Call It Fate Call It Karma, Tembang The Strokes yang Bikin Candu

call it fate, call it karmaLima tahun lalu aku pernah menulis tentang tembang-tembang The Strokes yang ‘perlu’ didengar. Rupanya band asal New York ini akan manggung di Jakarta pada 21-23 Juli 2023. Alhasil artikel lawas tersebut jadi lumayan banyak pembacanya. Tapi aku malu, ada tembang yang tertinggal. Tembang The Strokes yang sungguh bagus. Call It Fate, Call It Karma, judulnya.

Ketika aku mendengarkan lagu-lagu secara acak, lagu ini direkomendasikan olehku.  Aku langsung menyukainya, baik dari segi nuansa yang hadir ketika mendengar lagu ini, nada-nada falsetto si penyanyi, liriknya yang muram namun romantis, juga musiknya. Aku suka semuanya dan penasaran dengan penyanyinya. Rupanya band yang membawakan tembang ini adalah The Strokes. Wah aku melewatkan lagu ini. Lagu Call It Fate, Call It Karma ini pantas masuk sebagai tembang masterpiece Julian Casablancas dan kawan-kawan.

Menurutku  Call It Fate, Call It Karma itu lagu cinta yang tak terbalas. Liriknya sedih juga indah. Coba perhatikan baris refrain-nya:

Can I waste all your time here on the sidewalk?
Can I stand in your light just for a while?
I’ve waited around to wait in a room
Having a hard time watching you

(lirik ditulis oleh Julian Casablancas / Fabrizio Morretti / Nick Valensi / Albert Jr Hammond)

Vibe lagu ini membuat pendengar seperti terlempar ke era tahun 80-an. Gaya bernyanyi Julian dengan nada-nada tinggi begitu impresif, aku tak pernah membayangkan Julian bisa bernyanyi seperti itu. Indah. Musiknya membuat pendengar seperti sedang bermimpi. Ini membuatku seperti bermimpi tentang sebuah kisah cinta yang nelangsa.

Lagu ini underrated. Rupanya lagu ini tak jadi andalan dalam album kelima mereka yang rilis tahun 2013, Comedown Machine. Alhasil lagu ini kurang populer, padahal sungguh bagus.

Wah sayang aku tak punya bujet lebih untuk menonton aksi panggung mereka. Duh pengin sih melihat Julian dkk membawakan lagu ini. Lagu Call It Fate, Call It Karma sendiri termasuk jarang ditampilkan mereka di atas panggung.

Gambar dari Stereogum

~ oleh dewipuspasari pada Juli 9, 2023.

2 Tanggapan to “Call It Fate Call It Karma, Tembang The Strokes yang Bikin Candu”

  1. satu dari sekian lagu favorit, selain chances

Tinggalkan komentar