Selamat Athirah Jadi Film Terbaik 2016

Athirah

Sejak menonton Athirah di bioskop beberapa waktu lalu, aku terpesona dan melupakan fakta bahwa sebelumnya aku juga menyukai film-film seperti Rudi Habibie, Aisyah dan Surat dari Praha. Oleh karena belum menonton Salawaku, maka aku berpendapat Athirah film terbaik untuk tahun 2016 dari filmnya, gaya penyutradaraannya yang artistik dan juga pemeran utamanya yang begitu tampil prima, Cut Mini Theo.

Sekilas mendengar kata film biografi, yang terbesit di benak itu kata membosankan. Iya kalau fans orang tersebut, tapi kalau bukan? Athirah aku juga tidak pernah mengenal sosoknya, selain disebutkan sebagai ibunda wakil presiden Jusuf Kalla. Dan inilah kepiawaian Riri Riza, bagaimana ia membungkus kisah Athirah seperti permasalahan yang umum terjadi pada perempuan pada masa itu. Sehingga, meskipun saya dan generasi muda tidak mengenal nama Athirah, tapi tetap bersimpati dengan sosok perempuan pada film tersebut.

Athirah

Bagaimana tidak berat jika pada kondisi hamil besar yang seharusnya merupakan masa membahagiakan, Athirah malah mendapat kabar tidak enak bahwa suaminya nikah lagi. Setelan itu suaminya lebih perhatian kepada istri muda sehingga Athirah pun memutuskan mencari nafkah sendiri dengan berusaha di bidang kain sarung dan sukses.

Film ini indah. Kilasan-kilasan acara adat, cara kamera menangkap kejadian alam dan juga bagaimana film ini banyak menampilkan adegan makan bersama yang membuat penonton lapar begitu menawan. Cut Mini Theo sebagai Athirah juga begitu total, bagaimana mimiknya ketika ia sedih bercampur marah dengan tindakan suaminya, bagaimana sikapnya untuk berupaya merebut kembali perhatian suaminya, serta bagaimana ia kemudian bisa tersenyum lagi dengan memiliki usaha sendiri yang dicintainya.

Athirah

Selamat buat film Athirah yang berhasil memboyong tiga penghargaan utama dari FFI 2016. Untuk resensinya lebih detail bisa Kalian simak di sini.

Oh ya untuk pemeran aktor terbaik yang jatuh pada Reza Rahadian berkat aktingnya di My Stupid Boss saya rasa tidak terlalu mengejutkan. Di FFB ia juga menang di kategori tersebut. Tahun ini memang tahunnya Reza dengan membintangi berbagai film besar dan berkualitas seperti Rudy Habibie, 3 Srikandi, dan Firegate: Piramida Gunung Padang yang bakal segera dirilis.

Ket. gambar dari bintang dan rappler

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 7, 2016.

6 Tanggapan to “Selamat Athirah Jadi Film Terbaik 2016”

  1. jadi pengen nonton mbak. hehe. 😀

  2. Kalaupun tidak ada embel-embel bahwa Athirah adalah ibu Jusuf Kalla, sepertinya plot dan konflik yang diusung di film ini sudah cukup menarik…

  3. Bu Dewi,
    Apakah film Athirah sdh ada versi DVD nya ?
    Terimakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: