Serunya Factory Tour ke PT Selamat Sempurna, Tbk

Presentasi PT Selamat Sempurna

Kunjungan ke pabrik itu seru dan menambah wawasan. Melihat proses produksinya, mesinnya nan canggih, sering kali membuat saya terkagum-kagum. Oleh karenanya ketika ada undangan mengunjungi produsen cabin air filter dengan merk Sakura saya pun menyambut gembira, apalagi boleh membawa pasangan. Hore.

Sabtu pagi kami berdua pun melaju menuju Curug, Tangerang. Sebenarnya sudah ada bus yang bersiap di Blok M, akan tetapi karena dirasa lebih cepat dan jalanan sedang sepi, maka tak sampai satu jam kami sudah tiba di kawasan industri ADR Group.

Selamat datang di kantor pusat PT Selamat Sempurna, TBk

Selamat datang di kantor pusat PT Selamat Sempurna, TBk

PT Selamat Sempurna, TBk merupakan bagian dari grup ADR

PT Selamat Sempurna, TBk merupakan bagian dari grup ADR

Pabrik yang kami kunjungi adalah PT Selamat Sempurna, Tbk yang merupakan bagian dari ADR Group. Perusahaan ini memproduksi serangkaian filter dan radiator baik untuk kendaraan maupun alat berat dengan merk Sakura.

Setelah ngupi-ngupi sejenak, maka kami pun diajak berkeliling dari dua ruangan lab dan kemudian pabrik yang luas dan bertingkat-tingkat. Kiranya ini pabrik yang terluas dan bertingkat yang pernah saya kunjungi. Selain di Curug juga ada pabrik lainnya di kawasan Kapuk, Jakarta Utara.

Kami ditemani oleh tim PT Selamat Sempurna, di antaranya Pak Sembodo Herry, Pak David, dan Pak Nugroho. Kami mendapat banyak wawasan sekaligus banyak bercanda hahaha.

Memberikan penjelasan tentang kinerja alat uji

Memberikan penjelasan tentang kinerja alat uji

Pada dua lab tersebut kami diajak melihat-lihat alat untuk melakukan uji coba oil dan fuel filter, multipulse test, drain back test dll. Uji coba juga menyangkut variabel suhu, karena ada produk yang dikhususkan untuk daerah dingin seperti Siberia dan daerah panas seperti gurun dan ketika berada di kawasan kebakaran hutan.

Nah ruang lab ini setiap hari selain Sabtu dan Minggu tak pernah berhenti bekerja. Bahkan bisa dibilang riset dan pengembangan (R&D) ini jantung dari PT Selamat Sempurna. Setiap tahun ada sekitar 500 produk baru yang dihasilkan, sehingga setiap hari kalau dirata-rata ada dua produk yang dirilis oleh unit R&D. Oleh karenanya tak heran ada 60 lulusan teknik yang bekerja di bagian R&D ini.

Di plant inilah kami melihat proses produksi yang sibuk. Ada divisi pembuatan produk, finishing, disposal, hingga pengemasan. Total varian produk yang diproduksi PT Selamat Sempurna ini sekitar duaribuan, sehingga ada database tersendiri dan ruangan khusus menyimpan sampel dari tiap produk.

Kesibukan di pabrik dari atas

Kesibukan di pabrik dari atas

Wah, wah, wah bagaimana mereka mengingat dan mengetahui besaran satu varian yang akan mereka produksi? Rupanya ada manajemen produksi yang mengatur, misal hari ini untuk varian A berapa yang diproduksi. Di sebuah industri memang penekanannya adalah efisiensi. Efisiensi ini bisa dilihat dari besaran produk yang memenuhi standar setiap kurun waktu tertentu.

Efisiensi ini termasuk dari panduan kerja mereka dan per hari mereka bisa memproduksi sekitar 96 ribu buah filter per tahun, belum produk lainnya. Untuk menghindari pemborosan waktu maka di beberapa tempat dipasang banner untuk mengingatkan karyawan untuk mematuhi SOP dan bekerja secara efisien seperti menghindari produksi lebih, proses berlebih, gerakan berlebih dsb.

Melihat dari proses produksinya, tidak semua lini bersifat robotik, tetap memerlukan tenaga manusia. Untuk menekan human error maka pegawai pabrik disarankan untuk selalu berdoa terlebih dahulu, berkonsentrasi, dan menggunakan alat-alat keselamatan seperti masker, sarung tangan, kacamata khusus, dan earphone jika tempatnya bising.

Sebelum menuju pabrik berikutnya yang terletak bersebelahan, kami melihat limbah padat. Ada beberapa jenis limbah, limbah padat yang bisa dijual karena masih memiliki nilai dan juga limbah cair yang diolah khusus kemudian menjadi limbah padat dan ditampung ke tempat khusus.

Limbah padat yang ini masih bisa dijual

Limbah padat yang ini masih bisa dijual

Mengenal Cabin Air Filter dengan Bio-Guard Layer
Kami kemudian diajak melihat proses pembuatan produk terbaru mereka, filter kabin yang dilengkapi dengan antivirus, antibakteri, dan antijamur (bioguard-layer). Bentuknya memang nampak sederhana dengan gulungan kertas dan karbon. Tapi rupanya benda ini akan sangat membantu di daerah yang kualitas udaranya buruk dan mereka yang peduli terhadap kesehatan, khususnya kesehatan alat pernafasan.

Cabin Air FIlter dengan Bio-Guard

Cabin Air FIlter dengan Bio-Guard

Mengapa sih perlu filter udara dalam kabin yang memiliki bio-guard layer?
Ada beragam latar belakang diperlukannya filter ini. Yang pertama karena sejak tahun 2015, tingkat polusi udara di Indonesia masuk posisi kedelapan di dunia. Ya, tingkat polusi yang parah ini ada di kota besar dan kawasan industri seperti Jakarta dan Bekasi.

triple-layer

Sedangkan berdasarkan environmental protection agency (EPA) polusi di dalam ruangan bisa 2-5 kali lebih tinggi dibandingkan di luar ruangan. Kemudian, WHO memprediksi pada tahun 2030 penyakit gangguan paru kronis akan menjadi penyebab ketiga kematian dini di seluruh dunia. Wah gawat juga ya.

Ada beragam polutan di sekitar kita, ada Sulfur dioksida karbondioksisa, karbonmonoksida, dan nitrogen dioksida dll. Polutan tersebut bisa berbahaya bagi mata, tenggorokan, dan juga bisa menyebabkan sakit kepala.

Asap dan bau ternyata bisa masuk kabin mobil

Asap dan bau ternyata bisa masuk kabin mobil

Saya teringat saat perjalanan menuju kota Malang, beberapa kali mobil berada di balik truk dan bus. Asap yang kehitaman keluar dari knalpot kendaraan tersebut. Kami berdua terkejut karena bau asap itu sedikit memasuki mobil meski jendela tertutup rapat. Meski sedikit yang masuk, baunya membuat pening. Saat melewati tempat pembuangan sampah, bau tidak sedap itu juga sedikit masuk. Bikin mual.

Nah, guna filter kabin tiga lapis dalam kendaraan tersebut untuk meredam debu/partikel dari jalanan, menahan dan menghilangkan bebauan tidak sedap juga sebagai proteksi kesehatatan dengan adanya lapisan bio-guard. Pada lapisan pertama (protective layer), filter kabin ini mampu menyaring partikel hingga ukuran 2,5 mikron. Wah seukuran apa itu ya?

Perbandingan ukuran mikron

Perbandingan ukuran mikron

Sehelai rambut saja diameternya 50-70 mikron, jadi ukuran 2,5mikron tidak kasat mata tapi perlu bantuan alat semacam mikroskop. Ada pengaruh antara tingkat kesehatan dan ukuran partikel. Ada beragam partikel yang bisa memicu pilek dan batuk. Dengan adanya lapisan proteksi ini maka keberadaan partikel yang masuk ke kabin pun diminimalisir.

Keterkaitan ukuran partikel dan kesehatan

Keterkaitan ukuran partikel dan penyakit

Untuk bebauan, pasti Kalian terganggu jika mencium aroma tidak sedap yang masuk seperti bau dari truk pengangkut sampah. Di cabin air filter dengan triple layer ini ada lapisan kedua yaitu lapisan karbon yang menahan dan menghilangkan bau tidak sedap.

menjaga-kesehatan

Sementara itu ada beragam penyakit yang bisa ditimbulkan dari virus, bakteri dan jamur seperti radang paru-paru,alergi, asma, meningitis pada bayi, dan influenza. Untuk itu diperlukan lapisan ketiga yaitu lapisan bio-guard yang membunuh kuman, bakteri, jamur dan menonaktifkan virus yang masuk dan yang berada di dalam kabin. Ini nih yang penting agar berkendara tetap nyaman dan sehat.

lapisan

Dari hasil demo alat, memang cabin air filter ini mampu menghilangkan asap rokok yang masuk, dari yang besarannya 900 mikron hingga terminimalisir hingga lebih dari 99,5persen.

Demo Alat

Demo Alat

Tentang PT Selamat Sempurna, Tbk
Ada berbagai perusahaan milik tanah air yang produknya telah berkiprah di pangsa mancanegara. PT Selamat Sempurna ini salah satunya. Produk mereka telah diekspor ke 130 negara. Berbagai produk mereka berjaya di pangsa Eropa karena warga mereka sangat perhatian terhadap kenyamanan dan kesehatan berkendara, juga tentang isu lingkungan. Beberapa tahun terakhir kesadaran masyarakat Indonesia juga meningkat sehingga kini Sakura semakin gencar menyasar ke pangsa dalam negeri.

Ada 2000 karyawan di pabrik ini dan semuanya merupakan SDM lokal. Ada beberapa asisten teknis dari luar negeri tapi jumlahnya bisa dihitung.

produk

produk-lainnya

Produk meliputi oil, air, fuel, dan hydraulic filter. Untuk filter udara terdiri atas filter untuk kebutuhan di perumahan, kabin mobil, dan sebagainya. Juga ada produk radiator dan juga produk fuel tank dan brake and fuel pipe.

Oh ya produk dari pabrik ini dirancang ramah lingkungan dan mereka juga menerapkan ISO ISO/TS 16949:2002.
iso

Wah sehabis jalan-jalan keliling pabrik ini saya mendapat sebuah ‘pencerahan’. Tidak perlu minder dengan negara lain karena produk tanah air juga tak kalah bagusnya dan bisa bersaing.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 31, 2016.

2 Tanggapan to “Serunya Factory Tour ke PT Selamat Sempurna, Tbk”

  1. berkeliling di pabrik lalu melihat kecanggihan proses produksinya memang selalu menyenangkan. hehe.. dulu pas sma saya pernah kunjungan industri ke pabrik abc. keren sekaliiii.. đŸ˜€
    btw, itu penyakit paru- paru itu berbahaya ya.. jadi harusnya solusinya bukan filter udara saja tapi pengolahan zat buang kendaraan juga ya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: