Abu-abu

Di antara hitam dan putih ada abu-abu. Antara abu-abu dan hitam juga ada warna abu-abu kehitaman. Ada seseorang yang tidak selalu baik tapi juga tidak bisa dibilang jahat. Ya ada sesuatu di tengah-tengah.

Aku pernah menyukai seseorang. Ia kelihatan baik dan cerdas. Tapi ketika semakin dekat aku menyadari ia memiliki sisi negatif. Ia mudah marah jika sesuatu tak seperti yang dimauinya. Ia membuatku sedih dan marah sekaligus. Tapi aku tak pernah benar-benar marah kepadanya. Aku juga tak membencinya sepenuhnya. Sosoknya ada di tengah-tengah. Ia baik dan buruk, aku mengaguminya, tetapi juga tak ingin dekat-dekat kepadanya.

Di dunia ini ada banyak sosok yang serupa, sosok abu-abu. Mungkin ia dikenal begitu jahat dan bengis, tapi bisa jadi di lingkungannya ia dikenal sosok pemberani dan pembela kaumnya.

Tokoh abu-abu menurutku Dracula yang berasal dari sebuah kisah pangeran yang berjuang di medan perang salib. Ia begitu sadis kepada musuhnya, tapi ia dianggap pahlawan bagi kaumnya. Lainnya adalah Sangkuni. Aku tak menyukai karakter ini. Ia penyulut kejadian hingga berujung ke Baratayuda. Akan tetapi dari sudut cerita yang lain ia dianggap pahlawan bagi negeri asalnya, Gandara. Ia melakukan hal tersebut karena dendam dan cintanya pada negerinya.

Ketika dewasa aku baru menyadari dunia tak hitam dan tak putih. Batasan baik dan buruk tak jelas. Oleh karenanya aku belajar untuk tak benar-benar membenci seseorang atau terlalu memuja-muja sosok lainnya. Sama seperti mereka, aku juga merasa warnaku abu-abu yang ingin warna putihnya lebih dominan.

Gambar:pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 6, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: