Serasa Kikan vs Serasa Jelly

jelly2

Lagu bertajuk Serasa yang diluncurkan Kikan, eks vokalis cokelat, beberapa waktu lalu, bukan lagu baru, melainkan lagu yang pernah dipopulerkan oleh Jelly, band asal Surabaya. Dua-duanya asyik didengarkan, tapi mana yang lebih ‘nendang’ di telinga?
Lagu Serasa mengisahkan tentang patah hati dalam sudut pandang orang pertama. Si tokoh ingin menyudahi kisah cintanya karena merasa cintanya tidak berbalas. Ia merasa hidupnya akan semakin tenggelam jika ia terus menurutkan perasaannya.

Simak baris chorus-nya:
Serasa ku takkan bernyawa bila di sisimu bila disampingmu
Seakan dunia kan hilang bersama dirimu temani diriku

Intro dan Bait-bait Awal
Dari segi intro, “Serasa” milik Kikan lebih halus, sedangkan ala Jelly-nya Wahyu Sudiro lebih to the point. Pada bait-bait awal, nampak nada kemarahan pada Serasa ala Jelly, sementara pada Kikan lebih bernuansa kesedihan dan kekecewaan dibandingkan kemarahan.

Chorus dan Klimaks
Entah kenapa saya merasa Kikan kurang menikmati ketika menyanyikan lagu ini. Ada nuansa ‘terburu-buru’ ketika ia mengeksekusi lagu ini, terutama pada bagian chorus. Bagian klimaks lagu juga seakan kering, sehingga kurang meninggalkan kesan. Untunglah pamungkasnya cukup baik, dengan musik yang lebih soft. Tapi tetap saja secara keseluruhan kurang meninggalkan kesan. Selesai lagu ya begitu saja, kurang meninggalkan jejak di kuping.

jelly
Untuk bagian ini saya lebih mengunggulkan Jelly. Dinamika lagunya nampak, begitu juga bagian klimaksnya. Bagian outronya yang dibuat secara fade out juga apik. Meski suara vokalis termasuk standar untuk genre pop rock, tapi saya dapat merasakan energi dan nuansa ‘kemarahan’-nya. Video klipnya juga dibuat cukup bagus, mempertegas nuansa yang ingin ditonjolkan oleh band ini. Secara keseluruhan lagu ini cukup berkesan, sehingga saya tetap ingat lagu ini sejak lagunya diluncurkan tahun 2004. Good job Jelly!

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 15, 2013.

4 Tanggapan to “Serasa Kikan vs Serasa Jelly”

  1. bagusan jelly yang bawain

  2. Reviewnya bagus Pus. Jadi bisa mbayangin kalo pas lagi dengerin. Hihihi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: