Sheila on 7 Tetap Eksis di Usia 20 Tahun

sheila

Sheila on 7 pernah menjadi band papan atas tanah air. Menggebrak dengan lagu berjudul Kita yang menjadi theme song sinetron Lupus dan kemudian makin mengkilap dengan lagu Dan yang bertema patah hati. Saat Sephia dirilis dalam album Kisah Klasik untuk Masa Depan, maka kepopuleran Sheila on 7 makin tak terbendung.

Dulu saya menyukai band Sheila on 7 meskipun bukan fans beratnya. Lagu-lagunya di awal asyik-asyik kemudian mulai membosankan. Selain memiliki album sendiri, Sheila on 7 dulu juga mengisi soundtrack film layar lebar, dengan merilis album film 30 Hari Mencari Cinta dengan Berhenti Berharap dan Melompat Lebih Tinggi.

Band yang digawangi oleh Akhdiyat Duta Modjo, Eross Candra, Brian Kresna Putro, dan Adam Muhammad Subarkah ini berasal dari Yogyakarta. Mereka mulai bergabung menjadi band sejak masih SMA yaitu tahun 1996. Setelah sempat hibernasi, band yang tahun kemarin berhasil memboyong best song dan best album di Indonesian choice award NET ini kemudian come back dan syukurlah albumnya Musim yang Baik cukup diterima dengan lagu Lapang Dada yang wira-wiri di radio.

Lagu perdana Sheila on 7 Kita memang menarik. Sederhana baik lirik dan musiknya. Dari kesederhanaan itulah dunia musik yang kala itu hingar bingar dengan musik pop/rock alternatif pun tertarik. Lagu Dan juga kemudian masuk ke berbagai tangga lagu tanah air dan merupakan salah satu hits Sheila on 7 yang terpopuler selain Sephia. Iringan musik Dan memang enak didengar dengan iringan celo dan lirik juga penjiwaan Duta dalam lagu ini bisa diacungi jempol.

Usia 20 tahun Sheila (dok: jadiberita.com)

Usia 20 tahun Sheila (dok: jadiberita.com)

Kalau saya lebih suka memasukkan lagu Kita sebagai lagu Sheila on 7 yang pertama saya sukai. Intronya dan gaya musiknya agak-agak mirip dengan lagu Ndok berjudul Hanya Waktu yang juga saya sukai jaman remaja. Lagu ini berkisah tentang masa romansa masa remaja yang warna-warni dan seolah terbebas masalah. Saya sukai dentuman drum yang mantap dan solo gitar Eross di lagu ini. Lagu Pria Kesepian menurut saya kocak dan Melompat Lebih Tinggi membuat bersemangar

Tapi untuk tembang favorit saya menjagokan Seberapa pantas dan Buat Aku Tersenyum yang terangkum dalam album 07 Des. Seberapa Pantas itu memiliki video klip yang apik , intro yang singkat dan mengena dan lirik yang keren. Reffrain-nya juga asyik. Menurutku lagu Seberapa Pantas bisa dijadikan patokan untuk menemukan seseorang untuk kalian.

Seberapa hebatkah Kau untuk kubanggakan
Cukup tangguhkah Dirimu untuk s’lalu kuandalkan
Mampukah Kau bertaha dengan hidupku yang malang
Sanggupkah Kau meyakinkan di saat aku bimbang

Sedangkan lagu Buat Aku Tersenyum lebih kalem dan cocok didengarkan saat suasana nyaman bersama pasangan. Liriknya sederhana tapi saya suka.

Karna Engkaulah satu-satunya untukku
Dan pastikan kita selalu bersama
Karna dirimulah yang sanggup mengerti aku
Dalam susah maupun senang
Dapatkah Engkau selalu menjagaku
Dan mampukah Engkau mempertahankanku?

Hingga saat ini sudah ada 10 album, yaitu Sheila on 7, Kisah Klasik untuk Masa Depan , 07 Des, Berlayar, Jalan Terus (The Very Best of Sheila on 7), 507, Menentukan Arah, Ost. 30 Hari Mencari Cinta, Pejantan Tangguh, dan Musim yang Baik. Yang panen penghargaan adalah lagu-lagu dalam album Sheila on 7, Kisah Klasik untuk Masa Depan, 07 Desember dan Musim yang Baik.

Sudah 20 tahun usia Sheila on 7, semoga tetap eksis dengan lagu-lagu apik.

gambar di atas dari @sheilaon7

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 10, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: