Tentang Budaya

Beberapa waktu lalu saya mengikuti kuliah online budaya (Culture and Nation Building) yang diasuh oleh Dr. Daoed Joesoef di Indonesia X. Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang telah berusia 90 tahun ini menuturkan tentang definisi budaya yang sekarang menjadi beragam dan memiliki pergeseran makna, dimana ada revolusi budaya, kegiatan budaya, taman budaya, kerja sama budaya, industri budaya dan sebagainya.

Dalam beberapa kesempatan mungkin saya akan merangkum kuliah/kursus online yang pernah saya ikuti. Tujuannya sih agar saya juga ingat apa yang pernah saya pelajari dari materi tersebut. Kalian juga bisa lho mengikuti berbagai kuliah online, agar otak terus bekerja dan semakin banyak pengetahuan yang teraih.

Ada berbagai definisi tentang budaya. Ada yang terkait dengan seni, pembentukan karakter, dan juga tentang ilmu pengetahuan. Budaya secara obyektif yaitu keseluruhan karya, realisasi, dan institusi yang menandakan originalitas dan otentisitas sekelompok manusia. Budaya juga bisa menggambarkan kebajikan, hal-hal yang baik bagi kehidupan manusia, untuk sesamanya, baik sebagai kelompok maupun sebagai individu.

Kebajikan dan kebaikan sendiri adalah nilai, sehingga budaya juga bisa disebut sistem nilai yang dihayati oleh sekelompok manusia di satu wilayah tertentu selama jangka waktu tertentu. Sedangkan nilai merupakan sesuatu yang dipegang karena dianggap berguna, tidak bersifat memaksa dan biasa digunakan sebagai standar untuk memutuskan antara baik dan buruk, benar dan salah dan sebagainya.

Oleh karena manusia bertransformasi, sistem nilai juga bisa berubah, ada yang usang ada juga yang dipertahankan. Sistem nilai yang baik itu kemudian ditransmisikan dari generasi ke generasi berikutnya melalui sistem pendidikan. Pendidikan tak bisa dipisahkan dari budaya dan merupakan bagian konstitutif.

Pendidikan bukan berarti menghafal, pendidikan penting untuk memahami mana yang tak bisa diabaikan dan untuk memahami pengetahuan lainnya berdasarkan pengetahuan yang telah ia dapatkan. Untuk menggunakan pengetahuan juga perlu kearifan karena pengetahuan juga bisa bersifat destruktif. Budaya dan pendidikan ini nantinya terkait ke pembangunan nasional dan rasa cinta terhadap tanah air alias nasionalisme.

Materi budaya ini memang agak filosofis dan teoretis, tapi menurut saya sih menarik. Kuliahnya juga singkat, hanya terdiri atas dua materi pokok dengan adanya kuis tiap minggu dan ujian final. Soal-soalnya tergolong mudah sehingga siapapun bisa mengikuti kursus online ini.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 16, 2017.

11 Tanggapan to “Tentang Budaya”

  1. Saya sempat sekali ikut kuliah online di Indonesia X tapi sayangnya nggak selesai.

    Kalau lulus beneran dapat sertifikat apa nggak mbak?

  2. follback teh ^^

  3. Wah tulisan cakep ini, tentang budaya aku suka banget. Trus aku kok kudet ya baru tau kalo ada kursus online gratis

    • Ada banyak pilihan kursus online, bisa yang berbahasa Inggris di Coursera atau berbahasa Indonesia di HarukaEdu dan IndonesiaX. Materinya bagus-bagus, ayo ikut bu Nefertite:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: