Tetap Prima di Bulan Puasa Bersama Produk K-Link si Pionir MLM Syariah

“Mba’ Dewi, yuk hadir di acara K-Link Festival Ramadhan”. Benakku berputar K-Link itu apa ya? Eh waktu kawanku menyebutkan salah satu produknya yang bernama K-Liquid Chlorophyll, otakku langsung mencerna. Ooh produsennya Cholorophyll…Wah dulu aku dan kawan-kawanku aku suka banget mengonsumsi suplemen kesehatan ini. Baru ngeh jika produsen Chlorophyll adalah K-Link yang merupakan MLM syariah. Wah cocok nih mengonsumsi produk-produk yang sehat semasa bulan Ramadhan ini.

Wuih dengar istilah MLM atau multi level marketing, ada rasa menolak di benak. Terbayang masa-masa ‘kelam’ semasa mahasiswa ketika ‘dijebak’ kawan-kawan mengikuti MLM dimana sistemnya hanya menguntungkan up level. Produk-produk MLM masa itu juga mahal dan kualitas produknya juga sebenarnya standar. Tapi rasa ‘defensif’ ku melonggar ketika mengetahui K-Link merupakan MLM yang memproduksi K-Liquid Chlorophyll dan K-Omega Squa, dua suplemen kesehatan yang beberapa kali kukonsumsi. Rasa penasaranku lebih membuncah dan aku pun menerima tawaran kawanku untuk hadir di K-Link Festival Ramadhan pada Selasa (6/6) di K-Link Tower yang terletak di Gatot Subroto, bersebelahan dengan RS Medistra.

Hiburan lagu-lagu bernuansa Islami

 

Tutorial hijab praktis dan cantik

 

Demo masak menggunakan produk K-Link

Pada K-Link Festival Ramadhan tersebut pengunjung bisa melihat demo masak menggunakan produk K-Link, demo menggunakan hijab agar lebih bergaya, hiburan lagu-lagu Islami, juga beberapa stan yang menjual pakaian dan alat masak. Wah demo masak ini menggoda karena keharuman dan penampilannya mengundang selera. Ada tiga produk K-Link yang digunakan yaitu K-Honey 5 in 1, Golden Valley SOD Tea, dan K-Desert Miracle Virgin Olive Oil. Hasilnya, hidangan berupa Puding Roti Kismis, Ayam Kecap ala Tiongkok, dan Sup Ayam yang nikmat dan sehat.

Sebelum masuk ke acara inti yaitu seminar tentang MLM Syariah dan K-Link, kami diajak tur gedung K-Link. Gedung ini rupanya luas dan memiliki 28 lantai. Lantai dasar diisi dengan K-Link Mart. Yang menarik di lantai dasar ini adalah keberadaan Hands of Fame yang memajang foto dan nama para anggota K-Link yang berhasil menembus peringkat papan atas. Ketika disebutkan perolehan gaji mereka yang masuk Hands of Fame tersebut, saya kontan pengin. Wah kayaknya asyik juga berbisnis MLM.

Hands of Fame yang keren

Selanjutnya kami diajak menuju K-Link Mart yang mirip supermarket modern. Anggota bisa berbelanja dengan mengambil produk yang didinginkan seperti layaknya berbelanja di supermarket. Produk K-Link ternyata beragam dan bukan hanya suplemen kesehatan. Macam-macam dan segala rupa. Ada pasta gigi, produk perawatan kulit, Patpat K-Tupat Mini, minyak zaitun, madu, susu, aneka kopi, sprei, celana dalam, dan masih banyak lagi. Ada lebih dari 100 jenis produk.

Seperti supermarket modern dan ada juga pengantarnya

Produk khas lebaran

Di kompleks lantai dasar ini masyarakat umum juga bisa mendaftar sebagai anggota via K-System Counter. Ada beberapa dekstop yang bisa digunakan untuk memeriksa bisnis tiap anggota, juga disediakan beberapa kursi dan meja dimana anggota bisa istirahat pasca berbelanja, atau melihat-lihat katalog terbaru. Oh ya selain bisa berbelanja di Stockist di berbagai kota seperti Jakarta, Surabaya, Bali, Yogyakarta, Batam, dan Medan, anggota juga bisa menggunakan K-Net untuk berbelanja. Saat ini juga ada inovasi berupa aplikasi mobile K-Link 4D+ yang bisa membuat tampilan katalog menjadi empat dimensi sehingga memudahkan anggota untuk menawarkan produk, juga ada Link Chat Online untuk berkonsultasi.

Bagi anggota yang ingin berdiskusi tentang kesehatan tubuh, juga tersedia layanan dokter pada hari dan jam kerja. Para dokter ini akan memberikan saran dan konsultasi gratis tentang produk K-Link yang cocok digunakan berdasar riwayat kesehatan masing-masing klien. Di lantai dasar ini juga terdapat customer service yang siap menampung keluhan anggota dan masyarakat umum.

Tersedia dokter untuk konsultasi kesehatan

Kami pun kemudian diajak ke lantai tujuh. Nah, di sini terdapat tempat terbuka yang indah dan adem. Wuiih sejuk dan enak buat kongkow juga rapat. Ada juga ruang rapat eksklusif bagi anggota peringkat tertentu. Pada hari Rabu ada momen spesial dimana terdapat makanan dan juga kesempata berdiskusi bersama pimpinan K-Link.

House of Beauty, salon dengan menggunakan produk K-Link

Di lantai tujuhi ni juga ada fasilitas salon dan pujasera. House of Beauty ini bisa buat pria dan wanita, juga bukan hanya ditujukan bagi anggota, tapi kalangan umum. Ada pula ladies time pada hari tertentu dimana pada hari itu hanya pengunjung perempuan yang dilayani. Duh masuk ke salon ini saya jadi ingin melakukan perawatan.

Pada lantai enam sedang ada kegiatan Train For Trainers, yaitu kegiatan untuk meningkatkan kompetensi dan kepemimpinan para upliner tingkat tertentu. Wah mereka semangat sekali meski training diadakan pada bulan Ramadhan.

Suasana Train for Trainers

Mengenal MLM Syariah dan K-Link

Apa sih MLM Syariah dan bedanya dengan MLM konvensional? Pertanyaan tersebut terjawab pada sesi pemaparan dan tanya jawab bersama kelima narasumber dalam seminar bertajuk Bersyariah Bersama K-Link. Para narasumber terdiri atas CEO K-Link Dato’ Radzi Saleh, Dewan Pengawas Syariah H.M Sofwan Jauhari, dan tiga top leader K-Link.

Saat ini memang MLM terkesan negatif dan sering dikaitkan dengan money game. Padahal ada perbedaan signifikan antara MLM dan money game terkait dengan keberadaan produk dan sistemnya. Pada money game produknya belum tentu ada dan jikapun ada telah terjadi mark up berlebihan, anggota harus membayar biaya pendaftaran dan sistemnya juga menguntungkan para top level.

Para narasumber Besyariah Bersama K-Link

K-Link sendiri merupakan MLM yang berpusat di Malaysia dan kemudian berdiri di Indonesia pada tahun 2002. K-Link menjadi pionir MLM syariah dimana marketing plan-nya telah mendapatkan sertifikat syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI tahun 2010, kemudian diperpanjang tahun 2013 dan 2017.

Lantas apa bedanya dengan MLM konvensional? Pada MLM syariah dituntut untuk  sejalan dengan bisnis syariah. Oleh karenanya harus diawasi dan didampingi oleh Dewan Pengawas Syariah yang ditetapkan DSN MUI, jelas Sofwan Jauhari. Pada MLM syariah juga disyaratkan untuk menjual produk yang benar-benar memiliki manfaat, aman dikonsumsi dan pastinya halal, memiliki ijin dari lembaga terkait, dijual dengan harga yang wajar, serta tidak terjadi mark up yang berlebihan.

K-Link selain mendapatkan sertifikat halal dan sertifikasi syariah juga telah memiliki surat izin usaha penjualan langsung dan menjadi anggota Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia. Pada marketing plan K-Link tidak terdapat real passive income. Artinya, setiap anggota, apapun peringkatnya, tetap diminta untuk bekerja keras. Para upliner dan leader tidak boleh melakukan eksploitasi kepada downliner-nya. Mereka diminta untuk bekerja bersama-sama dan tumbuh sukses beriringan setimpal dengan kerja kerasnya.

Menurut Dato’ Radzi, bisnis MLM syariah ini memiliki peluang besar di Indonesia. Pangsa pasar produk K-Link di indonesia cukup besar, yaitu 30 persen. Ia yakin bisnis ini akan terus tumbuh karena produk-produknya banyak disukai berbagai kalangan karena bermanfaat bagi kesehatan dan harganya wajar. Ia juga menekankan bahwa K-Link bisa menjadi solusi bagi masyarakat Indonesia yang ingin belajar berbisnis dengan modal kecil.

CEO K-Link Dato’ Radzi menjelaskan seputar K-Link

Produk K-Link Menjaga Puasa Tetap Prima dan Sehat

Bulan puasa cocoknya mengonsumsi sesuatu yang sehat dan mampu menjaga stamina tubuh agar tetap bisa tampil prima. Dua produk K-Link yang berkesan dan beberapa kali kucobai adalah K-Liquid Chlorophyll dan K-Omega Squa. Keduanya adalah produk suplemen kesehatan.

Saat dulu sering mengonsumsi Chlorophyll badan terasa jauh lebih segar dan tubuh terasa prima. Dulu saya kuliah sambil bekerja. Bekerja dari pukul 07.45-16.30 kemudian dilanjut kuliah pukul 19.00-21.30 WIB. Awal-awal saya sering mudah lelah dan mengantuk, kemudian saya pun mengonsumsi Chlorophyll untuk menjaga stamina dan kesehatan badan. Hasilnya saya bisa melakukan kedua kegiatan tersebut dengan maksimal. Kemudian saya mencoba K-Omega Squa dan efek ke tubuh juga bagus.

Saya juga pernah mencobai Coffee with Ganoderma & Ginseng Extract. Rasanya nikmat dan cocok diminum saat petang, pasca lelah bekerja dan mempersiapkan fisik untuk berkuliah pada malam hari. Produk K-Link rata-rata memiliki konsep membersihkan tubuh dari toksin, menyeimbangkan, mengaktifkan sel tubuh, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Pasca even K-Link Festival Ramadhan ini saya pun mencobai berbagai produk K-Link. Saya ingin tampil prima dan sehat meski sedang berpuasa.

Produk perawatan tubuh, hand & foot cream dan pasta gigi

Saat puasa, biasanya kurang pede saat membuka mulut. Hal ini ditanggulangi dengan pasta gigi Mu’min yang mengandung siwak, lemon dan cengkeh. Siwak sejak jaman Nabi sering digunakan untuk membersihkan gigi, lemon memberikan rasa segar dan cengkeh memiliki zat antibakteri. Pasta gigi ini ketika digunakan memberikan rasa segar, kesat, dan bersih pada gigi. Sedangkan sikat giginya memiliki bulu sikat yang lembut, tangkainya juga pas dan nyaman digenggam.

Agar kulit saat berpuasa tetap lembut dan terawat, maka bisa menggunakan K-Care Hand & Foot Cream. Krimnya mudah meresap di kulit dan kulit jadi berasa lembab dan lembut. Harumnya juga lembut. Cocok sih bagi perempuan seperti saya yang suka bepergian dan aktif.

Bagaimana dengan produk minumannya? Ehem untuk K-Coffee Durian menurut saya cocok bagi pecinta durian. Aromanya’duriannya’ banget. Berhubung saya kurang suka durian maka saya pun agak ‘kaget’ dengan wangi dan rasanya yang unik. Tapi, suami suka dan kopi duriannya ludes diminumnya. Selera orang memang berbeda. Susu skimnya saya suka. Tidak begitu manis dan rasanya gurih. Susu skim ini mengandung kolostrum yang baik untuk daya tahan tubuh. Untuk K-Liquid Kolagen dengan rasa leci menurutku enak dan segar. Eh ada kolagennya lho, bisa bikin kulit halus dan berkilau. Sedangkan K-Honey 5 in One bukan sekedar madu, ada tambahan ekstrak buah kurma, anggur dan delima juga royal jelly. Madu ini enak untuk disesap langsung atau dicampur dengan air putih. Rasa manisnya tidak enek.

Aneka produk minuman K-Link yang tidak hanya nikmat tapi juga menyehatkan.

Harga produk K-Link menurut saya sih masih wajar dan kualitasnya pun oke. Kalau misalkan jadi anggotanya dan hanya berniat sebagai konsumsi pribadi saya rasa sih cukup menguntungkan karena bisa mendapatkan produk berkualitas dengan harga anggota. Apalagi selama bulan Ramadhan ini ada promo paket yang menarik.

Sementara itu, apabila Kalian berniat serius mendalami bisnis MLM syariah K-Link ini dengan mengikuti marketing plan-nya maka hasilnya akan lumayan besar, cocok sebagai usaha sampingan atau ditekuni sebagai profesi utama.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 12, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: