Hari Minggu, Langit Mendung, dan Ikan Kukus

Kudengar suara meong-meong lembut dari kucing bernama Kidut. Semalam kucing-kucing, Kidut dan Kecil kubiarkan di dalam rumah. Mereka membangunkanku dari mimpi. Selamat hari Minggu kata Kidut.

Hari Minggu enaknya bermalasan. Aku ingin hanya bertelekan di kasur lalu menulis ringan sebelum nanti malam aku berniat untuk serius menyelesaikan makalahku. Kulihat langit dari jendela, nampak mendung. Apakah ini benar-benar mendung atau malah sekedar polusi yang makin memburuk?

Sepertinya ini mendung betulan. Hawa udara agak menurun. Kemarin mencapai 30 derajat lebih, sekitar 35-37 derajat. Dan kini nampaknya di kisaran 30-an. Agak mendingan dibandingkan hawa selama dua minggu terakhir ini.

Hari Minggu dan mendung. Asyiknya kembali tidur di kasur. Baca-baca buku atau sekalian tidur. Tapi tubuhku mengeluh.

Ia lapar.

Aku belum mengganti tabung gas. Rasa malas menjalar. Akhirnya aku memasak ikan kukus dengan rice cooker. Ikan bandeng kubersihkan, kutaburi sedikit garam lalu kutaruh potongan bawang merah, bawah putih dan cabai merah. Kutaruh di atas kukusan dan kubiarkan sekitar setengah jaman.

Harum ikan sudah menguar ke ruangan. Potongan dagingnya yang lembut nampak berwarna putih. Di sekelilingnya adalah air kaldu ikan tersebut yang telah bercampur bumbu dari kedua jenis bawang dan cabai. Kuhirup kaldu tersebut. Segar…

Hari Minggu, cuaca mendung dan makan ikan kukus. Tak terlalu buruk. Si Mungil nampak terbujuk. Hidungnya membauiku. Ia pun merajuk.

Hari Minggu dan cuaca mendung. Si Mungil, Kecil, dan Kidut ikut sarapan ikan kukus.

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 27, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: