Resensi Buku: Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1000 Dolar, Benarkah?

keliling eropa

Saya selalu suka membaca buku beraroma travelling karena memberikan motivasi untuk rajin menabung dan bermimpi agar suatu saat bisa ke negara atau tempat wisata tersebut. Selain itu, buku travelling umumnya memberikan wawasan budaya tentang negara tujuan tersebut. Dan inilah ekspektasi saya ketika membeli buku karya Marina Silvia ini. Menabung 1000 Dolar dan berkeliling ke 13 negara di Eropa.

Marina mengawali kisahnya dengan memberikan 13 alasan untuk bepergian keliling Eropa. Motivasi Marina mulai dari hal itu menyenangkan, merupakan pengalaman seumur hidup, dan sebagainya. Ia lanjutkan bahasannya dengan memerinci 13 langkah bepergian. Apa saja? Mulai dari menyusun rencana perjalanan dengan mencatat daftar negara yang akan dikunjungi, mempelajari peta untuk mempermudah menyusun rencana berkeliling, dan menentukan waktu perjalanan. Kemudian dilanjutkan dengan mencari kenalan di sana, sebagai guide atau sebagai host di sana sehingga menghemat uang saku. Dan tentunya yang tak kalah penting adalah menyiapkan dana. Masih ada 10 langkah perjalanan lainnya yang Anda bisa baca lebih detail di buku ini.

Setelah semuanya beres, mulailah agenda perjalanan Marina dimulai. Diawali dari Jerman, di kota Frankfurt, kemudian ia memilih terbang ke Moskow, Rusia, dan dilanjutkan ke Eropa Utara alias negara Skandinavia seperti Finlandia, Norwegia, dan Denmark. Marina kemudian melanjutkan perjalanannya menuju Belgia, Luxemburg, Prancis, Spanyol, Italia, Austria, Ceko, dan kembali ke Jerman. Ya, ia memberikan saran agar perjalanan tersebut membentuk loop, agar mendapatkan tiket pesawat PP hemat dari Frankfurt, Jerman.

Dalam setiap perjalanannya, Marina membocorkan kisaran uang yang dihabiskan juga dialog yang ia lakukan bersama para host dan kenalannya di sana, baik tentang kehidupan sehari-hari, ekonomi, budaya, hingga hal yang sensitif berupa agama. Bahkan ia sempat bekerja part time di restoran cepat saji meskipun termasuk ilegal.

Jika Anda mengira 1000 dolar itu adalah biaya keseluruhan, Anda salah besar. Memang tidak banyak buku travelling yang secara jujur memberikan kisaran biaya riil kepada pembaca di bagian judulnya. Lebih sering mereka menyebutkan 2 juta, 3 juta, padahal masih banyak biaya di luar itu. Itu yang kadang membuat saya jengkel. Mungkin dari pihak penerbitnya, buku akan lebih laris jika biayanya disebutkan lebih rendah. Tapi apakah tidak menipu ya?

Biaya 1000 dolar itu belum termasuk tiket pesawat PP, biaya pembuatan visa, dan asuransi perjalanan. Dan biaya 1000 dolar bukan berarti Anda bisa tidur di losmen atau penginapan model asrama. Karena di buku ini, Marina memanfaatkan jasa jaringan pertemanan seperti hospitality club atau couchsurfing. Dimana kita bisa menjadi host ataupun tamu dengan sebelumnya mendaftar di homepage jaringan pertemanan tersebut. Ya, dengan mencari host tentunya biaya makan dan biaya menginap bisa dipangkas, sehingga bisa berfokus untuk biaya transportasi dan camilan.

Buku ini sebenarnya menarik, dengan banyaknya foto dan tatanan layout yang menarik. Tapi dialog dalam bentuk jurnalnya kadang membosankan dan tidak terlalu detil menyebutkan kekhasan suatu daerah, tempat wisata, dan cara menuju tempat wisata tersebut. Buku ini lebih menitikberatkan pada masing-masing host, dialog dengan mereka, dan juga dokumentasi foto-foto.

 

Detail Buku:

Judul     : Keliling Eropa 6 Bulan Hanya 1.000 Dolar

Penulis: Marina Silvia K.

Penerbit: Gramedia Pustaka Utama

Rating : 7/10

~ oleh dewipuspasari pada Juli 4, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: