Tipisnya Batas Antara Dunia Maya dan Nyata dalam Summer Wars

summer wars

Apa yang terjadi jika akun media sosialmu kemudian diambil alih seseorang dan kemudian digunakan untuk tujuan jahat. Bahkan, apa yang terjadi jika semua akun institusi dibajak? Wah wah wah bisa jadi malah menyebabkan kekacauan di sebuah negara

Film ini bercerita tentang Kenji Koiso, remaja jenius pemalu yang juga bekerja paruh waktu di sebagai moderator di simulasi komputer virtual reality besar dunia bernama OZ. Suatu hari ia diajak oleh seniornya yang merupakan idola di sekolah tersebut. Ternyata gadis cantik bernama Natsuki Shinohara itu mengajaknya ke Ueda untuk berpura-pura sebagai pacarnya. Ia mengenalkannya pada keluarga besarnya yang hadir untuk menyiapkan peringatan ulang tahun ke-90 nenek buyutnya.

Ternyata keluarga besar Natsuki merupakan keturunan yang berada di pihak Sanada dan menantang klan Tokugawa pada tahun 1615. Dia juga bertemu Wabisuke Jinnouchi, paman tiri Natsuki yang seorang ahli komputer. Ia tidak disukai keluarga besar Natsuki karena pernah mencuri kekayaan keluarga 10 tahun yang lalu.

Suatu malam, Kenji menerima e-mail dengan kode matematika dan berhasil memecahkannya. Rupanya bukan keberhasilan yang didapatkannya, melainkan kesialan karena Love Machine, sebuah kecerdasan buatan di OZ , mencuri akun Kenji beserta avatarnya untuk menyerang infrastruktur di OZ dimana menyebabkan kerusakan yang cukup pelik dimana-mana.

Yang membuat situasi pelik Love Machine mencuri akun vital yang berkaitan dengan kepentingan publik, dari mengacaukan sistem lalu lintas, sistem pemadam kebakaran dan coba-coba mengarahkan bom ke Jepang. Berhasilkah Kenji dan Kazuma Ikezawa, sepupu Natsuki, mengalahkan Love Machine? Pertempuran mereka di dunia maya bakal berefek di dunia nyata.

summer wars

Jika pernah menonton The Boy and The Beast maka Kalian akan merasakan aura yang sama baik dari segi cerita maupun coretan karakternya. Ya sutradaranya sama yaitu Mamoru Hosoda. Sejak menonton Wolf Children dan The Boy & The Beast saya jadi menyukai karya-karya Mamoru, dimana kaya akan imajinasi.

Film ini coba menggugah kewaspadaan netizen untuk berhati-hati dengan dunia digital. Umumnya pada saat ini satu akun bisa digunakan untuk berbagai aplikasi dan terhubung dengan banyak hal. Bagaimana jika akun-akun tersebut diretas terutama akun pelayanan publik atau akun badan strategis, tentu berbahaya seperti yang dijelaskan di cerita tersebut.

Tokoh utamanya Kenji bukanlah remaja yang sempurna. Ia pemalu dan ceroboh. Entah dimana letak keberanian itu hingga ia bersedia dengan sukarela menemani Natsuki. Apa ia benar-benar menyukainya? Natsuki sendiri sepertinya hanya berkepentingan untuk membawa pacar palsu, tapi perasaannya sendiri ke Kenji tidak jelas, atau malah hanya seperti senior ke adik kelas.

Selain kewaspadaan dengan dunia digital, film ini memberi pesan tentang makna keluarga. Oleh karena mendukung Sanada, nenek buyutnya menganggap keluarganya adalah orang-orang yang kuat dan tangguh. Dulu mereka kurang bersatu-padu, kini waktunya membuktikan semangat samurai dalam keluarga mereka dalam menghadapi masalah yang bisa meluluhlantakkan negeri mereka.

Detail Film
Judul : Summer Wars
Sutradara : Mamoru Hosoda
Pengisi suara: Ryunosuke Kamiki, Nanami Sakuraba, Mitsuki Tanimura, Sumiko Fuji dan Ayumu Saito
Genre : Drama, fantasi
Rating : 7,7/10

summer wars

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 1, 2017.

2 Tanggapan to “Tipisnya Batas Antara Dunia Maya dan Nyata dalam Summer Wars”

  1. makin mirip ama dunia jaman sekarang, ni film jadi inget terminator kalo di barat. kalo versi anime nya inget banget digimon movie 1

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: