Mau Pie Susu atau Pai Apel?

Pai apel dan pie susu

Kudapan berupa kulit terbuat terigu dan mentega yang dibentuk melingkar lalu dipanggang dan diisi dengan berbagai isian tersebut lazim disebut pie atau pai. Ukurannya bisa besar untuk beberapa orang atau kecil-kecil untuk perorangan. Saat ini jajanan ini mudah dijumpai dan menjadi salah satu oleh-oleh. Seperti di Bali dengan pie susunya atau Malang dengan pai apelnya.

Mana favoritmu?

Pie susu hadir terlebih dahulu jika dibandingkan dengan pai apel yang baru ngetren dua tahun terakhir ini. Pie susu ini merupakan pie dengan isian semacam custard yang lembut dan manis.

Awalnya ketika pie susu ini baru muncul sekitar tahun 2007-2008, saya kurang suka karena rasa isiannya yang terlalu manis. Menyantap satu saja rasanya sudah cukup dan agak enek. Rupanya setelah itu ada inovasi sehingga rasanya semakin disempurnakan dan makin nikmat. Kulitnya ada yang kering ada yang agak basah. Sedangkan isiannnya sudah tidak terlalu manis dan ada juga yang agak kesat. Kesimpulannya kue ini semakin ke sini semakin enak dan layak jadi oleh-oleh ketika berkunjung ke Bali menemani kacang Bali yang sudah populer sejak lama.

Bagaimana dengan pai apel?
Pai apel ini melengkapi oleh-oleh terbuat dari apel khas Malang. Malang dan kota Batu terkenal sebagai penghasil apel sehingga memiliki ikon apel. Ada banyak oleh-oleh berbahan apel yang asam manis.

Dengan bentuk kulit pai yang beragam, isiannya pun semakin bervariasi. Ada yang rasa apel original ada juga yang mendapat kawan berupa kismis dan keju. Rasa pai apel ini sejak saya menikmati kali pertama memang nikmat. Asam manis dari apel berbaur sempurna dengan kulit painya yang gurih dan tidak terlalu keras. Yang paling juara adalah duo apel dan kismis. Lezat.

Jadi yang mana pilihanmu?
Dua-duanya enak.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 5, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: