Brainiac vs Superman+Batman

Apa yang terjadi jika pada Injustice 1, masa ketika Superman menjadi diktaktor berlaku? Apa yang bakal terjadi dengan bumi bila Brainiac mengancam sementara kejiwaan Superman masih labil? Dilema Batman antara bersekutu dengan Superman dan melawan Brainiac dengan kemampuannya yang terbatas menjadi inti dalam kisah game Injustice 2: God Among Us.

Dulu waktu aku masih kecil dan remaja menganggap kisah-kisah superhero adalah hiburan. Aku menganggapnya kisah hitam putih, dimana kebaikan pasti akan menang melawan kejahatan. Namun, seiring kedewasaanku, aku menganggap para superhero adalah manusia biasa. Dimana bisa saja mereka berubah karena kondisi atau guncangan psikis yang memaksa mereka.

Superman dilimpahi oleh kekuatan. Ia alien yang baik hati. Setelah dewasa dan bekerja di Daily Planet, ia jatuh hati pada Lois Lane. Keduanya menjadi tim, menikah dan kebahagiaan mereka bakal semakin lengkap dengan kehadiran bayi yang dikandung Lois. Dunia sendiri masa itu juga lumayan damai meski terkadang ada riak-riak dari gangguan para kriminal seperti Joker cs, berkat kerja sama Justice League.

Kondisi damai itu berubah seperti yang pernah diperingatkan dalam Barry The Flash dan mimpi buruk Batman dalam film Batman v Superman. Kunci kedamaian itu terletak pada Lois Lane.

Ketika Lois tewas karena ulah Joker, Superman sontak berubah. Ia menjadi diktator dan membunuh para superhero yang berlawanan dengannya seperti dalam kisah Injustice I. Cerita ini menurutku sangat kelam. Aku tak tahu bagaimana reaksi penonton awam, mereka yang bukan fans DC Comics, akan menyikapinya. Dalam game Injustice I ada waktu alternatif dimana di waktu alternatif itu Justice League berhasil mencegah Joker sehingga kejadian mengerikan itu tak terjadi. Tapi di masa ketika Lois tewas, Superman tetaplah diktator.

Kisah dalam Injustice II ini mengikuti timeline ketika Superman menjadi diktator. Ia mendapat hukuman penjara di sebuah penjara khusus yang dapat melemahkan kekuatannya. Selain Superman, yang dihukum adalah Damian, Robin baru, yang merupakan putra Batman. Damian memiliki karakter cenderung gelap mewarisi karakter ibunya. Ia cemburu pada Robin karena Batman nampak lebih menyayangi Robin daripada putranya. Damian mendukung kediktatoran Superman karena ia menganggap ayahnya hanya manusia biasa tanpa kekuatan super.

Hanya ada dua superhero itu yang dihukum. Lainnya menjadi tahanan rumah. Sedangkan pendukung garis keras Superman lainnya masih bebas, seperti Wonder Woman, Cyborg dan Black Adam. Diam-diam mereka mengatur strategi untuk melumpuhkan Batman dan membebaskan Superman.

Di tempat lain di planet Krypton, Kara, sepupu dan pelindung Superman, dikejar oleh berbagai android. Ia diselamatkan oleh Ibu Superman dan memintanya menjaga putranya yang dikirim ke bumi. Seluruh planet Krypton dan penghuninya hancur oleh ulah Brainiac. Kara datang terlambat ke bumi, sehingga penampilannya terlihat lebih muda daripada Superman. Di bumi, Kara berkekuatan super dan menjadi Supergirl.

Sudah beberapa tahun pasca rezim Superman dihentikan. Batman selalu merasa gundah. Ia ingin sahabatnya, Clark Kent, menjadi seperti dulu. Ia benci dengan kondisi masa kini dimana ia harus ekstra kerja menjaga keamanan warga dengan kawan-kawannya yang dipercaya. Sejak rezim Superman, lingkaran kepercayaannya berkurang. Hanya Black Canary dan Green Arrow yang dipercayainya. Selain itu ada dua anggota baru, Firestorm dan Blue Beetle yang mendapat jatah menjaga Superman. Ia punya mesin pengawas dan penjaganya adalah Harley Quinn yang labil. Sejak Joker tewas, ia berada di kubu Batman.

Ada sesuatu aktivitas mencurigakan dilakukan kelompok yang menyebut dirinya Society. Ada Gorilla Grodd yang cerdas sebagai pemimpinnya. Anak buahnya ada Poison Ivy, Deadshot, Scarecrow, Captain Cold dan Cheetah. Rupanya mereka hanya pion, di balik itu ada kekuatan besar, Brainiac.

Batman semakin gundah. Beruntung Flash dan Green Lantern kembali memihaknya. Tapi kekuatan mereka bakal tidak mampu melawan Brainiac dan pasukannya. Mereka perlu bantuan kubu Superman cs. Apa yang bakal dipilih oleh Batman?

Menurutku kisah dalam game juga animasinya luar biasa. DC Comics berhasil menghasilkan kisah yang kelam, suram tapi juga lebih nyata. Di kisah ini para karakter Superhero terlihat lebih tergali dan terlihat, bagaimana Catwoman yang kerap berperan sebagai agen ganda dengan tujuan membantu Batman. Green Lantern yang masih kesulitan mengontrol emosinya, padahal dulu ia sempat menjadi ketua Justice League, Black Adam yang punya kekuatan unik memadukan unsur magis, dimana mengingatkanku pada Doctor Strange. Supergirl di sini nampak polos dan kaget melihat perubahan karakter Superman dan Wonderwoman.

Oh ya Wonderwoman di beberapa animasi dan kisah game merupakan superhero yang kurang menyenangkan. Padahal film layar lebarnya yang diperankan Gal Gadot menarik dan karakternya terkesan polos. Di film animasi terlihat obsesinya mendekati Superman dan berupaya menjadi pasangan penguasa dunia.

Yang paling mengagumkan dari perkembangan karakter DC Comics adalah Batman. Aku suka akan Batman dan semakin mengaguminya ketika beberapa kali menonton kisah game, komik dan animasinya. Ia sosok pahlawan sebenarnya. Ia tak memiliki kemampuan super, ia banyak diremehkan musuh karena hanya manusia biasa. Tapi ia berhasil mengalahkan Wonder Woman, Black Adam, bahkan Aquaman dengan kombinasi kekuatan dan kecerdikannya.

Clark Kent mengagumi Bruce Wayne dan sering memuji kecerdasan dan kecerdikannya. Batman selalu punya akal, ia detektif dan pemimpin strategi dalam Justice League. Ia selalu tiga langkah di depan.

Batman suka meneliti. Ia mempelajari kemampuan kawan-kawan dan musuhnya. Ia memiliki beragam senjata untuk melemahkan kekuatan. Jika kekuatan superhero melemah seperti manusia biasa, maka Batman akan lebih unggul. Dan yang tak dikira-kira musuh dan kawannya, ia berani menantang Brainiac, sementara Brainiac melecehkannya dan menganggapnya musuh yang tak patut dihiraukan.

Kalian yang suka game dan kisah superhero DC Comics, pasti Kalian akan menyukai game Injustice yang dirilis oleh NetherRealm Studios ini. Apalagi ada dua akhir kisah yang bisa Kalian pilih jika memilih salah satu kubu di pertarungan akhir. Wuih penasaran kira-kira beranikah DC Comics mengangkat kisah suram ini dalam layar lebar?

Batman yang cerdik (skrinsut dari https://www.injustice.com/characters/batman)

Gambar cover: Comicbook

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 16, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: