Review Byousoku Go Senchimetoru: Jeratan Masa Lampau

5cm-2

Anime Byousoku Go Senchimetoru (5 cm per second) memang bukan film baru, tapi saya sangat terkesan akan kisahnya. Genrenya adalah romansa sepasang manusia yang digambarkan menjalin hubungan sejak kanak-kanak dan kemudian terpisah sekian kilometer. Temanya mungkin biasa namun gaya bertutur dalam anime ini yang tidak biasa. Ending-nya juga meruntuhkan tatanan cerita yang sudah saya prediksikan. Dan yang paling membuat anime ini sangat berkesan adalah sesi terakhir dalam kisah ini, Sebuah kilasan balik tiap tokoh utama dengan iringan lagu yang mengharu biru. Salah satu anime romansa terbaik yang pernah saya tonton.

Kisah ini dibagi dalam tiga bagian, kisah Takaki Thono dan Akari Shinohara saat kanak-kanak hingga remaja, saat Takaki duduk di bangku SMA, dan ketika keduanya telah dewasa. Ketiga cerita tersebut membentuk rangkaian cerita yang saling berkaitan.

Pada bagian pertama, The Chosen Cherry Blossom, diceritakan Takaki Tono dan Akari bersahabat sejak duduk di bangku SD. Mereka sama-sama suka membaca di perpustakaan dan kurang suka bermain di luar. Kedekatan mereka membuat teman-temannya menggodanya bahwa mereka pasangan kekasih. Saat kelulusan sekolah, keduanya berjalan bersama. Saat mereka berjalan sebuah kereta melintas sehingga mereka berada pada posisi berseberangan.

5cm-1

Kemudian mereka menemukan sebuah cherry (sakura) tengah berjatuhan. Akari menikmati hujan kelopak sakura tersebut dan berkata bahwa kecepatan sakura meluncur 5 centimeter per detiknya.

Akari kemudian dengan sedih bercerita jika ia akan pindah ke kota Tochigi. Ibunya tidak memperkenankannya tinggal bersama bibinya. Mereka akan berpisah. Berita perpisahan ini sangat menyesakkan hati Takaki. Ia menangis kehilangan sahabatnya. Namun, kepindahan Akari tak bisa dicegahnya.

Mereka rajin menulis surat (masa itu belum ada email ataupun sms) hingga satu saat ketika Takaki dan keluarganya akan pindah ke kota Kagoshima, mereka memutuskan untuk bertemu. Takaki telah melakukan riset untuk mengetahui jalur kereta dan persimpangannya. Ia harus beberapa kali ganti jalur kereta untuk menuju stasiun kota tempat tinggal Akari.

Sayangnya perjalanan Takaki tidak berjalan lancar. Cuaca buruk merusak rencana perjalanannya. Ia tak bisa menghubungi Akari untuk memberitahukan keterlambatan keretanya dan ia juga sangat lapar. Ia semakin sedih ketika surat yang sedianya untuk Akari terbang oleh angin kencang.

5cm-5

Sementara Akari dengan sabar menunggunya di stasiun. Petugas stasiun memandangnya kasihan karena melihat ia menunggu berjam-jam. Dan rasanya seperti keberuntungan ketika melihat keduanya akhirnya bertemu. Waktu pertemuan itu hanya sekejap karena Takaki harus kembali keesokan harinya. Perasaannya campur aduk. Takaki sadar saat ia berciuman di bawah pohon sakura, meski ia berharap Akari tetap menyukainya, jarak dan waktu akan memisahkan mereka perlahan-lahan, seperti kecepatan jatuhnya sakura.

5cm-8

Pada bagian kedua bertajuk Cosmonaut, dikisahkan Takaki telah duduk di bangku SMA dan telah pindah ke Tanegashima Space Center dimana ada proyek cosmonaut. Ia aktif di klub panahan dan memiliki teman bernama Kanae Sumida yang menyukainya.

Kanae sangat suka berseluncur air. Ia selalu menunggu Takaki selesai berlatih agar mereka bisa pulang bersama. Ia melihat Takaki sering mengetik pesan ke seseorang dan melihat pandangan menerawang Takaki. Ia menduga-duga ada seseorang di tempat lain yang dirindukan Takaki namun ia tak bisa memupus rasa sukanya pada Takaki. Tanpa Kanae ketahui, Takaki tidak pernah mengirimkan sms tersebut. Saat Kanae akhirnya berhasil menaklukkan ombak ia ingin menyatakan rasa sukanya kepada Takaki. Ia berjalan kaki bersama Takaki karena motornya mogok dan melihat roket diluncurkan ke antariksa. Saat itu Kanae sadar jika Takaki sulit digapainya. Takaki berbeda dengan teman pria lainnya karena ia selalu nampak mencari sesuatu yang berada jauh darinya.

5cm-11

Di bagian akhir, 5 cm per second, Takaki dikisahkan sudah dewasa, bekerja sebagai programmer di Tokyo dan memiliki seorang kekasih. Ia merasa frustasi karena terkekang oleh masa lalunya. Ia berhenti kerja dan putus dari pacarnya dan kemudian berjalan sendiri. Ketika ia tengah melintasi rel kereta tiba-tiba ia merasa tak asing dengan seseorang yang juga melintas dari arah sebaliknya. Sayang kereta melintas berkali-kali sehingga Takaki harus menunggu untuk mengetahui secara jelas siapa sosok itu.

5cm-17

Kisah ini memang membuat penonton penasaran akankah Takaki bertemu dengan Akari dan kembali merajut hubungan mereka. Sayangnya akhir cerita ini dibiarkan menggantung dimana penonton bebas mempersepsikan kelanjutan cerita ini. Namun, di sinilah letak kejeniusan penulis skenario sekaligus sutradara Makoto Shinkai dalam membuat ending yang tidak serta-merta menuruti harapan penonton.

5cm-13

Iringan lagu One More Time, One More Chance oleh Masayoshi Yamazaki di bagian akhir yang mengisahkan flash back karakter Takaki dan Akari sangat menyentuh, membuat saya berempati terhadap perasaan Takaki yang tidak bisa lepas dari Akari. Di flashback ini juga terlihat bagaimana Akari begitu senang menerima surat dari Takaki dan kecewa ketika kotak surat itu kemudian kosong. Ini membuat saya heran mengapa Takaki tidak kembali berkirim surat atau berkirim sms ke Akari jika ia masih menyukai gadis tersebut.

5cm-10

Di luar kisahnya yang emosional, saya sangat mengapresiasi kualitas gambar anime ini yang sangat detail dan pilihan warnanya yang tajam. Gambaran stasiun beserta dalam kereta begitu detail mirip aslinya. Dan saya suka pilihan asosiasi kecepatan jatuhnya sakura yang lambat untuk dengan kehidupan manusia yang dinamis meski perubahan itu bisa terjadi perlahan-lahan.

5cm-7

Detail:

Judul : Byousoku Go Senchimetoru (5 cm per second)

Penulis : Makoto Shinkai

Sutradara : Makoto shinkai

Rating : 9/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 22, 2014.

Satu Tanggapan to “Review Byousoku Go Senchimetoru: Jeratan Masa Lampau”

  1. […] Dimana masing-masing tokoh, Takaki dan Akari tetap saling memikirkan tapi tak kunjung bertemu dan berani mengungkapkan perasaan (bisa dibaca di https://dewipuspasari.wordpress.com/2014/07/22/review-byousoku-go-senchimetoru-jeratan-masa-lampau/). […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: