Short Term 12: Penampungan Sementara Anak-anak Bermasalah

short-term-ultah jayden

Anak-anak bermasalah tidak melulu karena mereka nakal. Ada yang mengalami kekerasan fisik dari orang tuanya. Ada pula yang terpengaruh atau mendapat tekanan dari lingkungan sekelilingnya. Anak-anak tersebut kemudian ditampung dalam sebuah komunitas dimana Grace (Brie Larson), Mason (John Gallagher Jr.), Jessica (Stephanie Beatriz), dan Nate (Rami Malek) bekerja.

Penampungan tersebut hanya bersifat sementara. Setelah psikiater merasa anak-anak tersebut telah dapat bersosialisasi dan ‘sembuh’ maka mereka siap dikembalikan orang tuanya. Setiap harinya para staf melakukan sidak ke kamar untuk mengetahui apakah mereka menyimpan senjata tajam atau menyembunyikan obat-obatan terlarang. Mereka juga mengadakan pertemuan rutin untuk berbagi pendapat atau bercerita.

short-term-komunitas

Grace yang paling senior di antara teman-temannya, merasa simpati dengan kehadiran penghuni baru, Jeyden (Kaitlyn Dever). Gadis remaja cantik ini nampak asosial. Ia tidak ingin bergaul dengan para penghuni lainnya. Sedangkan Mason mencoba mendekati Marcus (Keith Stanfield) yang pada permainan baseball tiba-tiba menyerang Luis (Kevin Hernandez).

Hingga suatu ketika Jeyden kehilangan kontrol emosinya. Grace yang sadar Jeyden adalah versi remaja dirinya membiarkan ia meluapkan emosinya.

Namun suatu saat ayah Grace keluar dari penjara setelah 19 tahun bersarang di dalamnya. Sejak itulah Grace berubah sikap. Ia memutuskan hubungannya dengan Mason dan bersikap kasar kepada para anak-anak dan atasannya. Ada apa dengan masa lalu Grace?

Film Short Term 12 yang disutradarai Destin Daniel Cretton ini bukan tipe film yang mudah membuat penontonnya jatuh cinta. Alurnya cukup lambat dengan sepertiga awal film terasa datar. Film ini baru menarik ketika penonton diajak menyelami karakter anak-anak dan stafnya lebih dalam. Apa masalah anak-anak tersebut? Apa tugas para staf seperti Grace dkk?

short-term-mason and grace

Tidak seperti ketiga rekannya, karakter Grace adalah yang paling kompleks. Dimana ia sebelumnya adalah remaja bermasalah sehingga dapat lebih memahami karakter anak-anak asuhnya.

Film ini menurut saya digarap lebih membumi, dimana para staf bukan seorang yang tanpa salah. Anak-anak di sini juga tidak otomatis berubah baik. Bahkan alarm beberapa kali berbunyi pertanda adanya penghuni yang mencoba-coba kabur.

kabur

Detail Film:

Judul : Short Term 12

Sutradara: Destin Daniel Cretton

Penulis :Destin Daniel Cretton

Pemain : Brie Larson, John Gallagher Jr., Rami Malek, Keith Stanfield, Kevin Hernandez, dan Kaitlyn Dever

Rating : 7/10

 

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 30, 2014.

Satu Tanggapan to “Short Term 12: Penampungan Sementara Anak-anak Bermasalah”

  1. […] serial Community. Tapi saya baru memperhatikannya ketika ia tampil di film Short Term 12 (review di sini). Selanjutnya ia menjadi Cassidy dalam Spectacular Now (review di sini). Sebagai Cassidy ia hanya […]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: