Kalian Introvert, Ekstrovert, Atau Ambivert?

Omong-omong tentang kepribadian, dulu aku ingat waktu kuliah diminta mengisi kuis kemudian dari situ bisa ditentukan apakah aku jenis introvert,ekstrovert, atau kombinasi keduanya, yakni ambivert. Bemarkah seorang introvert tidak bisa berada di tempat keramaian, dan sebaliknya?

Aku mendengar istilah dua jenis kepribadian ini ketika mendengar Six Minutes English BBC edisi lawas yang kemarin kudengarkan. Ada berbagai teori kepribadian. Yang terkenal adalah psikiater Swiss, Carl Jung, yang membahas kepribadian tertutup (introvert) dan kepribadian terbuka (ekstrovert).

Sebuah hal yang salah jika suatu institusi menganggap kepribadian satu lebih unggul daripada yang lain. Justru apabila seorang pimpinan tahu jenis kepribadian karyawannya maka ia bisa menempatkannya dengan tepat seperti pepatah the right man in the right place.

Kedua kepribadian itu sebenarnya sama. Mereka juga bisa berada di tempat keramaian dan juga bisa merenung di tempar seperti perpustakaan. Hanya pemikiran dan kebiasaan serta sumber energi mereka berbeda.

Bagi kaum ekstrovert, menghabiskan akhir pekan di rumah dengan segudang buku tentu bukanlah hal yang menarik. Mereka lebih suka hang out bersama kawan-kawannya atau ke tempat keramaian. Sedangkan bagi introvert, saat-saat sendiri di tempat yang sepi membuat mereka dapat men-charge energi mereka. Sudah setiap hari mereka di kantor, berhadapan dengan banyak orang,kini waktunya mereka menarik diri dari keramaian untuk mendapatkan energi baru dan mengevaluasi diri.

Kaum ekstrovert suka berbicara dan mengemukakan gagasannya. Mereka juga pandai bergaul dan beradaptasi Ini yang menyebabkan mereka cepat menonjol di kantor. Kaum introvert juga sebenarnya bisa bersikap demikian, tapi energi untuk itu dirasa besar. Akan lebih nyaman jika mereka diberikan waktu untuk berpikir sebelum mengemukakan gagasannya. Memang gagasan mereka bisa jadi keluar lebih lama tapi telah melewati sejumlah perenungan dan dipikir masak-masak.

Kaum introvert dikenal memiliki kelebihan sebagai pemikir, reflektif, suka merenung dan mengevaluasi diri, dan menikmati kesendirian. Mereka perlu waktu untuk berpendapat selama perang opini masih ada di benak mereka. Introvert juga bisa bekerja dalam kelompok, namun kelompok kecil.

Dari acara BBC tersebut, agar seorang introvert bisa mudah dan lebih cepat mengemukakan gagasannya maka ia bisa berpartner dengan kaum ekstrovert. Dua jenis kepribadian ini jika menjadi partner akan dapat menonjolkan keunggulan dan saling menutupi kekurangannya. Kaum ekstrovert akan membantu kaum introvert menggali ide da mengungkapkannya. Sedangkan kaum introvert akan membantu memeram gagasan tersebut dan menganalisanya sebelum keluar dari mulutnya. Tapi jangan terlalu dipaksa agar gagasan tersebut segera muncul karena hasilnya bisa prematur.

Tips agar kedua kelompok ini bisa bersama yaitu thinking, pairing, dan sharing bagi introvert dan jangan mengintimidasi bagi kaum ekstrovert.

Kaum ambivert sendiri berada di antara keduanya. Mereka bisa menikmati keramaian dan nyaman-nyaman saja berada di dalam rumah seharian.

Kayaknya aku introvert atau sedikit ambivert. Kalau Kalian?

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 7, 2018.

12 Tanggapan to “Kalian Introvert, Ekstrovert, Atau Ambivert?”

  1. Aku ambivert

  2. Hai..
    Kenalkan, aku extrovert..

  3. Sepertinya lebih ke ambivert, ada waktu di mana pengen seseruan sama temen2 tapi ada saatnya saya bisa sampai turn off koneksi internet, baca grup WA juga nggak mau, cuma mau sms/telpan dengan keluarga aja

  4. Wah, klau gitu aku ambivert aj deh, hee…

  5. Kalau saya sepertinya introvert kepribadian asli ku suka menyendiri, tapi akhir-akhir ini saya mulai mencoba untuk lebih membuka diri bergaul dengan teman.

    Entah masih sebagai introvert atau sudah menjadi ambivert. Saya kirang paham asal jangan ambeyen saja hahahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: