Awal Bulan Waktunya Cari Promo dan Bayar Tagihan

Senangnya jadi karyawan itu ketika mendapatkan gajihan. Eh sebenarnya ada lagi sih, yaitu jika punya lingkungan kerja yang menyenangkan dan banyak ilmu baru bermanfaat. Nah biasanya pada awal bulan ada saja tagihan yang harus dibayar juga keinginan untuk membeli atau mewujudkan sesuatu.

Aku biasanya pada akhir bulan melakukan evaluasi keuangan. Apa saja sih pengeluaranku selama sebulan. Kadang-kadang memang ada kebocoran gara-gara aku sedang malas dan memang sengaja ingin memanjakan diri.

Poin-poin kemalasan ini kadang-kadang membuatku menyesal. Gara-gara aku malas memasak aku jadi boros berbelanja makanan di luar. Memang sih ada promo makanan (dan ini sungguh luar biasa menggoda) tapi kalau dihitung-hitung juga tidak murah amat. Masih lebih hemat memasak sendiri. Poin makan di luar sebaiknya aku kurangi, kecuali jika aku benar-benar lelah memasak dan tidak sempat, atau memang ingin melakukan jelajah rasa.

Poin yang besar lainnya yaitu soal transportasi. Kayaknya aku harus benar-benar serius untuk berani menggunakan motor. Jika tidak berani kayaknya aku terpaksa naik angkot lagi. Pasalnya tarif ojek daring semakin luar biasa mahal dan mencekik. Jika tidak ada promo wah tarifnya sungguh mahal. Poin ini masih membuat dilema karena perbandingan waktu menggunakan ojek vs angkot bisa 1:3 karena pada pagi dan sore hari jalanan macet dan angkot masih tidak ada perubahan. Angkot masih suka ngetem, jalannya kadang-kadang kayak keong dan sopirnya merokok.

Tagihan ini ada beragam. Tagihan listrik, arisan RT, arisan kantor, bayar keanggotaan koperasi, biaya sampah dan kas RT, juga masih banyak lagi lainnya. Kadang-kadang aku menunggu ada promo cashback untuk membayar listrik. Lumayan menghemat.

Jangan lupa juga untuk menabung. Selama ini ada beberapa wadah untuk menabung dan berinvestasi. Biasanya kupilah-pilah sekian persen untuk reksadana, emas, dan kantung lainnya.

Dari peristiwa meninggalnya kucing Kidut aku dapat pelajaran untuk menjaga kesehatan kucingku lebih baik. Kucing-kucing akan kuvaksin lengkap secara bergiliran. Si Nero juga akan kusterilkan biar tidak terus-terusan berkelahi. Nah ini poin pengeluaran yang besar.

Gambar: pixabay dan dokpri

~ oleh dewipuspasari pada Desember 2, 2019.

2 Tanggapan to “Awal Bulan Waktunya Cari Promo dan Bayar Tagihan”

  1. hemmm judulnya tagihan, jadi keinget tagihan kos belum kebayar wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: