“Going Under” Evanescence Tentang Hubungan Toksik?

Evanescence going under

Ada beberapa lagu dari Evanescence yang masih kudengar. Salah satunya “Going Under” yang dirilis 2003. Lagu ini memiliki intro yang membekas. Jika menilik liriknya ia nampaknya bercerita tentang cinta tak terbalas atau malah hubungan yang bersifat toksik alias tidak sehat.

Evanescence dikenal sebagai band dengan genre rock gothic, metal gothic, dan metal alternatif. Namanya kontan melejit setelah tembangnya “Bring me to Life” dan “My Immortal” menjadi hits. Dalam tembang “Fallen” ini juga ada tembang “Going Under” yang kemudian mengikuti jejak dua tembang tersebut, ikut menjadi hits.

Amy Lee, vokalis perempuan, memberikan kontribusi besar dalam lagu ini. Dengan nada rendah di bagian bait-bait awal, lalu suara berbisik, kemudian ia bernyanyi dengan suaranya yang khas, sopran dengan penuh emosional di bagian bridge dan refrain.

Tentang Apakah “Going Under”?

Dari sebuah wawancara disebutkan lagu ini bercerita tentang sebuah hubungan yang secara emosi dan fisik merusak seseorang. Si perempuan menerima perlakuan yang tidak layak, dari sisi verbal dan fisik dari kekasihnya. Lama-kelamaan di satu titik, ia pun menyadarinya dan berbalik. Ia memutuskan menyudahinya. Kondisi tersebut harus berubah.

Amy lee

Hubungan dengan diwarnai kekerasan seperti ini memang tidak sehat. Ada yang merasa hal semacam itu bentuk cinta. Padahal itu tidak benar. Itu hanya semacam ilusi, tidak nyata. Kasih sayang yang nyata tidak akan berupaya menyakiti pasangannya. Namun biasanya ‘korban’ lah yang harus menentukan sikap dengan didukung orang sekitarnya.

Now I will tell you what I’ve done for you
Fifty thousand tears I’ve cried
Screaming deceiving and bleeding for you
And you still won’t hear me

Don’t want your hand this time I’ll save myself
Maybe I’ll wake up for once
Not tormented daily defeated by you
Just when I thought I’d reached the bottom
I’m dying again

I’m going under, (going under)
Drowning in you, (drowning in you)
I’m falling forever, (falling forever)
I’ve got to break through, I’m going under

Lagu ini ditulis oleh Amy Lee, Ben Moody, dan David Hodges. Lagu ini memiliki unsur gothic yang kental dengan piano, permainan solo gitar, dan loop seperti dalam tembang soundtrack “Charmed”. Lagu ini mendapat banyak apresiasi. Salah satunya meraih sorotan dari Kerrang!

Aku suka video klipnya. Digambarkan Amy sedang bersiap untuk pentas. Lalu ia merasa wajahnya seperti mengalami distorsi. Ketika kemudian ia tampil di panggung ia melihat wajah penonton berubah seperti zombie. Hingga saat ini video klipnya di YouTube telah disimak lebih dari 160 juta.

Oh ya omong-omong aku merasa lagu ini sedikit mirip dengan bait-bait awal “Lathi” dari nuansa dan temanya. Temanya sama yaitu hubungan yang tidak layak diteruskan. Mungkin “Going Under” menjadi salah satu inspirasi dari “Lathi” dengan unsur gothic di awal tembang. Sama-sama bagus sih lagu dan video klipnya.

Omong-omong bagaimana kabar Amy Lee? Meskipun Evanescence sudah tidak aktif, ia masih berkecimpung di dunia musik. Ia terlibat dalam beberapa proyek skoring dan soundtrack film, juga album anak-anak.

Going under evanescence

Gambar: IMDb/Evanescence

~ oleh dewipuspasari pada Juni 13, 2020.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: