Yuk Peduli Bantu Sesama di Bulan Dana PMI

jati1

Hayoo siapa yang belum pernah donor darah? Donor darah itu tidak sakit kok dan setelahnya juga tidak selemas seperti yang terpikir di benak Anda. Kegiatan donor darah itu bukan hanya membantu sesama manusia, namun juga membantu kesehatan diri Anda sendiri. Asyik bukan manfaatnya dua arah?! Mulai saat ini ayo peduli bantu sesama apalagi saat ini dihelat Bulan Dana PMI.

Saya donor kali pertama waktu kuliah. Saya itu sedang diadakan bakti sosial di kampus. Nah, seyampang di kampus ada banyak mahasiswa dan bertujuan untuk mengenalkan kebiasaan berdonor darah pada generasi muda, maka dipilihlah kegiatan donor darah.

Rupanya kegiatan tersebut berjalan sukses. Ada banyak peminatnya baik dari kawan-kawan satu jurusan, maupun mereka yang berasal dari jurusan dan fakultas berbeda. Kantong darah PMI pun penuh dan ada beberapa calon pedonor yang terpaksa ditolak karena sudah kehabisan kantong.

Untung saya sudah masuk giliran bersama kawan saya Okti. Kami berdua ditimbang terlebih dahulu. Saat itu berat badan saya berkisar 46-47 kg. Hehehe masih normal lah. Setelahnya dicek rhesus-nya, negatif atau positif, juga kandungan oksigennya. Kami berdua lolos dan jadilah darah kami diambil hingga 250ml. Setelahnya kami diberi vitamin penambah darah dan minuman kacang hijau. Slruput, energi saya sudah kembali. Tidak ada rasa linu, sakit, ataupun lemas. Setelah acara, saya bisa kembali beraktivitas belajar seperti biasanya.

Yang berikutnya lebih istimewa. Saya bersama teman-teman berniat donor darah langsung ke markasnya. Yakni, Palang Merah Indonesia Cabang Surabaya yang berada di jalan Embong Ploso. Bangunannya tidak terlalu luas tapi bersih dan nyaman. Saat kami masuk, rupanya sudah cukup banyak calon pedonor. Syukurlah. Di antaranya ada yang berniat sebagai pedonor murni dan ada juga yang untuk memenuhi kebutuhan saudaranya yang sedang mengalami kecelakaan atau gangguan kesehatan seperti demam berdarah, thalasemia, atau saat pendarahan dan operasi.

Prosesnya sama,kami dimintai mendaftar lalu diberi kartu. Selanjutnya dilakukan uji kesehatan. Baru setelah lulus kami pun diambil darahnya. Selanjutnya, kami mendapat roti dan susu coklat kemasan.

Saya juga sempat beberapa kali ditolak berdonor. Alasannya saya saat itu tidak sedang fit karena habis batuk. Iya sih dikuatirkan baksil batuknya menular melalui darah. Kawan saya juga pernah ditolak gara-gara berat badannya dianggap kurang memenuhi dimana batas minimum adalah 45 kilogram. Larangan pedonor juga berlaku bagi ibu hamil dan ibu menyusi. Oh ya jarum suntiknya selalu diganti kok sehingga jangan was-was ada penularan AIDS saat sedang berdonor.

Bagi yang rajin donor bakal dapat penghargaan lho. Berupa piagam. Untuk yang telah berdonor sebanyak 10 dan 25 kali maka piagamnya dapat diambil di kantor PMI. Bagi yang telah berdonor hingga 50 dan 75 kali maka piagamnya akan diserahkan saat ulang tahun PMI yang jatuh pada 8 Mei. Penghargaan tertinggi adalah Penghargaan Satyalancana Kebaktian Sosial yang akan diberikan oleh Menteri Sosial bagi pedonor yang telah melakukan donor darah 100 kali. Mereka yang telah mendapat penghargaan dari Mensos tentunya telah melakukan kebiasaan terpuji ini sejak muda.

Seperti yang saya sebutkan di paragraf awal, donor darah baik bagi kesehatan pedonor. Apa saja? Di antaranya memperbarui sel-sel darah, membantu sirkulasi darah, menurunkan kadar zat besi dan seng dalam darah, melindungi jantung, menurunkan risiko kanker, mencegah penuaan dini, meningkatkan sel darah merah, mencegah stroke, membantu membakar kalori, meningkatkan kesehatan psikologis, memaksimalkan darah dalam paru-paru dan meningkatkan kapasitas paru-paru dan ginjal. Banyak bukan manfaatnya bagi tubuh, yuk jangan ragu-ragu berdonor darah.

Pada kunjungan berikutnya tepat sebelum saya pindah ke Jakarta, saya diajak melihat proses pemisahan darah di Unit Transfusi Darah dan mendapat informasi jika kebutuhan darah di Surabaya saat itu besar, sehingga mereka berharap ada calon-calon pedonor baru yang konsisten mendonorkan darahnya. Yang paling sedikit mereka terima dan mereka perlukan adalah golongan AB. Memang saya alami sendiri ketika menemani rekan kantor mencarikan darah untuk kakaknya yang menderita thalasemia dan bergolongan darah AB di PMI Kramat, Jakarta Pusat. Sepertinya di berbagai daerah golongan darah AB agak susah dicari, dibandingkan golongan darah lainnya.

Data stok darah selalu dimutakhirkan di situs PMI DKI Jakarta

Data stok darah selalu dimutakhirkan di situs PMI DKI Jakarta

Kantong-kantong darah tersebut kemudian melalui proses pengolahan dan pemisahan. Darah manusia terdiri atas komponen seperti sel darah putih, sel darah merah pekat (PRC), sel darah merah miskin lekosit, anti hemophili facor (AHF), trombosit, plasma segar beku (FFP). Selanjutnya dilakukan uji lab untuk penyakit seperti hepatitis B, hepatitis C, HIV dan syphilis. Selanjutnya baru didistribusikan ke bank darah di rumah sakit.

Meskipun kegiatan donor darah gratis atau berbiaya tidak begitu besar untuk biaya operasional seperti biaya petugas dan konsumsi pedonor. Namun proses pengolahan darah memakan biaya besar karena menggunakan teknologi tinggi. Setiap pengolahan dan pemisahan arah hingga skrining diperkirakan sangat besar, namun setelah disubdisi kisarannya Rp 250-300 ribu/ kantung darah yang dibebankan ke pasien.

Selain itu kegiatan PMI juga bukan hanya donor darah. PMI juga berperan dalam penanganan bencana seperti dapur umum, pelayanan kesehatan, evakuasi juga pelatihan Palang Merah Remaja (PMR). Kegiatan tanggap bencana seperti evakuasi dan dapur umum untuk korban banjir, tanggap bencana asap, tanggap bencana gempa bumi, dan sebagainya.Saat ini sumber dana PMI berasal dari subsidi pemerintah dan sumbangan masyarakat. Donasi masyarakat lewat Bulan Dana PMI merupakan kegiatan resmi yang dilaksanakan oleh panitia yang dibentuk pemerintah dan diawasi penggunaan dananya oleh pemerintah.

Pelayanan kesehatan cuma-cuma oleh PMI bekerja sama dengan dokter

Pelayanan kesehatan cuma-cuma oleh PMI bekerja sama dengan dokter

Nah, bagi Anda yang memiliki rejeki berlebih atau ingin berderma, sila untuk transfer ke tiga nomor rekening berikut atas nama PMI DKI Jakarta Panitia Bulan Dana PMI Provinsi DKI Jakarta:
– Bank BCA KCU Thamrin Norek 206-38-1794-5
– Bank Mandiri KC Kramat Raya Norek : 123-00-17091945
– Bank DKI KCU Juanda Norek101-03-17094-7

Dukungan kepada PMI juga bisa dilakukan melalui rutin berdonor di PMI cabang terdekat di kota Anda. Kalau di Jakarta ada beberapa cabang, ada PMI Kramat Raya, ada juga di Pecenongan, Plumpang Semper, Raya Condet, dan Jelambar. Ayo peduli bantu sesama!

PMI Tanggap Bencana

PMI Tanggap Bencana

Referensi:
– 28 Manfaat Donor Darah Bagi Kesehatan. Dapat diakses di [http://manfaat.co.id/28-manfaat-donor-darah-bagi-kesehatan]
– 22 Manfaat Donor Darah. Dapat diakses di [http://www.parenting.co.id/dunia-mama/22+manfaat+donor+darah]
– Situs PMI DKI Jakarta. Dapat diakses di [http://pmidkijakarta.or.id/]
– Gambar dari situs PMI DKI Jakarta (galeri)

Bulan Dana PMI

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 7, 2015.

2 Tanggapan to “Yuk Peduli Bantu Sesama di Bulan Dana PMI”

  1. Mantab tulisannya, detail. Semoga menang lombanya ya 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: