[Resensi] Spring in London: Kisah Naomi dan Danny

metropop-spring-in-london

Yang menarik dari tetralogi empat musim Ilana Tan adalah adanya keterkaitan antara tokoh-tokoh di dalamnya. Setelah membaca Winter in Tokyo dengan tokoh utama gadis kutu buku bernama Ishida Keiko, maka kali ini saya menuntaskan membaca kisah saudari kembarnya, Ishida Naomi. Mereka memiliki wajah yang sangat mirip hanya berbeda perangai dan berlainan profesi.

Keiko dan Naomi diberi anugerah wajah yang unik. Keduanya berdarah Jepang dan Indonesia sehingga mata mereka lebar dan besar untuk ukuran orang Jepang. Jika Keiko lebih suka menekuni buku maka Naomi suka melalang buana dengan pekerjaannya sebagai model terkenal. Bahkan karirnya kemudian melesat sehingga bisa berkarir di negeri orang.

Sudah beberapa tahun Naomi berpindah ke London. Ia tinggal bersama dua teman di flatnya. Ada Julie yang baru berkiprah sebagai aktris panggung dan Chris yang seorang koki jempolan. Kehidupan Naomi yang selalu sibuk dengan beragam jadwal pemotretan mulai semarak dengan kehadiran partner-nya dalam video musik, seorang model terkenal Korsel yang akrab disebut Danny Jo.

Naomi selalu was-was dan nampak ketakutan berhadapan dengan Danny. Danny merasakan hal tersebut dan mengira gadis itu membencinya. Ia jarang mendapat perlakuan tersebut karena ia pria yang baik dan ramah. Oleh karenanya ia penasaran mengapa gadis Jepang itu bersikap demikian hanya padanya.

Naomi sendiri memang tidak pernah terlihat akrab dengan pria. Hanya Chris, teman satu flatnya, yang terlihat bisa berdekatan dengannya. Tapi itu karena Chris menganggap dirinya sahabat wanita. Ia seorang gay.

Lambat laun Danny bisa meluluhkan ketegangan tersebut. Keduanya mulai bisa berteman sebelum ibu Danny kembali dengan kebiasaannya menjodoh-jodohkan putranya. Kali ini ia berusaha mendekatkan Miho, kawan Naomi, kepada Danny. Miho bersorak gembira melihat pria yang akan dijodohkan ke dirinya sangat tampan dan memiliki senyum menawan. Sedangkan Naomi tercekat melihat pria yang dimaksud Miho adalah Danny yang baru dekat dengannya.

Apakah Naomi sebenarnya menyukai Danny atau ketakutan terhadapnya? Ada rahasia masa lalu apa yang kira-kira disembunyikan Naomi?

Saya menyukai karakter Keiko yang maniak buku dan manis. Di sini Naomi agak berbeda dengan yang ditampilkan dari sisi kisah Keiko. Dalam Winter in Tokyo. Naomi nampak berani dan agak galak. Ia seolah gadis yang percaya diri dan tahu keinginannya. Tapi di buku Spring in London ini karakter Naomi berubah, menjadi sosok yang rapuh, takut dengan kesepian dan tidak begitu percaya diri meskipun selalu berupaya bersikap profesional.

Rupanya kejadian setelah ia baru pindah ke London mengubah kepribadiannya. Kejadian masa lalu itu seolah menghancurkan hidupnya meskipun ia bersikap seolah tak peduli. Dan kehadiran Danny seolah menyibak masa lalunya.

Danny sendiri digambarkan seolah pangeran tanpa cacat. Ia tampan, baik, dan memiliki banyak penggemar. Seolah tak boleh ada gadis yang menolak dirinya.

Kedekatan antara Danny dan Naomi memang seolah terjadi begitu cepat, apalagi mengingat Naomi dulunya tidak menyukai kehadiran pria. Adanya Miho sebagai saingan Naomi agak membuat cerita ini menjadi seperti romansa pada umumnya. Yang masih membuat saya ingin menuntaskan bukunya adalah rasa penasaran akan masa silam Naomi dan bagaimana akhir hubungan keduanya.

Tidak banyak pernak-pernik budaya di sini yang ditampilkan, mungkin karena ada tiga negara yang menjadi latar kisah ini, yakni Inggris, Jeoang, dan Korea Selatan. Jika dibandingkan kisah Keiko dan Naomi, saya lebih menyukai kisah Keiko meski ya kenapa di dua cerita tersebut ada rival ya dan penggambaran rival tersebut membuat pembaca membencinya, meskipun sebenarnya rival tersebut tidaklah seburuk itu.

Kisah romansa antara Naomi dan Danny ini bisa jadi bacaan akhir pekan. Pertemuan budaya antara Korea dan Jepang yang terjadi di London. Oh ya bukunya bisa dibeli di toko buku, salah satunya di Bukupedia tautan berikut.

Detail Buku:
Judul: Spring in London
Pengarang: Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Rating : 7,5/10
Gambar dari bukupedia

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 17, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: