Kisah Hotaru dan Spirit Hutan

Hotaru dan Gin

Bagaimana jika suatu ketika Kamu bertemu dan jatuh hati pada spirit hutan? Kamu tahu tidak akan mungkin terus-menerus bersama seseorang yang bukan manusia tersebut, tapi Kamu tidak berhenti memikirkannya. Itulah yang dialami dalam anime berjudul Into The Forest of The Firefly Light. Siap-siap bawa tisu ya.

Kisah tersebut berawal ketika Hotaru masih kanak-kanak. Pada liburan musim panas ia berlibur ke rumah pamannya di desa. Di sana ada hutan yang konon angker karena dihuni para spirit. Tidak ada manusia yang berani mendekatinya.

Hotaru entah kenapa tersesat di hutan sendirian. Ia menangis karena tidak bisa menemukan jalan pulang. Lantas ia menemukan seorang pemuda yang bertanya alasan ia menangis. Pemuda itu mengenakan topeng kelinci dan ia menyebut dirinya bukan manusia dan terikat pada hutan.

Pemuda bernama Gin itu mengantarkannya ke luar hutan. Pamannya yang lama menanti keponakannya pun mencari dan menguatirkannya. Ia meminta keponakannya agar menjauhi kawasan hutan terlarang.

Bukannya mematuhi si paman, setiap hari selama musim panas ia berkunjung ke hutan dan Gin selalu menunggunya. Mereka asyik bermain, memancing atau berkeliling hutan. Seorang arwah rubah mengancamnya agar tidak pernah menyentuh Gin. Jika itu terjadi maka Gin akan lenyap tak berbekas.

The forest of fireflies fligh

Setiap tahun ia selalu menuju hutan tersebut. Ia menjadi sering melamun, memikirkan nasib Gin pada saat musim dingin. Apakah ia baik-baik saja di hutan yang membeku? Lambat laun ia jatuh hati padanya apalagi ia mengetahui di balik topengnya, Gin seorang spirit yang tampan.

Gin menjadi terikat pada hutan karena orang tuanya menelantarkannya di hutan saat masih bayi. Para spirit merasa kasihan padanya. Lalu dewa hutan pun memberinya kehidupan dimana sosoknya abu-abu antara spirit dan manusia.

Kini Hotaru telah duduk di bangku SMA. Ia bercerita ke Gin jika lulus ia ingin bekerja di desa agar dapat selalu bersamanya. Gin berujar bahwa tidak apa-apa jika ia melupakannya, karena manusia tidak seharusnya bersama spirit. Hotaru tidak ingin melupakan Gin, akankah keduanya bisa bersama?

hotarubi_no_mori_e-34681

Menonton film animasi ini membuat saya terharu. Gin dilahirkan tanpa orang tua dan ditelantarkan hingga sekarat di hutan, sehingga ia terbiasa dengan dunia arwah dan bukan manusia. Persahabatannya dengan manusia ditentang para spirit karena kuatir Gin akan sakit hati, selain juga was-was ia akan menghilang jika sengaja atau tak sengaja bersentuhan.

Kisah hubungan tidak lazim ini mengingatkan saya pada film Ghost. Memang tidak mungkin hubungan tersebut di dunia manusia, tapi bagaimana jika terjadi di dunia anime fantasi? Segala sesuatu bisa terjadi, bukan? Oh ya kisah Hotaru dan spirit ini juga membuat saya ingat film Ghibli berjudul Spirited Away yang terkenal.

Saya menyukai karakter kedua tokoh utama ini. Para spirit juga tidak ditampilkan menyeramkan dan jahat. Dan pada adegan pamungkasnya, mata saya sudah berkaca-kaca. Mengharukan.

Gambarnya indah. Hutan terlarang ternyata menyimpan pesona.

Detail Film:
Judul Film: Into The Forest of Fireflies Light (Hotarubi no Mori e)
Sutradara : Takahiro Ômori
Genre : anime, drama remaja, love story, fantasi
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 5, 2017.

5 Tanggapan to “Kisah Hotaru dan Spirit Hutan”

  1. wah.. baca sinopsisnya ini aja udah baper sendiri. 😦

  2. The movie is good but why in the end they make the movie into sad ending . Hiks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: