Wisata Jawa Tengah: Dari Wisata Alam Hingga Wisata Budaya

sikunir

Jika menyebut nama Jawa Tengah di kalangan wisatawan, obyek-obyek wisata terkenal pun kontan teringat di benak. Ada obyek wisata Borobudur, Puncak Dieng, Karimun Jawa, Keraton, Kota Tua Semarang, Museum KA Ambarawa, dan masih banyak lagi. Belum lagi deretan kuliner nikmat yang bisa dicicipi seperti serabi, nasi liwet, sate kambing tegal, dan lumpia. Wisata Jawa Tengah memang komplet dari wisata alam, kuliner, hingga wisata budaya.

Untuk mengunjungi seluruh obyek wisata di Jawa Tengah rasanya tidak cukup hanya seminggu. Oleh karena setiap kota dan kabupaten di Jawa Tengah menawarkan obyek wisata dan pengalaman yang rasanya sayang untuk dilewatkan. Dari daerah yang terletak di pantura, di selatan, di bagian tengah, yang berbatasan dengan Jawa Barat dan yang berdampingan dengan Jawa Timur semua menawarkan pengalaman lewat kekhasan yang dimiliki daerah tersebut.

Seperti halnya kota Semarang, yang terbayang adalah wisata kota tuanya seperti Gereja Blendug dan Lawang Sewu, juga lumpia dan bandeng asapnya. Sedangkan Ambarawa mengingatkan pada Museum Kereta Api dan Rawa Peningnya. Lain halnya dengan Puncak Dieng yang dingin dan berkabut juga memiliki candi-candi yang berkesan misterius.

Tegal tak mau kalah, juga memiliki andalan sate kambing mudanya yang nikmat. Begitu pula Slawi yang tehnya terkenal harum dan sedap. Surakarta dengan nasi liwet dan serabinya yang gurih. Dan tak ketinggalan adalah sroto, hidangan unik ala Purwokerto. Setiap daerah memiliki hidangan unik yang menggoda untuk dicicip.

Dari seluruh wisata Jawa Tengah bisa dirangkum menjadi empat jenis wisata, yaitu wisata alam, wisata buatan, wisata kuliner, dan wisata budaya. Semua jenis wisata ini memiliki penggemar tersendiri meskipun banyak pula wisatawan yang menyukai dua atau malah semua jenis wisata.

Wisata Alam
Wisata alam terdiri atas obyek-obyek alam dari pegunungan, danau, air terjun, pantai, hingga bawah laut. Jawa Tengah memilki semuanya karena geografisnya yang beragam. Untuk pegunungan ada Ungaran, Puncak Dieng, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, Gunung Sundoro dan Sikunir, dan masih banyak lagi. Ada juga wisata kawah yaitu Kawah Sikidang.

kawah sikidang

Danau seperti Danau Warna dan Rawa Pening juga memikat saat pagi hari. Air terjun juga ada di Purwokerto yaitu Batu Raden. Sementara wisata pantainya tersebar di pantura seperti di Jepara dengan Pantai Kartini dan Pantai Bandengan. Sedangkan wisata bawah laut dengan terumbu karang cantik dan ikan berwarna-warni bisa dinikmati sepuasnya di Kepulauan Karimun Jawa.

Wisata Buatan
Wisata buatan merujuk pada obyek wisata yang dibuat manusia seperti kolam pemandian, taman wisata, dan sebagainya. Di Jawa Tengah ada berbagai obyek wisata buatan seperti Kampoeng Wisata Taman Lele, Kampung Rawa, dan Water Blaster Graha Candi Golf,

Wisata Budaya
Berbicara tentang wisata budaya, Jawa Tengah adalah provinsi yang begitu kaya akan cagar bermuatan sejarah. Wisata budayanya lengkap dari wisata untuk mengenal jaman purba hingga masa mempertahankan kemerdekaan RI.

Dari masa purba, wisatawan dapat menyimaknya di Museum Sangiran yang berlokasi di Sragen, tak jauh dari Surakarta. Koleksi fosil manusia purba juga flora dan fauna purba dipamerkan di sini. Menginjak berabad-abad kemudian ada Candi Sukuh dan Cetho yang memiliki arsitektur seperti candi bangsa Maya.

Camera 360

Camera 360

Beranjak ke jaman Hindu-Buddha, Jawa Tengah adalah pusatnya dimana Dinasti Sanjaya dan Syailendra berkuasa dan memiliki peninggalan yang spektakuler seperti Candi Borobudur, Candi Mendhut, Candi Gedong Songo, Candi Arjuna, dan sebagainya.

Gedong Songo

Selain candi, arca, dan prasasti, Jawa Tengah masih memiliki keraton Mangkunegaraan dan Kasunanan di Surakarta yang masih eksis dan terbuka untuk umum. Museum juga asyik dikunjungi seperti Museum KA Ambarawa, Museum Palagan Ambawara, Lawang Sewu, Masjid Agung Jawa Tengah dan masih banyak lagi.

palagan

Selain bangunan, wisata budaya juga dapat dilihat dari benda kerajinan dan seni gerak/pertunjukan seperti batik di Kampung Batik Laweyan, beragam tarian, dan upacara adat yang menyedot perhatian wisatawan seperti Grebek Mulud dan Solo Batik Carnival.

Wisata Kuliner
Jenis wisata terakhir saat ini sangat populer dengan semakin banyaknya tayangan tentang kuliner. Jawa Tengah termasuk provinsi yang kaya akan kuliner. Telur asin saja yang terkenal dari Brebes. Ada juga teh asal Slawi; lumpia dan bandeng asap dari Semarang; sroto dan mendoan dari Purwokerto; mie ongklok dan manisan carica dari Wonosobo; nasi liwet, selat Solo, dan serabi dari Surakarta; sate kambing muda dari Tegal, gethuk dan masih banyak lagi. Semuanya nikmat dan bukan hanya memanjakan lidah namun juga mata yang melihat.
kambing muda1

telur brebes ori

lumpia

Nah bagi yang ingin berwisata ke Jawa Tengah, saat ini sudah banyak mode transportasi yang menuju ke Jawa Tengah, dari jenis transportasi darat seperti bus dan kereta, transportasi laut seperti Pelni dan berbagai armada pesawat yang memiliki rute ke Semarang dan Surakarta. Dari Jakarta ke Semarang sendiri jika menggunakan kendaraan pribadi juga bisa ditempuh sekitar 11-12 jam. Alhasil Jawa Tengah adalah tujuan yang asyik untuk berlibur.

Hemmm jadi pengin segera liburan mengunjungi obyek-obyek wisata Jawa Tengah yang belum saya ulik.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 3, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: