Dongeng Puteri Jempol

Jempol

Thumbelina atau putri jempol salah satu karya HC Anderson yang banyak disukai selain gadis korek api, prajurit timah, dan puteri sejati. Kisah Thumbelina memang unik, tentang gadis yang lahir dari tanaman jemawut dan bertubuh mini seperti peri. Ia kemudian mengalami berbagai petualangan besar sebelum meraih kebahagiaan.

Thumbelina merasa senang hidup bersama ibunya yang manusia biasa. Ia tidur di ranjang yang terbuat dari kulit kenari dan suka bermain perahu dari dedaunan di mengarungi perairan yang berada di piring. Hidupnya nyaman san bahagia sebelum ia diculik kodok.

perahu

Kodok itu berniat menikahkannya dengan putranya yangmengerikan bagi makhluk semungil Thumbelina. Untung ada ikan dan kupu-kupu yang membantunya kabur. Namun lagi-lagi ia diculik. Kali ini oleh kumbang sebelum ia kemudian ditelantarkan katena banyak kumbang lainnya yang menyebutnya makhluk buruk rupa.

ibu kodok

ia merana dan kelaparan. Ia menyantap madu bunga. Ketika hampir musim dingin, ia bertemu dengan ibu tikus yang baik hati. Ia merasa senang hidup bersama tikus ladang dan akan terus bahagia seandajnya tikus tua itu tak berniat menjodohkannya dengan tikus warok. Thumbelina takut dan ingin kabur. Apakah ia berhasil kabur dari tikus besar tersebut?

bersama ibu tikus

ceritanya menarik. Dongeng favorit saya sejak kanak kanak. Ada banyak petualangan dan yang membuat saya bertanya tanya berapa usia Thumbelina hingga semuanya berniat menjodohkannya. Sepertinya ia masih anak anak hehehe. Selain cerita petualangannya yang menarik, ilustrasi dalam buku ini begitu menawan, membuat saya mudah untuk membayangkan kisahnya. Gambarnya warna-warni sehingga cocok juga menjadi buku dongeng sebelum tidur.

Detail Buku:
Judul Buku : Thumbelina
Pengarang : HC Andersen
Ilustrator : Jan Palmer
Penerbit : Grafiti
Genre : dongeng, fantasi
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 23, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: