Angan-angan Berwisata Halal ke Korea Selatan Bersama Cheria

korea

Nasi yang masih panas mengepul disajikan bersama telur ceplok daging dan aneka sayuran. Rasanya sedap, gurih, dan segar. Itulah Bimbibap yang umumnya disajikan pada perayaan.

Pasangan dengan antusias bercerita tentang studi tour-nya ke Korea Selatan. Ia mencicipi berbagai masakan Korea Selatan yang halal dan lezat. Ia dengan lancar dan seolah telah berbulan-bulan di sana menyebutkan berbagai masakan nikmat ala Korea Selatan seperti Bulgogi, ayam gingseng. Ia tidak suka kimchi yang pedas, asam, tapi anehnya ia malah suka ketika kimchi disajikan ala nasi goreng.

Duh membayangkan cerita perjalanan pasangan, aku jadi iri dan ingin ke Korea Selatan. Duh kapan ya. Padahal sebelum Korea wave menerjang, aku sudah dua kali mengikuti lomba menulis tentang Korea Selatan semasa SMA dan mahasiswa, tapi belum berhasil membawaku ke sana.

bimbibap

Bimbibap (sumber: buku cara cepat masak ala Korea)

Berbeda dengan remaja masa kini yang gandrung akan drama romantis Korsel serta terpukau akan para boyband dan girlband-nya, aku menyukai Korea Selatan dan tertarik akan budayanya. Sama-sama masuk Asia Timur, akan tetapi budaya Korsel, Jepang, dan China berbeda. Mereka memiliki kultur otentik masing-masing, meskipun ada juga yang mengalami akulturasi karena lokasi yang berdekatan.

Satu lagi yang menarik dari Korea Selatan, mereka paham akan popularitas budaya pop dan film mereka, sehingga mereka menyiapkan dengan baik destinasi wisatanya. Siapa sih yang tidak tertarik berkunjung ke pulau Jeju dan pulau Nami pasca menonton dramanya yang romantis? Atau siapa yang tidak ingin merasakan seperti putri masa lalu dengan berkunjung ke istana Gyeongbokgung.

Saya salut dengan pemerintah Korsel yang paham bahwa wisatawan yang hadir ke Korsel dari multienis dan beragam agama. Oleh karenanya mereka juga menyiapkan panduan wisata halal untuk mengakomodasi wisatawan muslim dimana terdapat panduan lokasi restoran yang menyediakan masakan halal, lokasi masjid atau tempat untuk beribadah bagi muslim juga waktu-waktu sholat. Ada juga aplikasi cuma-cuma yang bisa diunduh untuk membantu wisatawan muslim saat berwisata ke Korsel. Wah seru juga ya.

Kalau saya sendiri ada berbagai destinasi yang ingin saya kunjungi ke Korea Selatan, yaitu kedua pulau terkenal, Jeju dan Nami, ke berbagai istana seperti Deoksugung Palace, Gyeongbokgung Palace, Changdeokgung Palace dan Bukwon. Saya juga ingin berkunjung ke Namsangol Hanok Village, Namsan Seoul Tower, belanja ke Itaewon, dan ke pegunungan di Seoraksan. Hemmm jadi makin kepingin nih. Untuk masakannya selain yang pernah dicicipi pasangan,aku juga ingin menyantap Nengmyeon, Galbitang, Gimbap, dan Bungeo-ppang.

Istana di Korsel (dok. ovi)

Kujelaskan satu-persatu secara singkat:)

Pulau Nami merupakan lokasi film Winter Sonata yang romantis. Di pulau ini terdapat pepohonan tinggi yang warnanya berubah-ubah sesuai musim. Pulau Jeju juga tak kalah menawan dengan taman, air terjun dan kampung Jeju.

Pulau nami (sumber: World Of Traveler)

Pulau nami (sumber: World Of Traveler)

Namsangol Hanok Village terdapat rumah tradisional atau mungkin mirip dengan desa wisata di sini. Di Deoksugung Palace pengunjung bisa menyaksikan upacara pergantian penjaga dan koleksi benda bersejarah. Sedangkan di Gyeongbokgung Palace merupakan istana termegah dan tercantik. Istana yang natural dan banyak taman adalah Changdeokgung Palace dan Bukwon. Wah saya mau mengunjungi semuanya.

Istana menarik untuk dikunjungi (dok. ovi)

Di Seoraksan terdapat air terjun, gua purba, kuil dan kereta gantung. Di Namsan Seoul Tower bisa melihat panorama Seoul dari segala arah. Untuk berbelanja oleh-oleh bisa mengunjungi Itaewon yang luas.

Kimchi atau kimchee merupakan masakan Korea yang paling populer, mirip seperti acar di Indonesia. Kimchee ini selalu tersedia di waktu makan,mungkin seperti tempe goreng atau sambal di sini hehehe. Yang sering dibuat kimchee adalah sawi putih (Pechu Kimchee) dan lobak (Kaktookee). Yang lebih populer adalah kimchee dari sawi putih. Cara membuatnya gampang-gampang susah yakni sawi putih diberi garam lalu dilumuri pasta terbuat dari cabai dan ikan/udang lalu difermentasikan seminggu atau lebih.

Kimchee ini juga bisa disajikan seperti asinan Bogor atau minuman kimchee dingin dengan tambahan buah-buahan. Juga ada nasi goreng kimchi (Bokkumbap) yang diberi tambahan daging sapi. Kata pasangan sih rasanya sedap.

Kimbap mirip sushi (sumber: buku cara cepat memaasak ala Korea)

Kimbap mirip sushi (sumber: buku cara cepat memaasak ala Korea)

Kimbap merupakan nasi gulung dengan nori mirip sushi. Isiannya biasanya daging sapi, jamur shitake, mentimun dan wortel. Bulgogi dan Galbitang merupakan masakan daging sapi panggang dimana Galbitang lebih ke iga sapi. Ayam gingseng (Samgyetang) merupakan ayam dengan isian beras, bawang dan gingseng untuk memperkuat daya tahan tubuh saat cuaca panas terik. Nengmyon merupakan mie dingin dengan lobak dan daging sapi. Sedangkan Bungeo-ppang merupakan kue manis dengan bentuk ikan.

Ayam gingseng yang bergizi

Ayam gingseng yang bergizi

Jika Kalian bingung menyusun daftar perjalanan dan ingin pergi secara praktis tanpa kuatir menyantap masakan non halal bisa mengikuti paket tour wisata halal Korea yang diadakan Cheria Wisata, Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia

Apa bedanya paket wisata lainnya dan paket wisata halal? Selain menyantap masakan yang dijamin kehalalannya, para peserta tur juga akan diingatkan dan diajak melaksanakan ibadah pada waktunya. Sehingga tidak ada namanya yang kebingungan mencari tempat sholat atau terpaksa melalaikan ibadah karena tidak ada tempat yang layak. Sehingga berwisata oke, juga dapat beribadah tepat waktu.

Pulau Jeju (sumber: MuslimHolidays)

Pulau Jeju (sumber: MuslimHolidays)

Paket turnya itu beragam dan umumnya meliputi ke obyek wisata populer dan menarik seperti Pulau Nami, Namsan Tower, Museum Teddy Bear dan sebagainya. Pada 2017 juga dibuka paket tur: Paket Tour Fascinating Winter Korea Muslim 5D3N, Paket Tour Beautiful Winter Korea Muslim 6D5N, Paket Tour Korea Jeju Winter Muslim 7D6N, dan masih banyak lagi. Jika penasaran Kalian bisa menghubungi akun media sosialnya atau langsung menuju kantornya di Gedung Twink Lt. 3 Jl. Kapten P. Tendean No. 82 Mampang Prapatan, Jaksel. Wah jadi makin ingin ke sana.

Akun media sosial Cheria Travel:
facebook: @cheriaholiday
twitter: @cheria_wisata
Google+ : +Cheriatraveltourwisata
instagram: @cheriawisata

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 11, 2017.

7 Tanggapan to “Angan-angan Berwisata Halal ke Korea Selatan Bersama Cheria”

  1. Berkunjuuung mbak Dewi..
    Nyumbang doa dengan amin kencaaaangggg semoga terwujud impian jalan-jalan gratis ke Korea.
    Apalagi kalo malah jadi rezeki bareng sama saya.
    Gak kebayang serunya meet up pertama di negeri ginseng. ^_^

    *aamiinmakinkenceeeengggg ^_^

  2. Semoga impiannya bisa terwujud yaa 🙂

  3. Jepang memang keren, selain banyak wisata wisata menarik, Jepang juga semakin terbuka dengan wisatawan muslim. Yang paling saya suka dari orang Jepang adalah budaya produktif dan gemar membaca, sehingga masyarakatnya hidup makmur

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: