Bersiap Mudik Agar Asyik dan Tak Bikin Pusing

Hari-hari mudik sudah di depan mata. Seminggu lagi bakal banyak yang mulai mudik ke kampung halaman. Aku dan pasanganku juga menanti masa-masa jelang mudik. Memang mudik sebenarnya bisa kapan saja, tapi mudik saat hari raya Idul Fitri itu berbeda karena pada saat itu sanak saudara berkumpul dari berbagai kota. Oleh karena mudik itu istimewa maka persiapannya pun juga tidak biasa.

Ya, mudik itu suatu tradisi yang unik di Indonesia. Yang sanak saudaranya di kota yang sama mungkin merasa heran melihat orang-orang rela mengeluarkan dana cukup besar, terkena kepadatan lalu lintas, dan sebagainya demi berkumpul dengan keluarga besar di kampung halaman. Apa yang dirasakan dan diinginkan pemudik tentu sulit dipahami bagi mereka yang tidak pernah melakukannya. Percayalah, setiap orang yang berada jauh dari orang tuanya, sebagian besar pasti menginginkan bertemu saat lebaran dan melakukan persiapan jauh-jauh hari demi mudik.

Sebelum menikah biasanya aku sudah melakukan persiapan mudik sejak lama. Pasalnya, tiket pesawat terbang pulang pergi ke kampung halamanku cukup mahal. Alhasil jika ada promo sebuah armada pesawat terbang aku langsung berburu, terutama pada beberapa hari sebelum dan sesudah lebaran. Biasanya aku mendapat harga normal jika membelinya jauh-jauh hari.

Sebenarnya bisa sih naik kereta api. Tahun-tahun awal bekerja di Jakarta, aku juga lebih sering mudik dengan kereta api atau menumpang mobil kakak. Namun membeli tiket kereta api juga perlu persiapan karena entah kenapa selalu cepat ludes meski baru beberapa menit dibuka secara online. Kalau jaman dulu, wah malah lebih perlu usaha keras. Perlu ketangguhan ekstra untuk mengantri tiket sejak sahur dan sebelum loket tiket dibuka. Berburu tiket mudik memang tidak mudah, tapi setelah mendapatkannya rasanya begitu lega.

Tahun ini proses berburu tiket mudik agak berbeda karena kami berdua mengalami masa-masa sulit, yaitu rumah terpaksa direnovasi karena serangan rayap. Saat ini pun rumah belum juga bisa ditempati sehingga perhatian kami terpusat di urusan renovasi. Baru seminggu lalu kami kepikiran akan mudik sedangkan tiket belum ada satupun di tangan. Sebenarnya ada kabar gembira kami mendapat tiket bus PP secara cuma-cuma, tapi hanya sampai ke Jogjakarta. Dari Malang ke Jogjakarta masih sangat jauh dan separuh perjalanan. Perlu waktu sekitar 8-9 jam untuk tiba pada hari-hari biasa. Bisa jadi pada hari mudik, waktu tempuhnya bisa dua kali lipat. Akhirnya setelah kami pertimbangkan waktu dan fisik, maka tiket itu pun kami batalkan. Kami ingin mudik lebih nyaman. Maka mulailah kami berburu tiket mudik via kereta api dan pesawat terbang.

Oleh karena waktunya tinggal dua minggu lagi jelang hari H, maka tiket kereta api pun sudah ludes. Tiket pesawat domestik harganya sudah melambung tinggi, kami berdua makin ketar-ketir. Duh bagaimana ya? Rasanya pulang ke kampung halaman hanya sebatas angan-angan.

Kami mencobai berbagai website untuk pesan tiket pesawat. Salah satunya adalah HISGO domestik yang juga menjual tiket pesawat domestik. Booking di HISGO yang merupakan bagian dari HIS Travel Indonesia cukup mudah dan tidak berbelit-belit. Cukup masukkan kota asal dan kota tujuan, juga jumlah tiket dan tanggal keberangkatan plus tanggal kembali.

HIS Travel Indonesia punya laman HISGO untuk pemesanan tiket dan paket liburan

Oh ya selain melayani tiket pesawat di HISGO juga terdapat fitur penawaran promo paket tur, sewa mobil, menginap di hotel, asuransi perjalanan dan sebagainya. Saat ini yang lagi gencar adalah paket tur ke Jepang dan Thailand, untuk dalam negeri alias domestik juga ada paket liburan ke pulau Komodo, Bali, Lombok, dan Candi Borobudur. Ada juga lhoversi apps untuk smartphone berbasis android dan Iphone sehingga lebih praktis.

Booking di HISGO untuk tiket pesawat domestik juga mudah

Rencana Liburan Lebaran di Malang
Rencana kami mudik ke kampung halaman saat lebaran tidaklah muluk-muluk. Setelah bertemu handai taulan, maka kami akan menyempatkan diri berlibur ke sekeliling kota Malang dan sekitarnya. Namun untuk menyiasati kepadatan lalu lintas di kawasan tempat wisata di Malang maka kami akan menyusun strategi. Hari pertama dan kedua setiba di kota Malang maka kami akan berkunjung ke berbagai rumah saudara, bertemu kawan-kawan lama, dan juga berziarah ke makam. Pada dua hari berikutnya kami akan berlibur ke Malang bagian selatan atau ke kawasan Singosari dan Lawang yang tempat wisatanya relatif lebih sepi dibandingkan ke kota Batu.

Ke Balekambang juga asyik

Selain di Batu, juga ada air terjun di kawasan Tumpang

Kalau ke kota Batu dan Pujon sebenarnya banyak wisata yang bisa dicoba seperti Batu Night Square, Jatim Park I dan II, berbagai air terjun, Waduk Selorejo, Museum Angkut dan D’Topeng Kingdom dan sebagainya. Tapi sebagian besar kami berdua sudah kunjungi berulang kali. Kami ingin sesuatu yang berbeda.

Banyak hal menarik sih sebenarnya di Kabupaten Singosari dan Lawang yang jaraknya tidak jauh dari kota Malang. Ada berbagai peninggalan Singosari seperti Candi Singosari, Candi Jago Candi Kidal, Museum Singosari, dan Pemandian Ken Dedes. Ada juga Kebun Teh di Lawang dan Kebun Raya Purwodadi. Tahun ini kami berdua ingin eksplorasi ke Museum Singosari dan ingin memuaskan rasa penasaran kami akan berbagai situs sejarah di bawah kaki Gunung Penanggungan dimana konon merupakan peninggalan Airlangga, sosok raja terkenal dari Jawa Timur. Ya tahun ini kami ingin berwisata sejarah dan budaya.

Candi Singosari sudah kami kunjungi beberapa kali, tinggal museumnya yang belum

Wah jadi tak sabar untuk mudik.

HIS GO Mudik - Blogger Competition

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 11, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: