Komik Sisipan Bobo: Kisah Puteri Palsu

komik sisipan bobo-kisah putri palsu

Sebuah kerajaan kecil antah berantah mengalami kudeta. Raja dibunuh para pemberontak. Permaisuri yang sedih merasa tak berdaya mendengar kematian suaminya. Ia menyerahkan bayinya, Rosalie, ke pelayan istana agar disembunyikan, sementara ia memilih menghadapi kaum pemberontak. Bayi itu diasuh oleh Ruth yang tinggal berdua dengan anaknya, Kiki di desa. Ia mengasuh Rosalie seperti anaknya sehingga tidak ada yang curiga jika Rosalie sebenarnya putri raja. Belasan tahun kemudian, kepemimpinan pemberontak tumbang. Ibu suri kembali ke Ruth meminta Rosalie. Ruth yang ketakutan kemudian menyerahkan Kiki, suatu putusan yang disesalinya.

putri palsu2

Kiki heran mengapa ibunya tega meninggalkannya. Ia tidak tahu jika ibu suri meminta ibunya pergi meninggalkan negeri dengan memberinya sejumlah uang. Ia tak diperkenankan tinggal di negeri tersebut karena takut Kiki selalu teringat ke ibu angkatnya. Dan Kiki sedih ketika mengetahui ibunya membawa sejumlah uang dan berkata jika ia mengasuh Kiki hanya karena tergiur oleh uang.

Kiki tidak tahu jika ibu yang disebut ibu angkat oleh ibu suri adalah ibu kandungnya. Ibunya terpaksa menyembunyikan fakta tersebut ke Kiki dan ibu suri karena takut nyawa Kiki dan dirinya akan terancam jika mengetahui puteri sesungguhnya, Rosalie, telah meninggal karena wabah pes yang merajela di desa. Sejak kecil tubuh Rosalie lemah sehingga tubuhnya tak berhasil menghadapi ancaman pes.

putri palsu3

Kiki tidak suka menjadi ratu. Sikapnya sulit dikendalikan. Ia hanya ingin kembali dan hidup bersama ibunya, meskipun mereka miskin. Hingga ia menyadari ada banyak kemiskinan di negerinya yang bisa memicu terjadinya pemberontakan. Hanya jika ia menjadi ratu maka ia bisa menurunkan pajak dan mengobati derita rakyat negerinya.

Tapi suatu saat Kiki tahu rahasia ibunya dan sadar ia adalah ratu palsu. Bagaimana nasib kerajaannya dan bagaimana jika rahasianya diketahui keluarga istana dan rakyatnya?

Kisah Puteri Palsu ini sedikit mengingatkan saya akan Princess Diaries,tentang gadis yang tiba-tiba ditemui neneknya dan disebut puteri bakal calon ratu. Juga tentang kesulitannya menyesuaikan diri dengan tata krama dan pergaulan tingkat tinggi. Tapi persoalan Kiki di sini jauh lebih kompleks.

Ia menghadapi berbagai dilema, antara pemberontakan, nasib ibu angkatnya, dan masa depan negerinya.Ia tetap Kiki yang dulu dan tidak bisa berubah menjadi Rosalie. Namun, ia rela menanggalkan kebiasaan buruknya demi masa depan negerinya dengan menjadi Rosalie yang anggun dan memiliki tata krama.

Ibu kandung Kiki, Ruth, adalah ibu yang penuh pengorbanan. Demi masa depan Kiki dan nyawa Kiki, ia rela meninggalkan negeri dan membiarkan reputasinya sebagai wanita pengasuh bayaran tertanam di benak Kiki. Namun saat pemberontak mengancam nyawa Kiki, ia mempertarukan nyawanya dengan menyamar dan bekerja sebagai petugas kebersihan istana agar bisa dekat dan melindungi puterinya.

Komik yang menarik ini bisa pembaca simak di komik nostalgia Bobo. Hehehe sudah empat komik yang saya baca dan saya ketagihan karena komik-komik ini adalah komik kesayangan saya saat masa kanak-kanak. Saya selalu tak lupa membacanya jika ayah membelikan saya majalah Bobo saat masih duduk di bangku sekolah dasar.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 18, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: