“My Friend of Misery”, Lagu Underrated Metallica

My Friend of Misery menurutku salah satu lagu Metallica yang ikonik. Lagu sepanjang enam menitan ini memiliki melodi dan lirik yang apik. Sayangnya lagu ini tidak beken alias underrated.

Aku sudah pernah menulis di artikel Metallica sebelumnya jika perjumpaanku dengan Metallica terjadi sejak masih duduk di bangku SD. Waktu itu aku dan kakak suka akan Enter Sandman. Lagu itu masuk dalam album Black. Kami bertiga pun patungan dua kali. Yang pertama kami salah beli, ternyata album cover Black dari band Jerman. Yang kedua baru benar deh, album bersampul hitam dengan gambar ular.

Lagu-lagu dalam album Black ini enak-enak didengar. Ya, anak SD juga punya penilaian tersendiri tentang musik cadas hehehe. Yang beken dalam album ini adalah Enter Sandman, Nothing Else Matters, dan Unforgiven. Mungkin karena kemudian aku bosan dengan tiga lagu itu aku jadi lebih menyukai lagu pada sisi B. Lagu itu adalah My Friend of Misery.

Lagu ini sampai sekarang enak didengar dan masih kudengarkan. Lagunya berbeda dengan lagu-lagu Metallica pada umumnya. Perbedaan utamanya terletak pada line bass-nya. Porsi Jason Newsted dalam lagu ini cukup besar. Menurutku lagu inilah yang porsi basnya paling besar di antara lagu-lagu Metallica lainnya. Oh ya konon Jason keluar dari Metallica karena kurang mendapat porsi dalam bermain bas.

Dentuman bas itu terdengar dominan pada saat intro. Kemudian menjadi line dalam lagu ini bersanding dengan gitar yang dimainkan Kirk Hammett. Lagu ini di pertengahan lagu juga memiliki unsur musik gesek yang membuat lagu ini menjadi makin dramatis.

Lagu My Friend of Misery tidak terlalu cadas dan hingar-bingar. Lagunya malah bernuansa suram dan muram. Yang masih memberikan unsur semangat dalam lagu ini permainan solo Kirk Hammett yang memang benar-benar wow.

Temanku adalah kepedihan. Lagu ini punya banyak interprestasi. Lagu ini bisa saja berkisah tentang sudut pandang kita terhadap seseorang yang depresi dan menganggap beban dunia ada di pundaknya. Superman? Bisa saja tentang seseorang yang memandang dunia dari sisi negatifnya saja. Atau bisa saja diri kita yang abai dengan lingkungan sekitar yang warganya tengah menderita.

You just stood there screaming
Fearing no one was listening to you
They say the empty can rattles the most
The sound of your voice must soothe you
Hearing only what you want to hear
And knowing only what you’ve heard
You you’re smothered in tragedy
And you’re up to save the world
Misery you insist that the weight of the world
Should be on your shoulders
Misery there’s much more to life than what you see
My friend of misery

Album Black dirilis tahun 1991 dan menjadi album tersukses Metallica. Nama Metallica pun terkerek menjadi band papan atas. Hingga saat ini Metallica tetap eksis dan menjadi legenda di dunia musik cadas. Personelnya setelah Jason keluar adalah James Hetfield (vokal, gitar), Kirk Hammett (gitar), Lars Ulrich (drum) dan Robert Trujillo (bas).

Gambar dari metalheadzone dan radiotangra

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 20, 2018.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: