Bandeng Presto

Aku suka menyantap bandeng presto. Bandeng ini punya duri yang lunak sehingga bisa disantap. Rasanya juga khas.  Selain bandeng, bahan makanan yang biasanya suka dipresto yaitu ayam goreng tulang lunak. Bagian tulangnya jadi bisa disantap hingga tak tersisa. Nah kemudian muncul menu lainnya bebek presto dan daging presto.

Apabila ke Sidoarjo aku suka membeli oleh-oleh bandeng presto. Dulu waktu tinggal di Surabaya juga ada banyak yang menjual bandeng presto. Aku suka lauk ini rasanya gurih, harum, dan punya ras khas tersendiri. Oleh karena durinya bisa disantap maka porsi ikan yang bisa dimakan pun bertambah. Tapi tetap si meong pastinya tetap kebagian. Kasihan jika semuanya kulahap.

Menyantap bandeng presto dengan nasi hangat wah rasanya selangit. Apalagi ada teman sambal dan sayur bayam. Wah sedapnya. Duh jadi pengin nih.

Biasanya aku membeli bandeng presto itu ketika sedang bepergian ke Surabaya, Sidoarjo, atau ke Semarang. Biasanya ada juga menu bandeng asap selain bandeng presto ini. Aku lebih yang presto karena harumnya segar khas ikan.

Aku sendiri belum pernah menggunakan panci presto. Aku tak memiliki alat ini, dulu pengin tapi belum kesampaian juga. panci presto ini memasak dengan bantuan tekanan uap tinggi sehingga proses memasaknya lebih cepat, masakan cepat empuk, dan pastinya lebih sehat.

Yang sering diwanti-wanti ketika menggunakan alat panci bertekanan tinggi ini yaitu agar tidak membukanya secara tergesa-gesa. Uap panas itu berbahaya. Aku pernah mengalaminya ketika membuka dandang. Wah panas banget rasanya di kulit. Selain itu disarankan untuk membaca petunjuk menggunakan panci presto tersebut sebelum digunakan.

Ada banyak makanan yang bisa dipresto. Ayam sudah biasa. Bebek yang kulit dan tulangnya keras ternyata juga bisa lunak dengan panci presto ini. Daging juga bakal lebih cepat empuk dengan panci presto ini. Apalagi ya? Daging kambing, kali ya. Kalau lobster dan kepiting dipresto kira-kira bakal seperti apa ya? Lebih enak atau malah citarasanya jadi rusak?

Gambar: selerasa dan pexels

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 17, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: