Demam Star Wars dan Nobar Anak Nonton

star wars

Demam Star Wars diperkirakan akan menjangkiti kembali para fans Star Wars dan menular ke para penggemar baru film ini. Ya, sekuel film Star Wars telah dirilis dan diputar di Indonesia. Sambutannya seperti yang diprediksi, animo masyarakat sangat tinggi. Apalagi bakal ada bonus penampilan trio pemeran The Raid. Wah seperti apakah sekuel Star Wars kali ini.

Film ini bersetting beberapa dekade, sekitar 30 tahun, pasca Darth Vader dan Galactic Empire dikalahkan pada film Return of The Jedi. Rupanya kedamaian tidak berpihak pada galaksi nun jauh tersebut. Lahirlah kekuatan gelap dan semakin kuat yang menyebut dirinya The First Order. Mereka hendak memusnahkan Republik dan kelompok pemberontak yang mendukung Republik yang dipimpin oleh Leia Organa.

Salah satu tangan kanan pemimpin besar The First Order, Snoke (Andy Serkis), yaitu Kylo Ren (Adam Driver) berupaya menghancurkan seluruh Jedi. Tinggal Luke Skywalker, mantan gurunya, yang tersisa, tapi ia menghilang. Maka ia memburu peta yang menunjukkan lokasi Luke berada. Peta tersebut berada di tangan pilot andalan Resistence, Poe Dameron (Oscar Isaac), yang rupanya menyembunyikannya di droid kesayangannya,BB-8. Ia ditangkap namun BB-8 berhasil kabur dan bertemu dengan gadis pengumpul loakan bernama Rey (Daisy Ridley).

Poe berhasil kabur bersama Finn (John Boyega), stormtrooper, pasukan The First Order, yang membelot karena tidak tahan dengan kekejaman Kylo Ren dan The First Order. Pesawat yang mereka tumpangi berhasil dilumpuhkan dan mereka terdampar di planet Jakku, tempat dimana BB-8 dan Rey berada. Sayangnya Poe tidak berhasil ditemukan, yang tersisa hanya jaketnya. Akhirnya Finn bergabung dengan Rey dan BB-8 kabur dari kejaran stormtrooper. Saat kabur mereka bertemu dengan Han Solo (Harrison Ford) dan Chewbacca. Akan tetapi mereka tidak bisa bernafas lega karena Kylo Ren langsung memimpin perburuan mereka.

Menonton kelanjutan Star Wars yang menjadi film favorit saya masa kanak-kanak jelas merupakan suatu reuni yang menggembirakan. Apalagi tokoh-tokoh masa itu dipertahankan. Tentu saja saya merasa senang kembali melihat Han Solo, Leia, Luke, Chewbacca, dua droid, C-3Po dan R2-D2 dan light saber, pedang cahaya, yang legendaris. Meskipun saya menontonnya masih kanak-kanak, ingatan tersebut masih jelas tertancap.

Memang ceritanya tidak seperti yang saya harapkan masa itu dimana kedamaian tidak kunjung menghampiri galaksi nun jauh tersebut. Apalagi Han Solo dan Leia berpisah dan juga master Luke yang mengasingkan diri karena merasa bersalah. Duuhh sedihnya padahal saya dulu mengira kehidupan mereka akan bahagia pasca Darth Vader dikalahkan.

Akan tetapi tidak apa-apa, toh memang film ini diandalkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang sehingga ceritanya harus lanjut dengan tokoh-tokoh pahlawan dan musuh baru. Di sini akan hadir pahlawan baru menggantikan Han Solo-Leia-Luke yang telah tua dan telah lewat masanya untuk berhadapan langsung dengan musuh.

Jalan ceritanya tetap menarik dengan menghadirkan idola baru seperti Rey, seorang remaja, yang memiliki kepandaian alami dalam hal mekanik, menerbangkan pesawat, dan bela diri. Ia benar-benar seorang heroine yang lugas. Sementara karakter pendampingnya, Finn, adalah pria yang lugu dimana ia hanya ingin hidup tenang dan kemudian berpura-pura sebagai anggota Resistence karena takut masa lalunya akan membuat orang-orang di sekelilingnya membencinya. Tokoh lainnya yang menggemaskan adalah droid BB-8 dengan tingkah polahnya yang kocak.

Han Solo tetap pria yang bebas seenaknya seperti dulu. Partnernya, Chewbacca, tetap kawan yang setia dan selalu merasa berhutang budi pada Han Solo. Cuma Leia nampak begitu tua di sini, padahal Han Solo masih kelihatan gesit dan charming.

Sayangnya pemeran Kylo Ren menurut saya kurang sangar. Kurang wah. Ia nampak tangguh dengan topeng, tapi tanpa topeng perubahan emosinya dan kelicikannya kurang tampak. Coba kalau si Ezra Miller, pemeran The Perks of Being a Wallflower, tentu lebih cocok. Karakternya mengecoh, bisa imut tapi juga bisa sadis di film We Need to Talk About Kevin.

Saya suka adegan penjelajahan luar angkasa dan pertempurannya yang membuat penonton ikut dag dig dug. Para alien selain manusia juga digambarkan rupa-rupa seperti pada film pendahulunya. Pemimpin besar The First Order, Snoke, juga digambarkan begitu enigmatis dan misterius, mengundang rasa penasaran.

Lantas bagaimana dengan trio The Raid? Hemmm jangan berharap terlalu banyak akan penampilan Yayan, Iko Uwais, dan Cecep. Karakter mereka bukan karakter vital tapi kehadiran mereka di film Disney berbujet besar tentulah kabar menyenangkan, karena bisa jadi membuat karir mereka cemerlang di perfilman Hollywood.

Masih banyak tanda tanya di film ini. Siapa sebenarnya Rey? Dari manakah Snoke? Jangan kuatir film ini akan menjadi film yang panjang seperti pendahulunya dimana saat ini sudah masuk sekuel ketujuh. Tidak apa-apa sih, filmnya seru dan pasti akan membuat penggemarnya akan tetap setia menanti kelanjutannya. May The force be with you. Jadi mari berspekulasi seperti apakah kelanjutan Star Wars pada tahun-tahun berikutnya. Siapa pewaris kekuatan master Luke, yang bakal menjadi Jedi terkuat di galaksi nun jauh di sana.

Star_Wars_Episode_VII_The_Force_Awakens

Nobar Anak Nonton
Ada banyak ajakan untuk nobar Star Wars baik gratis maupun berbayar. Saya beberapa kali ikut nobar baik yang cuma-cuma, berbayar, ataupun gratis dengan syarat berupa setoran artikel ulasan film. Nah, kali ini saya mencoba ikut nonton bareng yang diadakan Anak Nonton yang beralamat di anaknonton.com.

Portal yang menyuguhkan ulasan film dan berita seputar perfilman ini telah berulang tahun ke-4 pada November lalu. Untuk merayakan ulang tahunnya mereka mengadakan nobar Star Wars di Lotte Shopping Avenue pada Minggu, 20 Desember 2015. Acaranya cukup meriah meskipun tidak banyak yang menggunakan pernak-pernik Star Wars. Semoga bisa ikut di acara nobar atau diskusi filmnya Anak Nonton lagi.

anak nonton2

anak nonton

Detail Film:
Judul : Star Wars: The Force Awakens
Sutradara : J. J. Abrams
Genre : Petualangan, luar angkasa, aksi
Pemain : Harrison Ford, Daisy Ridley, John Boyega, Carrie Fisher, Adam Driver, Mark Hamill, Oscar Isaac, Andy Serkis
Rating : 8,8/10
Gambar Poster dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 24, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: