Apa Kekuatanmu?

Apa kekuatanmu? Biasanya pada saat melamar pekerjaan hal ini ditanyakan. Namun, sebenarnya apa yang dimaksud kekuatan, apakah bakat, hal yang kamu minati atau hal-hal yang kamu kuasai selama kuliah atau ketika bekerja? Yuk bahas masalah kekuatan.

Dalam kursus online yang aku ikuti di LinkeIn Learning terdapat materi kursus yang ringan tapi bermanfaat. Judulnya “Discovering Your Strength”. Kursusnya hanya berlangsung sekitar satu jam dan terdiri dari enam bagian. Satu bagian bisa terdiri dari 2-4 video pendek dan diakhiri dengan kuis persesinya. Pemberi materi yaitu Dave Crenshaw yang merupakan pembicara utama dalam pelatihan kepemimpinan dan penulis kepemimpinan produktif.

Ya, topik ini menarik. Terutama, bagi mereka yang masih bingung menentukan kekuatannya dan masih bertanya-bertanya apakah pekerjaan saat ini sudah cocok dengan kelebihan, minat, atau bakat.

Secara garis besar kekuatan ditentukan oleh kombinasi tiga hal yaitu bakat, minat, dan keahlian. Jika seseorang dapat menggabungkan ketiga hal tersebut maka ia akan memiliki kekuatan yang besar.

Bakat merupakan karunia yang diperoleh sejak kecil. Ia tak perlu memerlukan kerja keras untuk melakukannya padahal orang lain mungkin perlu waktu dan upaya untuk melakukannya. Contoh bakat misalnya bernyanyi, menari, bermain alat musik, menghitung dengan baik, menulis, mengingat dengan mudah, berjualan, dan sebagainya.

Minat atau hal yang disukai yaitu hal-hal yang kamu sukai lakukan dan membuatmu larut ketika melakukannya. Misalnya kamu suka bermain gim, memasak, atau membuat cerita.

Sedangkan keahlian adalah hal-hal yang kamu peroleh lewat latihan terus-menerus, ilmu yang kamu peroleh sejak kuliah atau di tempat kerja dan kamu kemudian mampu melakukannya dengan baik. Contohnya ilmu akuntansi, kemampuan membuat strategi pemasaran dan sebagainya.

Ketiga hal tersebut akan sangat hebat jika dikombinasikan. Tapi yang paling penting adalah kamu mengetahui tiap-tiap bakat, minat, dan keahlian. Temukan yang paling utama dan paling baik, kemudian tingkatkan terus-menerus.

Dalam kursus tersebut terdapat pedoman cara menemukan bakat, minat, dan keahlian. Kemudian tanyakan ke orang terdekatmu dan lakukan pemetaan sehingga Kamu menemukan keunggulan utamamu. Selanjutnya bandingkan antara kekuatanmu dengan pekerjaan saat ini, banyakkah yang mendukung atau tidak ada sama sekali.

Kursus menemukan kekuatanmu ini menarik dan bisa jadi kamu akan merenung karena bisa jadi kekuatanmu saat ini jauh lebih besar dari yang kamu ketahui. Luangkan waktu satu jam untuk menemukan kekuatanmu.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 28, 2019.

4 Tanggapan to “Apa Kekuatanmu?”

  1. Wah iya makasih dew.

  2. Wah, sy jd penasaran ni dg kursus tsb.

    Trims buat sharingnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: