Vokalis Rock Pria Mancanegara Terbaik (Lanjutan)

sampul vokalis rock2

Selain 10 nama vokalis band beraliran rock yang saya singgung di artikel sebelumnya, sebenarnya masih banyak vokalis rock lainnya yang memiliki kemampuan vokal dan aksi panggung di atas rata-rata. Siapa saja mereka? Simak opini saya berikut:

  • Fred Durst, Vokalis Limp Bizkit

Fred DustSejak era hip metal maupun nu metal mulai pudar, nama Limp Bizkit menjadi tenggelam. Pesona dan kemampuan vokal Fred Durst belum mampu menopang kembali ketenaran Limp Bizkit sejak merilis album kembali tahun 2009 setelah sempat vakum lebih dari lima tahunBand inilah yang berjasa membuat saya menyukai musik beraliran hip metal dan memperkenalkan saya pada Korn, Slipknot, PoD, I’ll Nino dan sebagainya dengan tembang Nookie-nya. Si Fred mampu ngerap dengan lincah, suaranya relatif jernih meski ia juga tak segan mengeluarkan suara kasarnya. Lagu terbaik Limp Bizkit mulai dari Take a Look Around, Nookie, My Way, dan Faith

  • Ed Kowalczyk, Eks Vokalis Live

Live terkenal dengan atmosfer lagunya yang bernuansa spiritual. Lagu-lagu mereka yang beken seperti Selling The Drama, Alone, Lakini’s Juice, dan Dolphin’s Cry menarik didengar selain karena aransemen musiknya yang berbeda juga karakter vokal dan gaya bernyanyi Ed yang seperti orang bercerita, mengomel, kadang nampak seperti berdoa, terutama di lagu Lakini’s Juice. Saya tidak lagi mengikuti perjalanan karir Live, tapi masih tetap mengapresiasi vokal Ed.

Ed-Kowalczyk

  • Eddie Vedder, Vokalis Pearl Jam

Pearl Jam hidup sejaman dengan Nirvana dengan beraliran rock alternatif. Suara Eddie yang tegas dan penampilannya yang berkarisma membuat Pearl Jam menjadi salah satu band rock berpengaruh pada tahun 1990-an dan sampai saat ini tetap eksis. Lagunya yang beken mulai dari Alive, Jeremy, dan Last Kiss.

eddie-pearl jam

  • Miljenko Matijevic, Vokalis Steelheartsteelheart

Steelheart identik dengan rock klasik yang mengumbar nada tinggi vokalisnya. Dan Steelheart memang menonjolkan musikalitas dan gaya bernyanyi Miljenko yang mampu mengontrol emosi dan memainkan lengkingan vokalnya yang cemerlang. Saya paling suka dua lagunya, Wait and She’s Gone.

  • Reeve Carney, Vokalis Carney

Carney adalah band yang dibentuk Reeve Carney bersama kakaknya. Band ini beraliran rock n roll. Lagu yang beken adalah Love Me Chase Me. Suaranya serak seksi dan sangat khas. Ia juga pernah duet dengan Bono U2 di lagu And The Edge Rise Above. Selain pandai bermain gitar dan memiliki suara serak khas, ia juga pandai berakting. Ia selama tiga tahun menjadi pemain Spiderman ala Broadway,  selanjutnya tampil di video klip Taylor Swift di I Knew You Were Trouble, dan sekarang membintangi serial televisi Penny Dreadful.

Reeve2

Alex Band, Vokalis The Calling
Sejak meluncurkan single Wherever You Will Go, nama The Calling kontan berkibar. Begitu juga dengan nama si vokalis, Alex Band, yang memberikan karakter pada lagu-lagu The Calling. Suara Alex yang berat dan penjiwaannya pada tiap lagu membuat tembang-tembang The Calling menarik disimak. Sayang popularitas The Calling tidak lama, namun tembang-tembang seperti Adrienne, Wherever You Will Go, dan Could It be Any Harder tetap seru didengar kapanpun.

Alex Band

  • Crispian Mills, Eks Vokalis Kulashakerkulashaker

Crispian Mills eks vokalis Kulashaker, band beraliran indie rock, memang berhasil membuat sebagian fansnya melongo dengan alasan cabutnya ia dari nama band yang membesarkan namanya. Rupanya ia tergila-gila dengan budaya dan spiritual India, tidak hanya dituangkan lewat lagu Govinda, melainkan juga ingin mempelajarinya secara mendalam. Suaranya merdu dan mampu menguras emosi pendengar. Lagu-lagu populernya seperti Govinda, Hush, dan Hey Dude.

tommyTommy Henriksen
Si Tommy Henriksen memiliki warna suara yang berat dan serak. Dan single terbaik yang pernah dibawakannya adalah I See the Sun. Soundtrack film Blast of The Past ini merupakan lagu favorit saya semasa SMU dan masih sering saya dengarkan hingga sekarang. Sayang dia sekarang lebih suka di balik layar sebagai produser daripada aktif bernyanyi.

 

  • Tim Wheeler, Vokalis Ash

Tim memang tidak memiliki suara yang garang. Ia memiliki suara yang melankolis dan lembut untuk ukuran penyanyi indie rock. Lagunya yang paling keren menurut saya adalah Oh Yeah yang dibawakan seperti bertutur.

Tim Wheelerr

Sammy Hagar, Eks Vokalis Van Halen
Van Halen beberapa kali berganti vokalis, namun menurut saya Sammy Hagarlah yang paling berhasil memberi warna pada Van Halen. Sumbangan vokalnya pada When It’s Love, Humans Being, dan Can’t Stop Loving You telah membuktikan keampuhan vokalnya.

Sammy-Hagar

Di antara 20 vokalis rock tebaik yang pernah saya tulis, masih banyak vokalis rock pria lainnya yang menarik namun belum terlalu membekas atau  sudah pudar pesonanya di benak, seperti Gavin Rossdale (Bush), Bret McCracken (The Used), Cristian Machado ( I’ll Nino), James Atkin (EMF), Douglas Robb (Hoobastank), Brandon Boyd (Incubus), James Hetfield (Metallica), Kurt Cobain (Nirvana), Bono (U2), dan Jason Wade (Lifehouse).

Keterangan Foto:
1. Fred Durst: diambil dari kkiinnkkyy.tripod.com
2. Reeve Carney: diambil dari http://www.15minutenews.com
3. Miljenko Matijevi: diambil dari rezaslash.blogspot.com
4. Ed Kowalczyk: diambil dari difusser.fm
5. Eddie: diambil dari http://www.thestarphoenix.com
6 .Alex Band: diambil dari http://www.fanpop.com
7. Crispian: diambil dari http://www.mtv.com
8. Sammy Hagar; diambil dari loudwire.com
9. Tommy Henriksen: diambil dari http://www.swapacd.com
10. Tim Wheeler: diambil dari uk.askmen.com
11. Gambar Sampul: potongan gambar dari http://www.stereotruth.net (Ed), tomstoneartist.com (Reeve), dan blog.carriedavenport.com (Tim)

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 19, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: