Menjadi Perempuan Indonesia Paket Komplet

Perempuan di tiap negara memiliki tradisi dan kebiasaan yang berbeda-beda. Menjadi perempuan Indonesia juga tentunya memiliki kultur dan karakter yang khas sesuai dengan bumi nusantara. Seperti apakah menjadi perempuan Indonesia paket komplet?

Sebenarnya siapakah yang pantas disebut perempuan Indonesia? Apakah merujuk ke salah satu suku seperti suku Minang, Sunda, atau Jawa? Ternyata meskipun tiap suku memiliki adat-istiadat yang berbeda, namun perempuan dari berbagai daerah di Indonesia tersebut memiliki kesamaan dalam hal karakternya yaitu sikap pekerja keras dan rasa sayangnya kepada keluarga.

Ya, perpaduan kedua karakter tersebut bisa kita lihat sehari-hari, dalam wujud keseharian perempuan Indonesia baik wanita karier maupun ibu rumah tangga. Saat seorang wanita karier bekerja di kantor atau di lapangan, mereka mengerahkan segala kemampuannya untuk memberikan kontribusi ke lingkungan kerjanya. Setelah tiba di rumah, ia kembali lagi sebagai perempuan rumahan, ibu sekaligus istri yang memperhatikan kesejahteraan orang tua atau suami dan anak-anaknya. Ketika seorang perempuan Indonesia memutuskan menjadi ibu rumah tangga ia juga memberikan segala yang terbaik bagi keluarganya. Ia memastikan keluarganya mendapat makanan yang cukup dan bergizi, menjadi dokter dan guru anak-anaknya juga menjadi tempat menampung kegundahan, kesedihan juga kebahagiaan seluruh anggota keluarga.

Tentang perempuan Indonesia saya jadi ingat ketika pernah mendapat ilmu kecantikan dari sebuah perusahaan kosmetik Indonesia. Menurut pendiri perusahaan tersebut, menjadi perempuan Indonesia paket komplit bisa berkaca dari Dewi Saraswati.

Dewi tersebut sering digambarkan dengan membawa empat buah benda, daun lontar, sitar, bunga, tasbih, dan berdiri di atas teratai. Kelima benda tersebut merupakan simbolisasi karakter yang patut dimiliki perempuan Indonesia agar cantik seutuhnya, luar dan dalam, juga berkontribusi bagi lingkungan sekelilingnya.

Bunga merupakan lambang dari kecantikan fisik hasil dari merawat diri. Kecantikan fisik bukan berarti memuja kecantikan fisik, tapi bagaimana agar si perempuan terlihat bersih dan menarik. Sitar bermakna sopan-santun serta kemampuan menjaga ucapan dan mengontrol diri. Daun lontar merupakan simbol dari perempuan yang berwawasan luas, terampil, dan memiliki pikiran positif. Tasbih merupakan simbol dari beriman dan jiwa yang bersih. Sedangkan teratai bermakna seorang perempuan pandai menyesuaikan diri dan membawa diri.

Menjadi perempuan Indonesia yang memiliki kecantikan luar dalam adalah tantangan tersendiri. Perlu upaya dan kemauan keras untuk mencapainya. Jika paket komplet itu tercapai dan ada dalam diri perempuan Indonesia, ia akan memberikan kontribusi lebih baik kepada keluarga maupun lingkungan sekelilingnya.

Sumber gambar: satu, dua

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 4, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: