Liburan Lebaran dan Wisata Halal ke Malang

Wah liburan lebaran sebentar lagi akan tiba. Rasanya sudah tak sabar untuk berjumpa dengan sanak saudara, kemudian dilanjutkan dengan berlibur ke berbagai tempat wisata. Berlibur sekaligus pulang kampung ke Malang itu memang mantap. Ada banyak wisata menariknya. Lagipula Malang juga tengah sibuk mempersiapkan diri sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia.

Malang memang sudah dikenal sebagai daerah wisata sejak jaman kependudukan Belanda. Kota ini dikenal sebagai kota plesiran karena memiliki hawa sejuk dan banyak memiliki sudut-sudut cantik menawan.

Saat ini Malang semakin mengemuka sebagai kota wisata. Jika liburan wah dimana-mana penuh sehingga malah sulit kemana-mana. Kalau saya sih antisipasinya biasanya mencuri start saat berlibur kala libur lebaran yaitu saat H-3 hingga H-1 lebaran. Seru juga kok berlibur saat masih berpuasa, biasanya pagi-pagi saya dan suami berangkat dan sore hari sudah mengarah kembali ke rumah orang tua. Jadi kami tetap bisa melakukan ibadah puasa, berbuka bersama juga sholat tarawih. Kami juga pernah dan suka lho melakukan treking ke air terjun seperti ke Coban Pelangi.

Nah, saat hari H hingga H+3 menjadi agenda kami untuk bersilaturahmi ke sanak saudara dan kawan-kawan. Baru pada H+4 dan seterusnya hingga libur lebaran habis, kami kembali berwisata ke sana kemari lagi, mau ke daerah Batu oke mau ke Malang selatan juga seru.

Malang itu surga wisata jadinya mau wisata jenis apa saja sih bisa, mau wisata alam, wisata air, wisata budaya, wisata sejarah, wisata ke obyek wisata atau sekedar wisata kuliner. Daerah wisatanya juga luas bisa di dalam kota, menuju kabupaten Malang seperti Pandaan, Prigen, Turen, juga mengunjungi kota administratif Batu yang dulunya masuk Kabupaten Malang.

Wisata memetik apel juga menyenangkan

Seperti yang saya sebutkan di paragraf awal, ada berbagai jenis wisata yang bisa dilakukan di Malang juga sekitarnya. Mau cuci mata menikmati panorama indah dan menyesapi udara segar maka bisa menuju berbagai air terjun seperti Coban Talun, Coban Randa, Coban Pelangi, dan Kakek Bodo. Mau bermain air bisa ke berbagai pantai di Malang selatan seperti Ngliyep dan Balekambang. Ke Bromo dan ke Gunung Kelud juga lewat via Malang. Atau juga bisa menikmati wisata hijau ke Kebun Raya Purwodadi, menambah wawasan akan dunia fauna di Taman Safari Prigen atau menikmati wisata petik apel di Agrowisata atau di kebun para petani apel di Batu.

Museum Brawijaya yang menyimpan koleksi bersejarah di kota Malang

Bagi yang suka wisata sejarah di Malang kaya akan museum dan candi. Banyak museum di Batu dan Malang yang dikemas modern sehingga generasi muda juga menyukainya. Malang dulunya adalah tempat kerajaan besar seperti Kanjuruhan dan Singosari sehingga di sini banyak candi peninggalan kerajaan tersebut seperti Candi Singosari, Candi Badut, dan Candi Jago. Museumnya ada Museum Brawijaya, Museum Malang Tempoe Doeloe, D’Topeng, Museum Satwa dan masih banyak lagi. Sementara wisata cagar budaya bisa dilakukan di kawasan Ijen, Alun-alun dan Tugu, seperti Stasiun Kota Lama dan Hotel Tugu. Untuk makanannya, Kalian bisa menuju ke daerah Sanan untuk membeli aneka kudapan keripik buah, serba apel dan tempe. Ada rujak cingur, rawon, bakso yang bisa dicobai selama berlibur di Malang.

Oh ya tahun 2017 Malang semakin gencar untuk menambah fasilitas agar layak disebut sebagai salah satu destinasi wisata halal di Indonesia. Selain menjaring wisatawan domestik, juga bisa lebih banyak turis mancanegara dari negara mayoritas muslim seperti Malaysia, Brunei dan negara Timur Tengah.

Di berbagai negara konsep wisata halal sudah lebih dulu populer. Menariknya sebagian negara yang laris sebagai tujuan wisata halal malah sebagian warganya adalah non muslim seperti Korea, Tiongkok, dan Jepang. Mereka sadar pariwisata adalah aset dan bisa menyumbang devisa besar bagi negaranya. Banyak di antara pelancong itu adalah muslim yang ingin menikmati berwisata di negara tersebut tapi juga berharap dapat melaksanakan ibadah dengan nyaman dan menyantap makanan yang halal.

Wisata halal merupakan bisnis yang sama-sama menguntungkan baik bagi negara tujuan, agen travel, maupun bagi wisatawan itu sendiri. Wisata halal bisa didefinisikan sebagai  daerah tujuan wisata dimana memenuhi kriteria seperti adanya tempat ibadah umat muslim, tempat berwudhu, mudahnya menemukan petunjuk arah kiblat dan waktu sholat, mudah mendapatkan makanan halal dan terhindar dari aktivitas non halal.

Fasilitas wisata halal yang diharapkan wisatawan (sumber buku Laris Manis Bisnis Wisata Halal)

Dengan adanya wisata halal maka wisatawan tidak ragu untuk menyantap makanan karena ada petunjuk yang jelas mana tempat makan yang menyajikan menu halal. MUI juga baru mengeluarkan fatwa tentang pentingnya wisata halal. Berdasarkan fatwa yang dirilis Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia maka sebuah obyek wisata di antaranya perlu memiliki fasilitas ibadah juga makanan minuman yang halal. Bahan untuk spa juga menggunakan bahan yang halal. Menu halal di tempat wisata penting karena biasanya wisatawan jarang yang membawa bekal dari rumah. Menu halal ini juga harus berasal dari bahan dan cara penyajian yang halal.

Selain itu pemilihan agen travel yang mendukung wisata halal juga perlu untuk mendapatkan kepastikan fasilitas wisata halal. Salah satu agen travel yang berfokus di wisata halal adalah Cheria halal holiday.

Selain Malang, Kalian juga bisa merancang liburan lebaran atau liburan akhir tahun/tahun baru ke destinasi wisata halal seperti Lombok, Padang dan Aceh. Jika ke luar negeri Kalian bisa berkunjung ke Turki ataupun Korea. Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia.

Mulai sekarang cepat menabung dan sisihkan dana agar bisa liburan lebaran dan liburan akhir tahun/tahun baru ke destinasi wisata halal favorit

Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 7, 2017.

9 Tanggapan to “Liburan Lebaran dan Wisata Halal ke Malang”

  1. Kayak nya malang keren juga nih buat wisata, jadi pengen kesana

  2. Sy blm puas keliling Malang. Br Jatim Park aja

  3. suhu di malang katanya sudah panas juga ya?

  4. like it

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: