Fantastic Beasts yang Kocak

fantastic-beast

Film Fantastic Beasts and Where to Find Them benar-benar menghibur. Kocak dan membuat saya terpingkal-pingkal. Untuk kualitas aktingnya, dua jempol untuk Eddie Redmayne dan Ezra Miller.

Film Harry Potter telah lama tamat. Meskipun demikian masih banyak fansnya yang kangen akan film-film bertemakan sihir karya JK. Rowling. Kalau dari bukunya sih, memang ada beberapa yang dirilis selain tentang kisah Harry Potter melawan kebangkitan Voldermort, yaitu buku yang seperti judul film yang saya sebut di atas, buku hijau berjudul Quidditch dan salah satu buku anak berjudul Magical Creatures. Entah di negara asalnya mungkin ada lebih banyak buku spin off dari Harry Potter Universe.

Film ini bisa ditonton oleh mereka yang belum pernah menonton atau bukan fans Harry Potter. Saya sendiri bukan fans berat Harry Potter, tapi sangat menyukai film-film bertemakan fantasi, sehingga film ini kontan menarik perhatian saya.

Tentang fantastic beasts di film Harry Potter yang pernah muncul di antaranya ular raksasa Basilisk, laba-laba raksasa Aragok, burung unik bernama Buckbeak, juga burung phoenix dan naga. Nah, di film ini bakal lebih banyak lagi makhluk-makhluk liar unik yang hadir.

Kisah Fantastic Beasts diawali ketika Newton Scamander (Eddie Redmayne) tiba di New York pada tahun 1926 bersama koper ajaibnya yang berisi hewan-hewan ajaib yang ia kumpulkan dari berbagai lawatannya. Pada saat itu New York tengah dilanda berbagai kejadian aneh seperti gempa lokal. Sebagian kecil penduduk mengarahkan kecurigaan kepada kaum penyihir. Kelompok anti penyihir New Salem Philanthropic Society itu dipimpin oleh Mary Lou Barebone (Samantha Morton).

Barebone

Saat itu Newt berhenti sejenak mendengar pidatonya. Tapi perhatiannya segera teralihkan oleh ulah Niffler, hewan mirip platypus, yang kabur dari koper, mencuri uang dan kemudian menuju bank. Ia pun mengejar Nifflef dan nasibnya terkait dengan Muggler aliad No-Maj (manusia) bernama Jacob Kowalski (Dan Fogler) yang ke bank demi mendapatkan pinjaman uang untuk membuka bakeri. Seperti yang bisa ditebak, kopernya salah ambil.

Hewan

Porpentina Goldstein (Katherine Waterston) seorang penyihir yang mencurigai gerak-gerik Newt pun menangkapnya dan menyerahkan ke atasannya. Namun, pemimpin utama organisasi penyihir MACUSA, Seraphina Picquery, dan Percival Graves (Colin Farrell) tidak menemukan bukti bahwa Newt cukup berbahaya sehingga ia pun bebas.

Graves

Newt pun mencari Jacob dan terkejut mengetahui koleksi hewannya banyak yang kabur. Akhirnya Newt dan Jacob bahu-membahu menemukan para hewan yang kabur. Sementara itu ancaman dari sihir kegelapan terus mengancam. Hewan-hewan itu pun dituduh biang keladinya. Newt pun siap menjalani hukuman mati.

Filmnya meskipun ditujukan bagi kalangan dewasa tetaplah menarik dan menghibur. Ulah para hewannya kocak terutama si Niffler yang mata duitan.

Niffler

Kisah penyihir kegelapannya memang tidak begitu banyak porsinya di sini, yang malah banyak adalah kekocakan ulah para hewan-hewan fantastik ini dan derita Jacob yang komikal. Sosok Jacob begitu membuat simpati karena dilanda berbagai kesialan. Tapi nampaknya ia pasrah dan senang bergabung dengan tim Newt apalagi adik Tina, Quennie (Alison Sudol) yang cantik nampak mengasihinya.

Sosok penjahatnya sebenarnya bisa ditebak dari awal. Di sini saya melihat sosok Ezra Miller sebagai pria rapuh bernama Credence Barebone yang sering disiksa ibu angkatnya. Penampilan Ezra aneh di sini tapi performanya mengingatkan saya pada film We Need to Talk About Kevin yang melambungkan namanya.

Ada banyak hal yang menarik di sini dan keterkaitannya dengan film Harry Potter sebelumnya. Hogwart merupakan sekolah asal Newt dan ia dikenal sebagai magizoologist pertama di Harry Potter dimana kemudian penerusnya adalah Luna Lovegood yang uniknya kemudian menikah dengan cucu Newton. Ada beberapa sosok penyihir kegelapan yang muncul dimana kekuatannya sangat kuat, dimana mereka tidak mengandalkan tongkat sihir, tapi bisa melakukan sihir dengan tangan kosong. Oh ya ada sosok Lestrange yang disebut-sebut. Di era Harry Potter, keluarga ini dikenal aneh dan pendukung utama Voldermort.

Film ini bakal ada sekuelnya dan diperkirakan tahun 2018 dirilis yang kedua dengan tokoh utama tetap Newton Scamander. Sepertinya Dumbledore muda juga akan hadir karena bakal ada duel antar penyihir terkuat sebelum era Voldemort.

Detail Film:
Judul : Fantastic Beasts and Where to Find Them
Sutradara : David Yates
Pemeran : Johny Depp, Colin Farrel, Eddie Redmayne, Ezra Miller, Alison Sudol, Katherine Waterston, Dan Fogler
Genre : Fantasi
Rating : 8/10
Gambar milik WB dan dari IMDB

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 20, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: