Frasa Apik dari “The Little Prince”

Sekitar 17 tahun silam kakak membawa pulang sebuah novel tipis berjudul “The Little Prince”. Wah kayaknya buku anak, pikirku. Rupanya setelah beberapa lembar kubaca, buku ini bukan buku anak biasa. Malah lebih pas dibaca kaum dewasa. Ada beberapa quote alias frasa menarik yang kubaca di sini.

Si pangeran kecil itu adalah anak laki-laki mirip dengan anak laki-laki dari bumi. Ia sendirian berpetualang ke bumi, sebelum hendak kembali ke planetnya. Ke planetnya? Ya, ia adalah alien. Ia tinggal sendirian dalam planetnya yang mungil. Suatu ketika ia melakukan perjalanan ke planet-planet di sekitarnya hingga kemudian ia tiba di bumi. Ia bertemu ular, rubah, dan kemudian manusia.

Ia lalu berceritanya banyak hal. Ia berdialog dengan para makhluk yang ditemuinya termasuk kepada ular dan rubah. Ternyata ada hal-hal yang kadang-kadang sulit dipahaminya, termasuk juga oleh kawan barunya. Tentang kaum dewasa, misalnya. Ia tak paham kenapa setiap orang dewasa menganggap uang itu penting dan merasa hampir segalanya bisa dibeli dengan uang.

Ada yang tak bisa dibeli dengan uang. Apakah itu? Pertemanan. Teman-teman baru muncul, datang dan pergi. Tapi kawan sejati akan selalu hadir saat diperlukan. Semakin bertambah usia biasanya jumlah kawannya akan semakin berkurang

“…they buy ready-made things in the shops. But since there are no shops where you can buy friends, men no longer have any friends…”

Ada banyak dialog yang ia lakukan. Pembicaraan itu kemudian mengarah ke indera penglihatan. Apakah mata begitu luar biasa sehingga bisa melihat semuanya? Tapi rupanya kadang-kadang mata tak mampu melakukan pekerjaannya dengan sempurna. Ada hal-hal tertentu yang tak mampu dilihat oleh mata, melainkan oleh hati. Ketulusan, cinta, dan kejujuran, misalnya.

“It is only with the heart that one can see rightly; what is essential is invisible to the eye.”

Katakan padaku kenapa keberadaan bintang itu penting? Apakah yang dimaksud bintang itu adalah benda berkilauan di langit atau hanya metafora?

Kaum dewasa suka berandai-andai. Ia juga suka membuat sesuatu menjadi sebuah metafora. Bintang bisa bermakna benda langit dan jika bisa berarti petunjuk, bergantung pada konteks pembicaraannya. Setiap orang punya masing-masing bintang. Bintangku dan dirimu bisa jadi berbeda.

People have stars, but they aren’t the same. For travelers, the stars are guides. For other people, they’re nothing but tiny lights. And for still others, for scholars, they’re problems. For my businessman, they were gold. But all those stars are silent stars. You, though, you’ll have stars like nobody else.

Apakah dengan memiliki bintang itu ia akan mencapai tujuannya, memprroleh sesuatu, dan bahagia? Hemmm kebahagiaan dan memperoleh sesuatu itu sesuatu yang berbeda. Memgumpulkan banyak uang tak lantas membuat seseorang berbahagia.

Happiness doesn’t lie in the objects we gather around us. To find it, all we need to do is open our eyes.”

Masih banyak frasa menarik lainnya dari buku karangan Antione de Saint-Exupery. Aku telah membacanya berulang kali. Oh ya frasa dalam bahasa Inggris ini kudapatkan dari Goodreads.

Gambar dari piffe

~ oleh dewipuspasari pada Juli 29, 2019.

9 Tanggapan to “Frasa Apik dari “The Little Prince””

  1. lagi-lagi tulisan yang aku bisa ikuti..
    le petit prince, favorit banget memang.. aku dulu baca buku ini lama sekali karena berkali kali nggak nyambung dan nggak dapet makna, tapi 2 tahun lalu aku baca lagi pelan-pelan dan makna yang aku cari-cari itu datang sendiri..

    keep up kak.. 🙂

  2. Aku baru banget beli bukunya dengan versi bahasa Sunda dikombinasi dengan aksara Sunda juga, huhu, tampilannya jadi unik dan keren banget.

    Tulisan yg menarik, Mbak!

  3. Wah, buku kesukaanku nih. Aku baru baca ini akhir tahun lalu, dan suka banget! Aku juga suka kutipan “It is only with the heart that one can see rightly; what is essential is invisible to the eye.” ini hehehe😹

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: