara. Jadinya, Jepara tidak hanya kondang dengan pantai Kartini dan asal-usul RA Kartini, tapi juga kepulauannya yang menjadi magnet wisatawan.

Sudah banyak agen wisata yang mengelola wisata di kepulauan Karimunjawa tersebut, salah satunya Paradiso. Ada plus minusnya menggunakan jasa agen pariwisata. Bagi yang sibuk dan ingin nyaman maka menggunakan agen wisata bakal sangat membantu. Tapi yang suka hal-hal spontan bisa berangkat sendiri ke kepulauan ini.

Jika Kalian belum pernah melakukan wisata Karimunjawa maka jadikan tempat wisata ini salah satu tujuan wisata yang wajib dikunjungi. Karena setelah ke Karimunjawa pasti Kalian bakal terinspirasi untuk aktif menjelajah alam nusantara.

Ke Karimun Jawa (202)

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 2, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: