Glass Onion: A Knives Out Mystery yang Komikal

Glass Onion: A Knives Out Mystery

Genius always looks like insanity at first.” – Lionel Toussaint

Ada banyak film tentang si jenius gila, begitu pula dengan film-film tentang misteri pembunuhan di pulau terpencil. Lantas apa yang membuat sekuel Knives Out,
Glass Onion: A Knives Out Mystery ini masih menarik disaksikan?

Film perdana Knives Out memang bagus. Hal ini yang mendorong pecinta film untuk menyaksikan film berikutnya. Seperti film pertamanya, ada unsur misteri, plot twist, dan sosok detektif yang eksentrik, Benoit Blanc (Daniel Craig). Sutradaranya juga masih sama,  Ryan Johnson. 

Ceritanya berpusat pada sosok miliuner yang juga jenius bernama Miles Bron (Edward Norton). CEO Alpha ini mengundang empat sahabatnya lewat undangan berupa peti dengan petunjuk-petunjuk. Keempatnya adalah ilmuwan Lionel Toussaint (Leslie Odon), Gubernur Connecticut Claire Debella (Kathryn Hahn), desainer Birdie Jay (Kate Hudson), dan streamer Duke Cody (Dave Bautista). Bersama mereka juga muncul Andi Brand, cofounder Alpha, asisten Birdie, dan kekasih Duke. Juga tentunya Benoit Blanc.

Miles mengajak teman-temannya memecahkan misteri pembunuhan. Ia yang akan berpura-pura menjadi korban. Namun kemudian konflik memuncak ketika ada yang meninggal di antara mereka dan itu bukan permainan.

Seperti Lapisan Bawang
Dalam adegan makan malam, Miles memamerkan koleksi benda seninya. Salah satunya adalah lukisan Monalisa yang asli. Ia bercerita lukisan ini disukainya karena banyak mengandung lapisan. Ekspresi Monalisa konon kerap berubah-ubah karena kaya akan lapisan.

Begitu juga dengan misteri yang ingin ditawarkan ke teman-temannya. Ada banyak petunjuk berlapis seperti bawang.

Ada beberapa hal dalam film ini yang merujuk ke kaca dan bawang merah. Juga ada twist yang membuat jalan ceritanya seperti berlapis-lapis.

Omong-omong Glass Onion juga merupakan judul lagu dari salah satu tembang Beatles. Disebutkan si sutradara menyukai band asal Inggris tersebut. 

Glass Onion: A Knives Out Mystery
Dari segi nuansa, unsur komedi komikalnya lebih kental dibandingkan unsur misteri thriller-nya. Sosok Benoit di sini terasa komikal dan konyol, agak berbeda dengan sosoknya di film pertamanya. Demikian juga dengan beberapa tokoh lainnya seperti Duke.

Duke di sini mencuri perhatian. Apalagi dialog dan interaksinya bersama ibunya yang pintar memecahkan teka-teki. Sebenarnya akan lebih menarik jika ia mengajak ibunya daripada kekasihnya di pesta Miles. 

Dialog-dialog di film ini banyak yang satir dan merujuk ke tokoh-tokoh film seperti Jared Leto, Beyonce, Serena Williams, dan Jeremy Renner. Juga ada kemunculan Ethan Hawke. 

Glass Onion: A Knives Out Mystery
Dari segi cerita dan misteri, sayangnya film ini kurang wah. Masih banyak film misteri 2022 yang lebih menarik seperti film Hercule Poirot, Death on the Nile dan film The Menu. Namun dari jajaran pemain, akting, musik skoring, dan lainnya tetap apik sehingga film berdurasi dua jam lebih ini masih asyik  untuk dinikmati. Skor: 7/10.

Gambar dari IMDb

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 25, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: