THR Buat Beli Sukuk?

Tunjangan Hari Raya (THR) menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu selama bulan Ramadan. Seperti namanya tunjangan ini hanya hadir pada saat menjelang lebaran. Biasanya sebagian orang menggunakannya untuk keperluan belanja lebaran. Bagaimana jika tahun ini digunakan untuk membeli sukuk?

Kebutuhan biasanya meningkat jelang lebaran untuk keperluan biaya perjalanan mudik. Besarannya mulai dari ratusan hingga jutaan rupiah bergantung pada tujuan dan mode transportasi. Poin no dua yaitu baju lebaran dan kue-kuenya seperti kue kering, mede, dan kue lainnya. Poin ketiga yaitu bingkisan lebaran dan THR buat petugas keamanan dan ART.

Oleh karena bangku kereta atau pesawat terbatas maka aku biasanya berburu tiket sejak beberapa bulan sebelumnya. Aku juga sudah lama tak pernah membeli baju lebaran. Untuk kue-kuenya paling kue untuk dibagikan ke orang tua dan kue untuk di rumah secukupnya. Karena tak ada ART alias semua pekerjaan rumah tangga kulakukan sendiri maka THR hanya yang sifatnya patungan untuk petugas keamanan dan petugas kebersihan di lingkungan tempat tinggal.

Pengeluaran untuk mudik ini susah dihindari. Besarannya tiap tahun naik. Tapi aku sudah memerkirakannya dan membuat anggarannya tiap tahun. Setelah kuhitung-hitung aku masih memiliki saldo dari THR yang baru kuterima.

Menabung atau Berinvestasi

Ada beberapa rencana yang bisa kulakukan dengan THR. Menghabiskannya untuk kegiatan konsumtif bukanlah karakterku. Aku lebih suka menyimpannya. Kemana tujuan yang pas?

Pilihannya ada tiga menaruhnya sebagai deposito, reksadana pasar uang, atau ke obligasi. Untuk deposito ada beberapa bank yang memesyaratkan besaran minimal Rp 1 juta. Tapi, bunga deposito makin kecil, sekitar 5%/tahun dan belum termasuk pajak.

Sedangkan reksadana pasar uang bisa mulai dari Rp 100 ribu. Yield-nya umumnya hampir sama dengan bunga deposito. Poin plusnya ia bisa diambil kapan saja, sekitar H+2.

Yang paling menarik untuk saat ini yaitu sukuk, ST-004. Sukuk merupakan jenis investasi berupa obligasi syariah. ST-004 memiliki imbal hasil sebesar 7,95 persen/tahun dan besarannya minimal Rp 1 juta dan kelipatannya.

Menurutku sukuk pilihan yang pas. Masa pemesanannya hingga tanggal 21 Mei. Sukuk ini berlaku hingga dua tahun mendatang dan untuk jenis ini tidak diperjualbelikan lagi di pasar sekunder setelah dimiliki.

Sukuk akan kembali ditawarkan pemerintah pada Agustus mendatang. Jadi jika memang THR ludes maka bisa menyiapkan dana untuk tawaran sukuk Agustus dan sekitar bulan November mendatang.

Gambar: pixabay.

~ oleh dewipuspasari pada Mei 19, 2019.

2 Tanggapan to “THR Buat Beli Sukuk?”

  1. Aku sudah beli, terakhir tanggal 21 Mei. Aku beli via internet banking BTN. Banyak bank pemerintah yang jual sukuk, BNI juga bisa

  2. Halo kak, apakah sudah beli Sukuk nya? Beli dimana? Setahuku masih bareksa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: