Akhir Pekan Ini ke Pekanbaru Yuk, Banyak Wisata Apik dan Gratis

Meskipun tak menduduki peringkat pertama, Pekanbaru termasuk dalam salah satu kota dengan biaya hidup yang relatif tinggi di Indonesia. Hmm, apakah itu berarti jalan-jalan ke Kota Bertuah juga membutuhkan ongkos yang besar?

Ternyata tidak. Nyatanya, Kalian juga bisa mengeksplorasi kota ini dengan pengeluaran yang tak membengkak. Toh ada banyak tempat wisata seru dan ikonik di Pekanbaru yang dapat Kalian kunjungi tanpa mengeluarkan biaya tiket masuk. Apa saja itu, yuk simak info berikut ini.

1. Masjid Raya An-Nur
Apabila Kalian belum sempat ke India dan mengunjungi Taj Mahal, cari saja tiket penerbangan ke Pekanbaru. Dari bandara, Kalian bisa bertolak ke Masjid Raya An-Nur yang juga merupakan masjid terbesar sekaligus tertua di Pekanbaru.

Bentuk kubah dan menara yang dimiliki oleh Masjid Raya An-Nur terlihat tidak jauh berbeda dengan kubah dan menara yang ada di Taj Mahal. Namun, tingkat kemiripan keduanya jadi lebih tinggi dengan keberadaan kolam memanjang yang berada di depan pintu utama masjid.

Tempat peribadatan kaum muslim yang dapat menampung 4.500 orang jemaah ini memiliki luas mencapai 12 hektar. Adapun arsitektur yang diadopsi merupakan campuran dari gaya Melayu, India, Arab, dan Turki. Cantik!

Masjid Raya An-Nur ini beralamat di jalan Hangtuah, Sumahilang, Pekanbaru. Sumber gambar dari Okezone

2. Perpustakaan Soeman HS
Sekalipun Kalian tidak gemar membaca buku, Perpustakaan HS Soeman sebaiknya tetap berada di dalam daftar tujuan pelesiranmu saat berkunjung ke Pekanbaru. Perpustakaan ini jauh dari kata ‘membosankan’. Bangunan perpustakaan yang satu ini justru sangat eye catching dan membuatmu betah untuk memotret!

Dari luar, terlihat bentuk Perpustakaan Soeman HS menyerupai buku yang terbuka. Konstruksi ini pun membuatnya jadi amat mudah ditemukan lantaran berbeda dari bangunan lain di sekitarnya.

Bagian dalam perpustakaan pun cukup modern dengan permainan kaca. Untuk mengisi waktu, kamu bisa menikmati koleksi buku di sini yang cukup lengkap, mulai dari sains hingga fiksi. Bila ingin beristirahat sejenak, mampir saja ke kafe yang berada di bagian bawah perpustakaan.

Tertarik ke perpustakaan? Berikut alamatnya, jalan Jenderal Sudirman No. 462, Sukajadi, Pekanbaru. Sumber gambar: riauberbagi.blogspot.com

3. Universitas Riau
Bila ingin mencari suasana hutan yang teduh, kamu bisa berkunjung ke arboretum Universitas Riau. Hutan ini satu dari sedikit hutan sekunder yang masih ada di Pekanbaru ini. Isinya tak hanya terdiri dari berbagai macam flora, tetapi juga satwa seperti monyet. Lokasi arboretum ini sendiri berada di antara Gedung Rektorat, Gedung Gasing, dan Fakultas Pertanian.

Di sini, kamu juga akan menemui sebuah danau buatan yang juga dijadikan sebagai salah satu tempat nongkrong favorit mahasiswa Universitas Riau. Paduan hutan dan danau, dapat kamu bayangkan seperti apa asri dan cantiknya tempat ini, kan?

Universitas Riau juga menjadi salah satu tempat yang pas bila Kalian ingin berburu foto apik selagi di Pekanbaru. Perguruan tinggi ini juga mempunyai beberapa spot keren dan ikonik seperti kebun buah, jembatan kupu-kupu, jembatan merah, dan lain-lain. Alamat hutan ini ada di jalan H.R. Subrantas, Simpang Baru, Pekanbaru

Selain tiga tempat ini, kamu juga bisa kok menemukan banyak tempat wisata lainya yang ikonik dan murah. Sebut saja Museum Sang Nila Utama, Warung Kopi Tim Teng, Wisata Alam Mayang, sampai wisata kuliner di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman saat malam hari.

Karena niatnya wisata hemat, pastikan kamu juga cermat dalam mencari hotel di Pekanbaru. Tenang saja, Airy Rooms banyak tersedia di lokasi strategis ibukota Provinsi Riau ini, kok. Dengan bujet terjangkau, kamu tetap mendapatkan jaminan kenyamanan di tiap kamar setiap harinya.

Selain booking hotel, kamu juga bisa mencari tiket pesawat murah melalui Airy. Baik via aplikasi maupun situs web, dapatkan kesempatan mendapat tiket promo terbaik menuju Pekanbaru dari bandara terdekat.

Selamat berlibur!

Sumber gambar lainnnya: airyrooms dan IDN Times

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 4, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: