Mobile Apps dan Distraksi

Kata mereka aplikasi di ponsel pintar itu bakal membantu pekerjaan. Namun, yang terjadi kadang-kadang mereka bikin terdistraksi. Apalagi jika sedikit-sedikit melakukan notifikasi. Bukannya terbantu malah jadi mengganggu. Oh apakah aku harus meng-uninstall aplikasi tersebut?

Coba cek berapa banyak aplikasi di ponsel pintarmu. Berapa banyak aplikasi percakapan yang kamu gunakan? Berapa yang Kamu gunakan untuk mobilitas? Belum lagi aplikasi dompet digital, aplikasi perbankan, hiburan, dan masih banyak lagi.

Aku bertanya-tanya kenapa saat ini jadi mudah terdistraksi. Apakah memang rentang konsentrasi manusia sekarang semakin menurun? Bisa jadi.

Tak ingin mudah terdistrasi maka aku kemudian mengatur aplikasi agar mereka tak seenaknya melakukan notifikasi. Aku tak sesibuk itu dan seperlu itu dengan info-info itu. Sebagian aplikasi kunonaktifkan. Hanya ada dua aplikasi percakapan dan satu buah aplikasi media sosial yang kubiarkan untuk tetap menyala. Eh lainnya masih banyak 12 aplikasi lainnya yang aktif dan jarang kumatikan. Oh apakah aku sebenarnya perlu? Atau hanya malas log out?

Kini aku juga merampingkan grup WA. Aku keluar dari beberapa grup yang hanya becandaan dan suka mem-forward pesan. Entah namanya grup alumni A atau B, dan C kalau isinya hanya candaan tak penting rasanya hanya bikin hape hang. Bersih-bersih lebih enak. Kalau mereka merasa ada info penting banget, bisa langsung menghubungiku.

Banyaknya aplikasi dan notifikasi ini bikin pemilik ponsel mudah terdistraksi. Mau mengerjakan tugas kantor, eh ada kawan nanya-nya tentang sesuatu yang sebenarnya tak harus dijawab segera. Ketika buka aplikasi ini entah kenapa tiba-tiba ingin membuka aplikasi B,C, dan D. Wah kapan kelarnya pekerjaan?

Ya, aku harus lebih fokus agar tak mudah mengikuti keinginan membuka aplikasi ini itu. Aplikasi tersebut sebaiknya membantu dan tak jadi pengganggu.

Gambar: pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 15, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: