Berkomunitas itu Bikin Sama-sama Berkembang

Buat apa sih ikut komunitas ini dan itu? Mungkin Kalian pernah ditanyai hal seperti itu oleh kawan-kawan Kalian. Ada pula yang mungkin penasaran apakah ada keuntungan ketika turut aktif dalam sebuah komunitas. Hemmmm apa ya keuntungannya, susahnya sih ada, tapi positifnya lebih banyak.

Pada waktu masih duduk di bangku sekolah dan kuliah aku mulai suka bersosialisasi. Kalau kupikir-pikir hal ini sebuah paradoks. Aslinya aku pemalu, kutu buku, dan anak rumahan. Ikut organisasi ini dan itu bagiku sebenarnya merupakan ujian untuk keluar dari zona nyaman.

Dulu rasa penasaranku tinggi, jadinya selain ikut-ikutan di kegiatan remaja masjid dan karang taruna di kampung, aku pun mengikuti ekskul Teater, juga pernah terlibat di ekskul karya ilmiah dan majalah sekolah. Aku juga pernah iseng-iseng ikut wushu. Sayangnya waktu itu sudah kelas tiga SMA, jadinya hanya beberapa bulan mengikutinya.

Ketika kuliah, aku juga aktif berorganisasi. Ikutan menjadi pengurus di himpunan mahasiswa, ikut-ikutan acara BEM, juga sempat aktif di unit kegiatan mahasiswa Kopma, fotografi (Ukafo), dan Paduan Suara Mahasiswa. Kegiatan-kegiatan tersebut cukup menyita waktu dan tenaga, akan tetapi menyenangka. Aku bisa dapat banyak teman dari berbagai jurusan, mendapat ilmu kepemimpinan, dan juga mendapat hiburan. Rasa lelah terbayar, lebih banyak hal-hal yang menyenangkannya.

Saat era bekerja aku mulai jarang berkomunitas. Dulu-dulu hanya ikut-ikutan acara yang diadakan majalah perempuan, grup indobackpacker, couchsurfing Indonesia dan masih banyak lagi. Sifatnya hanya pasif, hanya sebagai peserta kegiatan.

Baru pada era blogger, aku mulai ikut-ikutan menjadi anggota komunitas blogger dan forum pecinta film. Sejak tiga tahun lalu komunitas-komunitas ini bermunculan. Aku hanya berperan sebagai anggota. Yang menjadi pengurus hanyalah komunitas film di Kompasiana yang disebut KOMiK. Sudah hampir dua tahun aku menjadi salah satu adminnya. Tugasnya apa ya? Yang pasti tak jauh-jauh dari nonton bareng, mengadakan acara nonton antimainstream, juga menggelar lomba nulis tentang perfilman, juga diskusi tentang perfilman seperti cara bikin skenario dan membuat ulasan film.

Berkenalan dengan Blogger Perempuan Network
Salah satu komunitas blogger yang kuikuti adalah Blogger Perempuan Network. Sepertinya sudah dua tahun aku bergabung dengan komunitas ini. Aku sendiri seingatku belum pernah mengikuti ajang kumpul daratnya. Namun, aku suka mengikuti agenda offline-nya dan membaca beberapa artikelnya yang cocok denganku.

Sama dengan komunitas lainnya, Blogger Perempuan Network juga bertujuan meningkatkan kualitas dan kompetensi anggotanya. Ada banyak tawaran yang menguntungkan bagi anggotanya, dari workshop menulis, lomba-lomba blog, hingga tulisan dan post foto atau cuitan berbayar. Persyaratannya juga terbilang tidak begitu menyusahkan untuk mengikuti aneka program tersebut.

Nah, sejak beberapa lalu aku juga mengikuti one day one post dalam rangka tantangan 30 hari menulis blog. Tantangan ini diadakan oleh Blogger Perempuan Network dan ternyata peminatnya cukup banyak. Tantangannya masih 26 hari lagi hahaha, masih lama. Moga-moga aku mampu mengikutinya hingga tamat.

Gambar dari pixabay

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 23, 2018.

2 Tanggapan to “Berkomunitas itu Bikin Sama-sama Berkembang”

  1. Iya sih, wlau berkomunitas itu bikin sibuk, tp asyik. Bnyak ilmu dan pnglman tentunya yg didapat dan itu baik bagi pengembangan diri.

    Dulu waktu SMA pernah ikut wushu juga? Aku jg pernah wlau akhirnya juga keluar 🙂

    Oya, challenge ini diikuti oleh Grant Gloria jg, kyaknya? Hehe … 💪

    • Haha iya nih agak menyesal dulu nggak begitu serius ikutan wushunya. Mungkin karena saat itu sudah kelas tiga SMU.
      Bisa jadi sih Gloria juga ikutan soalnya anggota BPN cukup banyak.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: