Mengenalkan Budaya Indonesia ke Anak-anak

Menjadi warga Indonesia itu sebuah anugerah karena kita diberikan kekayaan budaya. Kultur kita begitu beragam dengan begitu banyaknya suku bangsa dari bahasa, aksara, tari-tarian, permainan tradisional dan sebagainya. Tapi bagaimana mengenalkan anak-anak agar mengenal dan bersedia secara sukarela melestarikan warisan budaya ini?

Ada banyak cara yang bisa dilakukan guru dan orang tua mengenalkan akan kesenian dan warisan budaya. Salah satunya lewat bacaan. Buku bergambar dengan warna-warni yang memikat bisa menjadi daya tarik agar mereka juga mulai menyukai literasi. “Dongeng Cinta Budaya” bisa menjadi buku pilihan.

Dalam buku yang ceritanya disusun oleh Watiek Ideo dan Fitri Kurniawan ini ada tujuh cerita yang diketengahkan. Cerita tersebut tentang kebaya, angklung, tari pendet, bagasing, congklak, pempek, dan ondel-ondel. Hayo ada tidak yang belum Kalian ketahui? Jika memang tidak tahu tak masalah, Kalian bisa membaca di buku ini. Oh ya bukunya bilingual dengan narasi yang singkat perhalamannya. Ilustrasinya menawan, dibuat oleh Agus Willy, Fransisca, Feny Tje, Noviyanti Wijaya,  dan Akari Kokoh Ardanu.

Cerita angklung membahas tentang pertunjukan sekolah yang menyajikan angklung. Eh rupanya tamu dari luar negeri sangat menyukainya dan meminta untuk bergabung memainkannya. Cerita serupa juga terjadi pada tari pendet yang indah.

Anak-anak lalu diajarkan permainan tradisional seperti congklak dan bagasing. Permainan congklak ternyata punya falsafah terkait dengan jumlah lubangnya dan makna lubang besar di bagian ujung.

Yang juga dibahas di sini adalah masakan tradisional. Pempek yang kezat. Anak-anak juga dikenalkan akan ikon Jakarta, si ondel-ondel dan juga baju kebaya yang anggun.

Buku karya Bhuana Ilmu Populer yang dirilis tahun 2015 ini cocok dibaca untuk anak-anak yang belajar membaca. Teksnya sedikit, lebih banyak gambar. Warna dan ilustrasinya menawan. Hanya warna teks untuk bahasa Inggrisnya beberapa di antaranya kurang pas, agak susah dibaca.

Bagi dewasa yang tinggal di Indonesia tujuh hal tersebut pastinya sudah tak asing. Yuk tingkatkan wawasan nusantara dengan mengenal budaya nusantara lainnya. Berkunjung ke museum atau sekalian ke Taman Mini Indonesia Indah.

 

~ oleh dewipuspasari pada Juni 28, 2019.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: