My Neighbor Totoro: Spirit Pohon yang Baik Hati

Kakak beradik Satsuki dan Mei Kusakabe, beserta ayahnya pindah ke sebuah desa kecil pada tahun 1958. Ibu mereka tinggal di rumah sakit di dekat desa tersebut dan sedang dalam proses penyembuhan setelah menderita sakit yang berpanjangan.

Ayah mereka seorang profesor dimana larut dalam pekerjaan dan sibuk membagi waktu untuk memberikan perhatian ke kedua anak dan istrinya. Satsuki mencoba menjadi kakak yang baik. Ia menjaga adiknya dan melakukan pekerjaan rumah dibantu nenek yang rumahnya tak jauh dari mereka. Saat membersihkan rumah tua tersebut bersama adiknya, ia menemukan debu yang bisa bergerak-gerak seperti spirit yang biasa disebut susuwatori. Spirit seperti debu itu pindah tempat mencari rumah baru.

Suatu ketika Mei bertemu spirit bertelinga seperti kelinci. Ia mengikutinya dan bertemu sosok raksasa yang mirip spirit yang diikutinya. Ia menyebutnya Totoro dimana berumah di pohon kamfer raksasa di dekat rumah mereka. Sayang kakak dan ayahnya belum bertemu dengannya. Si ayah berkata ia adalah penjaga hutan dan akan muncul jika ia merasa perlu.

Akhirnya Satsuki bisa bertemu Totoro ketika ia menunggu bus ayahnya. Bus ayahnya belum kunjung datang dan hujan deras. Si Totoro hanya punya selembar daun sehingga Satsuki meminjamkan payungnya. Sebagai hadiah, Totoro memberinya benih tanaman dan kacang. Ia lalu pergi bersama bus berbentuk kucing (catbus).

Konflik makin pelik ketika si Ibu dikabarkan kondisinya memburuk. Mei merasa sedih karena jadwal berkunjung ditunda. Ia menghilang. Satsuki pun kebingungan mencarinya. Seisi desa membantunya tapi tak berhasil. Akhirnya ia menuju pohon kamfer, meminta bantuan si spirit hutan. Berhasilkah Satsuki menemukan adiknya?

Saya suka sekali dengan Totoro yang seperti perpaduan kucing, burung hantu dan kelinci. Lucu menggemaskan, demikian juga kawan-kawannya yang versi mini dan cat bus. Sosok Mei juga menggemaskan.

Ceritanya unik dan segar. Meski film lama tapi tetap enak ditonton sampai sekarang. Coretannya juga indah demikian pula warna-warni dalam animasinya. Indah.

Di sini hubungan kakak beradik digambarkan begitu erat. Si Satsuki begitu sayang ke adiknya, demikian pula sebaliknya. Saat si adik kesepian di rumah, Satsuki pun meminta ijin ke gurunya agar si adik diperkenankan duduk bersamanya di kelas.

Sosok spirit di sini digambarkan liar, tidak jinak dan akrab, tapi juga berkenan membantu manusia. Saat-saat Mei dan Satsuki berinteraksi dengan Totoro cs, tidak jelas apakah itu nyata atau sekedar mimpi.

Film Neighbor Totoro merupakan film Ghibli kali pertama saya tonton. Waktu itu teman saya Dani merekomendasikan film ini dan ternyata memang bagus sekali. Imajinatif. Sejak itu saya dan kakak rajin berburu film Ghibli. Akhirnya sampai saat ini hampir semua filmnya saya tonton, termasuk yang terakhir The Red Turtle. Tapi favorit saya di antaranya My Neighbor Totoro, Whisper of My Heart, Iblard Jikan dan Princess Kaguya.

Film My Neighbor Totoro diputar lagi pada 1-7 Mei di Jaringan XXI dan CGV. Nantinya pada pada 1-7 Juli juga akan diputar film Ghibli lainnya yaitu Ponyo Princess Mononoke (1-7 Agustus), dan Howl’s Moving Castle (1-7 September). Puncaknya adalah acara eksibisi World of Ghibli yang direncanakan dihelat 10 Agustus- 17 September 2017. Pada eksibisi tersebut direncanakan akan diputar belasan film Ghibli.

Detail Film:
Judul : My Neighbor Totoro (Tonari no Totoro)
Sutradara : Hayao Miyazaki
Pengisi Suara: Noriko Hidaka, Chika Sakamoto, dan Hitoshi Takagi 
Produksi : Studio Ghibli tahun 1988
Genre : Animasi, fantasi, segala umur
Rating : 8/10
Gambar : Studio Ghibli dan CGV

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 9, 2017.

5 Tanggapan to “My Neighbor Totoro: Spirit Pohon yang Baik Hati”

  1. Ceritanya agak absurd ya. Saya baru nonton yang spirited away doang itu juga sama, absurd tapi lucu.

  2. Film-film Ghibli memang sangat menarik untuk ditonton

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: