Lagu-lagu Iwan Fals yang Melegenda

Iwan fals

Iwan Fals yang bernama asli Virgiawan Listanto sebentar lagi akan merayakan ulang tahun ke-55 dan bakal dirayakan lewat konser di Ancol. Nah jika Kalian beruntung bisa hadir, simak yuk lagu-lagu Iwan Fals favorit saya. Siapa tahu lagu favorit saya sama dengan Kalian. Kalau beda sih gpp, karena masalah selera.

Iwan Fals termasuk penyanyi dan pencipta lagu yang produktif. Namanya mulai melambung karena ia sering mengritik kebijakan pemerintah. Oleh karenanya konsernya beberapa kali dicekal.

Namanya semakin bersinar ketika ia bergabung dengan SWAMI bersama Sawung Jabo dan Kantata Takwa bersama Setyawan Jodi. Lagu-lagunya semakin digemari.

Hingga saat ini ia masih aktif bernyanyi, baik secara solo maupun berduet. Ia pernah berduet dengan berbagai penyanyi seperti Noah, Superman is Dead, d’Masiv, Gigi, Nidji Kotak, Geisha, dan Isyana Sarasvati. Bahkan pada tahun ini ia mendapat dua nominasi di ajang Anugerah Planet Muzik yang menunjukkan lagu-lagunya masih disukai oleh berbagai generasi.

Saya mengenal Iwan Fals dari kaset-kaset yang sering diputar paman saya. Ia hampir memiliki semua kasetnya dari sejak album perdananya. Ada banyak lagu-lagu yang masih terekam di benak saya seperti Surat Buat Wakil Rakyat yang dirilis pada pertengahan 80-an. Ada juga Orang Pinggiran, Bento, Bongkar, Mata Dewa, Kemesraan, Mata Indah Bola Pingpong, Buku Ini Aku Pinjam, Guru Oemar Bakri, dan Ibu. Lagu-lagu ini tetap asyik didengarkan hingga sekarang.

Lagu Surat Buat Wakil Rakyat menurut saya lagu Iwan Fals paling mantap dari segi liriknya yang masih relevan hingga saat ini dan dari musiknya yang dinamis.

Wakil rakyat seharusnya merakyat
Jangan tidur waktu sidang soal rakyat
Wakil rakyat bukan paduan suara
Hanya tahu nyanyian lagu “setuju”

Lagu terfavorit lainnya adalah Mata Dewa yang memiliki kesan kemegahan alam meskipun sebenarnya lagu romansa.

200px-Rolling_Stone_Mei_2007

Kalau saya sih lebih suka lagu-lagu lawas Iwan Fals dan ketika ia bergabung dengan Kantata Takwa juga Swami. Lagu-lagunya tentang kritik sosial itu jujur dan menohok.

Untuk lagu-lagu romansanya liriknya bagus-bagus tapi saya kurang menyukainya dan kurang terkesan, ya kecuali Mata Dewa.

Nah apakah Kalian siap menonton konsernya Sabtu, 3 September di Ancol.

Gambar dari ini dan itu

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 2, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: