Ghost in The Shell Tayang 29 Maret

Ghost in The Shell yang diangkat dari manga, film animasi dan video game populer di Jepang diangkat ke layar lebar dalam format live action. Filmnya bakal rilis Rabu (29/3). Tokoh utamanya, si Mayor perempuan yang disegani diperankan oleh si cantik Black Widow eh Scarlet Johansson.

Meski judulnya ada embel-embel ‘ghost’, film ini bukanlah bergenre horor, melainkan fiksi sains dimana penduduk dunia bukan hanya bangsa manusia, melainkan juga bangsa cyborg. Pada masa depan, si Mayor merupakan cyborg pertama yang setelah mengalami kecelakaan diubah menjadi tentara dengan menggabungkan tubuh manusianya dengan mesin. Ia diubah menjadi tentara super untuk membasmi kejahatan. Ia memiliki tim dan sejumlah anak buah yang loyal yang disebut Section 9, dimana tugasnya mengatasi cyber criminal dan memburu para cracker.

Namun kemudian ia sadar akan satu hal, yaitu hidupnya sebenarnya bukan diselamatkan melainkan dicuri. Ia lalu berupaya mengingat masa lalunya untuk mengetahui siapa yang bertanggung jawab mengubah dirinya dan mencegah hal tersebut menimpa ke orang lain. They created me. But they can not control me, ujar si Mayor. Ia pun berhadapan dengan musuh baru, yaitu pemilik Hanka Robotics’ Artificial Inteligence Technology.

Film ini disutradarai oleh Rupert Sanders dengan menjadikan Selandia Baru dan Hongkong sebagai lokasi syuting. Selain Scarlett Johansson, ada nama-nama pemeran dari Jepang, negeri asal Ghost in The Shell. Jajaran pemainnya adalah Pilou Asbaek sebagai Batou, Takeshi Kitano (Aramaki), Juliette Binoche (Dr. Ouelet), Michael Pitt (Kuze), Chin Han (Han),dan Yutaka Izumihara (Saito). Kalau menilik dari trailer dan posternya, Scarlett nampak keren berperan sebagai si Mayor. Mungkin karena pernah berperan sebagai salah satu jagoan di Marvel, ia nampak lincah sekaligus tangguh menjadi sosok tokoh utama di film ini.

Pembuatan film ini sendiri sempat menuai kontroversi, apalagi dengan menjadikan Scarlett yang notabene kulit putih ke dalam film animasi Jepang. Ada isu whitewashing. Apakah Hollywood takut jika film bakal flop apabila tokoh utamanya adalah bangsa Jepang? Namun, ada juga si pembela Scarlett dimana pembelaannya berdasarkan kisah masa lalu Mayor yang tidak jelas asal usulnya. Mungkin karena alasan tersebut maka nama lengkap si Mayor, Mayor Motoko Kusanagi tidak disebutkan.

Ghost in The Shell: Anime yang Kompleks
Entah bagaimana nantinya manga yang digarap oleh Masamune Shirow ini diangkat ke layar lebar, namun berdasarkan pengalamanku menonton versi animenya, film ini lumayan kompleks. Bagus, tapi cenderung rumit. Motoko Kusanagi seorang tokoh utama yang tidak banyak berbicara, dan menurutku yang lebih menarik adalah jajaran anak buahnya yang memiliki kemampuan spesifik per individunya.

Ghost in The Shell alias Kōkaku Kidōta dirilis versi animenya sejak tahun 1995. Sejak itu sudah beberapa film animasinya dirilis baik dalam format layar lebar maupun yang ditayangkan di televisi. Film ini menurutku terpengaruh oleh anime Matrix, ada nuansa muram dan gelap di balik kecanggihan teknologi masa itu.

Berlatar tahun 2029, Motoko ibarat hantu dalam tubuh robotnya, benarkah ia masih memiliki jiwa manusia? Benarkah para manusia buatan tersebut memiliki jiwa atau sekedar ‘hantu’? Dalam anime tahun 1995 ia berupaya mencari tahu dalang di balik para cracker yang menyerang otak para cyborg dan manusia agar dapat dikontrol (Puppet master). Dalam film tahun 2002 ada latar perang dunia.

Hemm jadi penasaran seperti apakah anime beken ini dalam format layar lebar live action.

gambar dari 1 dan 2

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Maret 27, 2017.

4 Tanggapan to “Ghost in The Shell Tayang 29 Maret”

  1. Wah udah kelar aja resensi padahal filmnya baru keluar lusa..

  2. Filmnya memang beda dg anime. Tapi ya lumayanlah adaptasinya….pernah lihat yg lbh parah…Scarlett mendongkrak benar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: