Blogger Ternyata Juga Punya Aturan Lho

Sudah lama ku bergabung menjadi kompasianer, tapi aku sangat jarang mendapatkan ilmu dari pendiri salah satu citizen journalism ini. Nah, pada acara akademi menulis yang diadakan Danone bekerja sama dengan Kompasiana, aku mendapat berbagai wejangan dan teknik menulis. Rupanya menurut kang Pepih Nugraha, blogger alias citizen reporter juga punya aturan.

Ada tiga aturan pokok yang wajib diketahui oleh para blogger. Mungkin di antara Kalian sudah sering mendengarnya. Tidak apa-apa kan kuulang sebagai pengingat?

Yup, aturan pertama adalah “You are not journalist, you are citizen reporter“. Ya, Kalian sebagai blogger harus paham Kalian bukan jurnalis. Oleh karena jurnalis punya kantor, di bawah aturan kantor, kode etik wartawan, dan ketika bermasalah maka penanganannya berbeda. Ada istilah mediasi, hak jawab jika ada somasi. Tapi jika blogger menyebarkan berita fitnah maka ia bisa dijerat dan mendapat hukuman pidana.

Aturan kedua ini juga yang harus digarisbawahi, yaitu:

“You don’t need code of conduct
You don’t need even code of ethics
You just need an universal code”

Maksudnya, blogger tidak seperti pegawai di sebuah institusi yang terikat dengan aturan perusahaan (code of conduct), atau seperti wartawan yang memiliki kode etik. Namun, blogger wajib tahu dan menerapkan nilai-nilai moral yang berlaku universal. Contohnya adalah ketika membuat dan menyebarkan artikel maka kontennya tidak menipu, tidak berbohong, tidak menyesatkan, juga tidak memuat hal-hal berbau prostitusi dan judi.

Aturan terakhir yaitu “You are responsible to yourself“. Maknanya, mulutmu harimaumu. Tulisan yang Kamu unggah di blog akan dibaca warganet dari seluruh dunia. Dinding itu mendengar dan mencatat, jadi Ketika akhirnya Kamu hapus artikelmu tersebut, jejak mayanya masih tersimpan. Oleh karenanya baca kembali apa yang Kamu tulis sebelum diunggah. Jangan menulis Ketika Kamu benar-benar marah atau kecewa kecuali untuk tulisan kreatif seperti puisi atau cerpen. Karena yang bertanggung jawab akan artikel tersebut tetap Dirimu.

Kalian tidak perlu menghafalkan aturan tersebut. Oleh karena aturan tersebut umumnya alami mengalir ketika Kalian sering menulis dan hendak mengunggah artikel ke dunia maya.

Selamat menulis, selamat beristirahat pada Minggu siang cerah ini:)

Gambar bawah dari pexels

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 12, 2017.

7 Tanggapan to “Blogger Ternyata Juga Punya Aturan Lho”

  1. Makasih nih mba informasinya.Ya,intinya harus hati2 juga ya dalam menulis.

  2. Makasih infonya…menulis dngan sedikit ke hati2an, kalau pun mengkritik apapun baiknya dngan bahasa yg layak atau santun. Jangan sekenanya ya ga?

  3. Pas ka. Tanggung jawab blogger harus ditekankan agar tidak terjerat kasus pidana

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: